Cara Cepat Beradaptasi di Tempat Kerja

Beradaptasi di tempat kerja merupakan hal yang penting. Semakin cepat kamu beradaptasi di tempat kerja yang baru, maka akan semakin cepat kamu belajar dan merasa nyaman dengan pekerjaanmu.

PIO1551 Views

Logos Indonesia – Mendapatkan tempat kerja yang nyaman tidak akan terealisasi jika kita tidak bisa berbaur dengan orang-orang di sekitar kita. Ada kalanya karyawan baru merasa canggung di kantor. Hal ini wajar, karena adaptasi memang membutuhkan waktu. Namun, kamu pasti tidak ingin sebagian besar waktumu digunakan untuk beradaptasikan?

Semakin cepat kamu beradaptasi di tempat kerja yang baru, maka akan semakin cepat kamu belajar dan merasa nyaman dengan pekerjaanmu. Dengan begitu, kemampuan adaptasi memang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Karena kamu bekerja tidak sendirian.

Selain itu, mendapatkan rekan kerja yang suportif dan selalu merangkul akan membuat kamu sedikit terhindar dari kemungkinan stress kerja. Hal ini akan baik untuk performa kerja yang kamu miliki.

Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Maka dari itu, artikel ini ada untuk memberikan tips kepada para karyawan baru agar dapat beradaptasi dengan tepat di lingkungan tempat kerja yang baru.

Fokus Selama Masa Perkenalan

Di awal bekerja, biasanya kamu akan diperkenalkan dengan staf dan seluruh lingkungan di tempat kamu bekerja. Manfaatkan masa-masa itu untuk kamu mengenal lingkungan di sekitarmu. Kamu bisa mencatatat hal-hal kecil jika kamu tipe orang yang mudah lupa.

Tidak hanya dengan orang-orang dan lingkungan tempat kerjamu, kamu juga akan berkenalan dengan tugas dan tanggung jawab yang akan kamu kerjakan. Sebisa mungkin mencatata informasi-informasi yang kamu anggap penting.

Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi Pendengar yang Baik
Menjadi Pendengar yang Baik

Walaupun kamu sudah memiliki pengalaman kerja serupa, namun kamu harus paham bahwa budaya di setiap perusahaan berbeda-beda. Posisi yang kamu isi di perusahaan baru mungking sama dengan perusahaan sebelumnya, namun bisa jadi cara kerjanya berbeda, dan setiap perusahaan tentunya punya standar kerja yang berbeda-beda pula.

Ada baiknya kamu menampung dulu seluruh informasi yang ada. Jika dikemudian hari kamu merasa ada hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi, kamu bisa konfirmasi dengan atasan atau rekan kerjamu. Namun pastikan saat itu kamu sudah cukup baik dalam beradaptasi.

Jangan Takut Membuat Kesalahan

Setiap orang tentunya pernah melakukan kesalahan, baik besar maupun kecil. Dalam proses adaptasimu di tempat kerja yang baru, kamu jangan takut untuk membuat kesalahan, justru dari kesalahan itu kamu bisa belajar menjadi lebih baik.

Membuat kesalahan adalah suatu hal yang wajar terutama di awal masa bekerja, yang terpenting adalah bagaimana kamu dapat belajar dari kesalahan dan bertanggung jawab terhadap kesalahan yang telah kamu perbuat.

Namun, terlalu sering melakukan kesalahan juga bukan hal yang baik. Dengan demikian sebelum mengambil langkah, ada baiknya kamu melakukan diskusi dengan atasan maupun rekan kerjamu. Selain itu kamu juga perlu memikirkan konsekuensi dari setiap langkah yang kamu ambil. Dengan demikian kamu tidak akan terlihat ceroboh dalam mengambil keputusan.

Baca Artikel Kami Lainnya : Tips Mengelola Emosi di Tempat Kerja

Menjadi Pribadi yang Ramah

Kamu bisa menyapa setiap orang yang kamu temui, siapapun dan apapun jabatannya di tempat kerjamu. Ucapan selamat pagi di awal hari dan senyuman di setiap sesi pembicaraan ringan bisa menjadi langkah awal untuk ramah kepada rekan kerjamu.

Satu hal yang menjadi poin utama adalah tulus. Menjadi ramah berbeda dengan berpura-pura ramah. Bangunlah hubungan yang positif dengan rekan kerjamu. Karena setiap orang yang kamu temui di tempat kerja akan menjadi network untuk kamu kedepannya.

Banyak Bertanya

Banyak Bertanya
Banyak Bertanya

Jangan ragu untuk bertanya kepada atasan atau rekan kerjamu jika ada hal yang tidak kamu pahami. Inisiatif memang penting, namun untuk di awal, kamu perlu untuk mengkonfirmasi apakah langkah yang akan kamu ambil bisa diterima atau tidak.

Banyak bertanya tidak akan membuatmu terlihat bodoh. Hal ini justru menunjukkan antusiasmu  dalam bekerja. Namun, bukan berarti kamu harus mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali. Usahakan mencatat hal-hal penting, terlebih lagi jika kamu tipe orang yang pelupa.

Selain itu, banyak bertanya juga akan membangun komunikasi dua arah yang baik antara kamu dengan rekan kerjamu. Hal ini tentunya akan membantu dalam proses adaptasi yang sedang kamu jalani.

Berkomunikasi Dengan Volume yang Wajar

Volume dan intonasi bicaramu perlu untuk dilatih agar sesuai dengan lingkungan kerjamu. Jika kamu bekerja di lapangan, volume yang kuat akan sangat membantu. Namun lain halnya jika kamu bekerja di dalam ruangan, volume yang rendah akan membuatmu lebih profesional.

Kamu bisa mengobservasi cara bicara beberapa rekan kerjamu. Selanjutnya kamu bisa menyesuaikan diri sesuai dengan cara mereka berbicara. Volume dan intonasi suara sering kali membuat orang lain salah paham. Terlebih lagi jika kamu berasal dari daerah yang berbeda. Dengan demikian, memperhatikan lingkungan sekitar dan mempraktekkannya adalah hal yang baik untuk kamu coba.

Mendapatkan pekerjaan adalah hal yang menyenangkan. Namun setelah itu kita akan dihadapkan  dengan proses adaptasi di tempat kerja yang baru. Beberapa tips di atas bisa digunakan untuk membantumu dalam beradaptasi.

Jika kamu merasa kesulitan dalam proses adaptasi dimanapun dan kapanpun, ada baiknya kamu melakukan konsultasi dengan psikolog. Mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan Konseling Online bisa kamu coba agar kamu dapat mengetahui apa yang menjadi kendala dan bagaimana cara memperbaikinya. Semoga artikel ini dapat membantu.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Self Management Untuk Menunjang Karir