Kenali Penyebab Work Anxiety dan Cara Menanganinya

Work anxiety atau kecemasan di tempat kerja merupakan perasaan cemas atau khawatir yang berlebihan mengenai pekerjaan atau lingkungan kerja. Simak artikel ini untuk penjelasan lebih lanjutnya.

Klinis, PIO259 Views

Logos Indonesia – Gangguan kecemasan merupakan gangguan yang sudah cukup umum di telinga masyarakat. Hal ini dikarenakan banyaknya penyebab yang bisa menimbulkan kecemasan. Kecemasan dan gangguan kecemasan adalah dua hal yang berbeda. Bisa dikatakan sebagai sebuah gangguan apabila rasa cemas itu sudah mengganggu kehidupan sehari-hari dan hubungan dengan lingkungan, dan yang terpenting adalah sudah mendapatkan diagnosis dari psikolog ataupun psikiater.

Gangguan kecemasan atau yang dikenal juga dengan istilah anxiety disorder merupakan gangguan dimana seseorang akan merasakan kecemasan atau khawatir yang berlebihan hingga tidak mampu untuk dikendalikan.

Nyatanya, kecemasan kemungkinan besar bisa dialami oleh pekerja. Hal ini dikarenakan gangguan kecemasan umumnya dialami oleh orang-orang yang berusia 30 tahun keatas, meskipun tidak menuntut kemungkinan orang yang berusia lebih mudah juga bisa mengalami kecemasan. Usia tersebut merupakan usia pekerja, ditambah lagi kecemasan bisa dipicu oleh pekerjaan atau deadline yang menumpuk.

Gangguan kecemasan sendiri bisa terjadi di saat bekerja atau yang biasa dikenal dengan istilah work anxiety. Work anxiety bisa membawa dampak negatif untuk diri sendiri maupun perusahaan.

Penyebab Work Anxiety

Penyebab Work Anxiety
Penyebab Work Anxiety

Penyebab utama dari anxiety atau kecemasan adalah adanya tekanan atau kondisi tertentu. Saat bekerja, tekanan bukanlah hal mustahil untuk ditemui. Tumpukan tugas, perintah atasan, bahkan lingkungan kerja yang toxic bisa menjadi penyebab dari work anxiety.

Bullying dan konflik yang terjadi dengan rekan kerja juga bisa menjadi penyebab dari work anxiety. Selain itu, tuntutan kerja yang terlalu besar, overtime, serta kurangnya kejelasan dalam bekerja juga bisa menjadi penyebab work anxiety.

Work anxiety seharusnya tidak menjadi tanggung jawab pribadi karyawan. Sudah sepantasnya perusahaan ikut andil dalam memberantas work anxiety yang berkembang di antar karyawan. Namun, jika kamu berada di lingkungan tersebut dan tidak ada upaya dari perusahaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, sebaiknya kamu harus mempertimbangkan lagi masa kerja mu.

Work anxiety yang berlangsung dalam jangka waktu panjang dengan durasi yang cukup sering akan mempengaruhi keseharian mu dan bisa membawamu ke dalam anxiety yang lebih parah.

Cara Menangani Work Anxiety

Cara Menangani Work Anxiety
Cara Menangani Work Anxiety

Jika kamu ingin tetap bertahan dengan kondisi yang ada karena banyaknya pertimbangan, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara menangani work anxiety berikut:

Menarik nafas dalam-dalam

Cara ini merupakan cara yang paling sederhana, namun dengan menarik nafas dalam-dalam dan hebuskan perlahan akan membantumu untuk mengatasi kecemasan. Trik ini dapat membuatmu merasa lebih rileks. Namun sayangnya, dalam kasus kecemasan yang sudah cukup tinggi trik yang satu ini tidak akan membantu banyak.

Baca Artikel Kami Lainnya : Kenali Apa Saja yang Menyebabkan Stress Kerja

Hindari multitasking

Bagi sebagian orang, multitasking memang bisa membantu untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Namun sayangnya, multitasking akan membuat banyak energi terkuras. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan kecemasan.

Dibanding mengerjakan segalanya dalam satu waktu, lebih baik untuk membuat jadwal pekerjaan dan melakukannya satu per satu. Walaupun kesannya akan menguras banyak waktu, namun dengan mengerjakan satu per satu, pekerjaanmu akan lebih detail dan terselesaikan secara tersusun. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa menyusun pekerjaan berdasarkan tingkat urgensinya.

Bercerita kepada atasan

Jika kamu merasa beban kerja sudah terlalu menumpuk atau rekan kerja sudah terlalu toxic dan kamu suda tidak bisa menanganinya sendiri, tidak ada salahnya untuk bercerita kepada atasan. Namun, yang perlu menjadi perhatian disini adalah tidak semua atasan bisa menerima keluhan yang kamu sampaikan. Kamu perlu mengenali atasan mu lebih baik. Jika tidak, cara ini justru akan mendatangkan masalah baru untuk kamu.

Biasakan hidup sehat

Memiliki pola hidup sehat seperti makan yang teratur dengan gizi seimbang, pola tidur terjaga, dan rutin berolahraga akan membuat pikiran mu menjadi lebih positif. Dengan demikian, kecemasan yang kamu rasakan bisa lebih berkurang.

Meminta bantuan profesional

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, work anxiety bukanlah tanggung jawab karyawan sepenuhnya. Perusahaan sudah sepatutnya ikut andil dalam penyelesaian masalah ini. HRD sebagai bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam SDM sudah sepantasnya menjadi media untuk menyelesaikan masalah ini.

Jika kamu merasa tidak bisa bercerita dengan atasan, atau atasan mu justru menjadi penyebab kecemasan mu, berceritalah kepada HRD. Di beberapa perusahaan juga terdapat psikolog perusahaan yang bisa membantumu dalam menyelesaikan kecemasan mu.

Namun jika perusahaan tempatmu bekerja tidak menyediakan media tersebut, jangan ragu untuk mengunjungi klinik konsultasi psikologi. Mendapatkan penanganan lebih awal akan lebih baik untuk kamu.

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu sudah bisa mengidentifikasi diri mu. Apakah lingkungan kerja mu berpeluang untuk membuatmu mengalami work anxiety atau tidak, atau apakah kamu bisa menangani kecemasan mu sendiri atau sudah waktunya mendapatkan pertolongan profesional.

Hiduplah di lingkungan yang membuatmu sehat. Sehat secara mental maupun fisik. Jika lingkunganmu toxic dan kamu tidak memiliki kemampuan untuk menangani hal itu, sebaiknya temukan lingkungan yang lebih baik untukmu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Eustress dan Distress di Tempat Kerja