Kenali Kesehatan Mental dan Tips Menjaganya Supaya Kamu Bahagia

Sama halnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental harus selalu dijaga. Oleh karena itu, penting mengetahui gejala gangguan mental dan tips menjaga kesehatan mental.

Klinis1795 Views

Logos Indonesia : Terkadang manusia suka marah berlebihan meski dipicu masalah kecil. Tanpa disadari, suka marah yang berlebihan merupakan salah satu gejala kesehatan mental (mental health). Namun, banyak orang mengabaikan tentang pentingnya kesehatan mental.

Bisa dibilang, kesehatan mental sangat bernilai. Itu karena jika mental sakit, kegiatan sehari-hari akan terganggu bahkan bisa jadi mengganggu produktivitas kerja.

Nah, supaya kamu memiliki mental health yang prima, alangkah baiknya mengenal apa itu kesehatan mental lebih dalam? Penasaran dengan kesehatan mental dan tips menjaga kesehatan mental? Yuk, simak informasi berikut ini.

Apa Itu Kesehatan Mental (Mental Health)?

Tentunya, kamu sering mendengar kata “kena mental, Lu!”. Namun, belum memahami tentang kesehatan mental seperti apa? Perlu diketahui, kesehatan mental (mental health) adalah suatu kondisi seorang manusia atau individu yang terbebas dari segala jenis gejala gangguan mental.

Baca Artikel Kami Lainnya : Tanda Kamu Sudah Kecanduan Gadget

Seseorang dikatakan memiliki kesehatan mental yang baik ketika segala sesuatu berjalan dengan normal, seperti: ia bisa menjalankan aktivitas dengan baik tanpa beban. Bisa juga, orang yang mentalnya sehat mampu menyesuaikan diri dengan orang lain tanpa terpaksa atau terbebani.

Perlu diketahui, mental sehat ini penting dijaga seperti menjaga kesehatan fisik. Oleh karena itu, kamu juga perlu menjaga kesehatan mental supaya terhindar dari stres, emosi yang berlebihan, depresi, dan marah yang berlebihan.

Pentingnya Tetap Menjaga Kesehatan Mental

Sumber: pixabay.com

Seperti yang dijelaskan di pembahasan sebelumnya, mental sehat (mental health) itu penting dijaga. Adapun pentingnya menjaga kesehatan mental adalah sebagai berikut.

  1. Seseorang dengan mental sehat dapat menggunakan kemampuan dirinya secara maksimal. Artinya, ia menyadari bahwa dirinya memiliki banyak potensi dan bisa mengembangkan potensinya secara maksimal.
  2. Mental yang sehat mampu menjagamu untuk selalu berpikiran positif dalam menghadapi segala masalah.
  3. Mental sehat sangat dibutuhkan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Tentunya, dengan mental sehat, kamu bisa berkomunikasi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarmu.

Mengenal Gejala Gangguan Mental untuk Mencegah Kesehatan Mental Terganggu

Sumber: pixabay.com

Tentunya, mental yang sehat sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak bisa dipungkiri dalam menjalani hidup selalu banyak masalah yang datang. Pastinya, sebagai individu, kamu tidak bisa menghindari masalah dalam hidupmu.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mau Hari Mu Lebih Bermakna? Ini Tips Dari Kami

Terkadang, masalah dalam hidup tanpa kita sadari dapat menyebabkan gangguan mental. Namun, kamu tidak perlu khawatir gangguan mental dapat teratasi jika kamu bisa mengenali gejalanya. Berikut gejala gangguan mental untuk mencegah kesehatan mental terganggu.

  1. Sulit berkonsentrasi, bahkan bisa jadi kehilangan konsentrasi.
  2. Suka berteriak atau berkelahi dengan teman bahkan anggota keluarga karena masalah kecil.
  3. Memiliki perasaan bersalah tanpa sebab, rasa takut dan kecemasan yang berlebihan.
  4. Gagal mengatasi masalahnya sendiri bahkan sampai stres karena tidak mampu mengatasi masalahnya sendiri.
  5. Marah berlebihan karena hal sepele bahkan cenderung berperilaku kasar atau kekerasan.
  6. Banyak menyimpan kenangan buruk dan pengalaman yang tidak menyenangkan. Gejala ini dipicu karena seseorang belum mampu untuk ikhlas dan memaafkan diri sendiri dan orang lain.
  7. Suka menyakiti diri sendiri jika merasa bersalah.
  8. Suasana hati suka berubah-ubah tanpa sebab, seperti: sedih tanpa sebab, mudah tersinggung, dan merasa takut dengan khayalannya sendiri.

Tersebut adalah gejala gangguan mental yang bisa dialami siapa saja. Namun, jika seorang individu memiliki mental sehat, gejala tersebut bisa teratasi dengan sendirinya. Selain itu, jangan takut untuk speak up jika kamu tidak bisa mengatasi masalahmu sendiri karena kita makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Tetap Prima

Sumber: pixabay.com

Perlu diingat, selain menjaga kesehatan fisik, kita juga harus menjaga kesehatan mental (mental health). Itu karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan mental supaya tetap prima dalam menghadapi segala masalah?

Berikut adalah tips menjaga kesehatan mental supaya tetap prima dalam kondisi apapun.

Kembangkan Sikap Selalu Bersyukur

Bisa dibilang, rasa syukur merupakan kunci sukses seseorang menjalani hidup. Hal tersebut karena dengan rasa syukur, kamu akan merasa bahagia dan menghargai apa yang ada pada dirimu. Tentunya, dengan rasa syukur juga mengajari kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jadi, salah satu tips untuk menjaga mental sehat adalah selalu bersyukur. Oleh karena itu, biasakanlah dirimu untuk selalu bersyukur. Tiap bangun tidur di pagi hari, cobalah hirup udara pagi dengan penuh rasa syukur.

Berpikir Positif dan Hindari Pikiran Negatif

Selain rasa syukur, selalu berpikir positif juga akan menjaga kesehatan mentalmu. Artinya, dengan berpikir positif jiwamu akan tenang dalam menghadapi hidup. Jadi, hindari berpikiran negatif dan kembangkan pikiran positif apapun masalah yang kamu hadapi.

Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri

Salah satu mental sehat adalah mencintai dan menghargai diri sendir. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mencintai diri sendiri dan menghargai dirimu dalam menjalani hidup. Adapun kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mencintai dan menghargai dirimu sendiri adalah sebagai berikut.

Baca Artikel Kami Lainnya : Tips Keluarga Harmonis

  • Rajin olahraga supaya tubuhmu tetap sehat.
  • Menjaga pola makan dengan makan makanan gizi seimbang.
  • Melakukan kegiatan yang bisa mengembangkan potensi diri, seperti: mulai berkarier sesuai hobi.
  • Istirahat cukup.
  • Belajar ikhlas.
  • Tumbuhkan rasa untuk selalu memaafkan diri sendiri dan orang lain.

Belajar Terbuka Kepada Orang Lain

Bukan rahasia lagi, sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu, terimalah bahwa kita membutuhkan orang lain. Disarankan untuk belajar terbuka kepada orang lain. Tentunya, dengan belajar terbuka kepada orang lain membuat hidupmu tenang dan selalu bersyukur.

Bagaimana menurutmu, pentingkah menjaga kesehatan mental? Pastinya, kesehatan mental (mental health) harus selalu dijaga. Tanamkan di pikiranmu bahwa mental sehat itu penting supaya kamu bisa menghargai dirimu sendiri dan selalu berpikiran positif.

Logos Indonesia menyediakan layanan Tes Psikologi Kesehatan Mental untuk asesmen dan Konseling Online & Offline yang tersedia.

Comment