Mengenal Self Management Untuk Menunjang Karir

Self management adalah kemampuan individu untuk mengontrol pikiran, perasaan, dan tindakan yang ada pada diri sendiri. Dengan demikian, kemampuan self management ini cukup membantu dalam menentukan tujuan dan memaksimalkan produktivitas kerja.

PIO, Sosial4211 Views

Logos IndonesiaSelf management merupakan skill yang cukup dibutuhkan di industri manapun. Namun sayangnya, masih cukup banyak orang yang belum mengerti atau belum sadar betapa pentingnya kemampuan yang satu ini.

Memiliki kemampuan self management akan membuat perusahaan yakin akan kemampuan manajemen yang kamu miliki. Karena, menerapkan kemampuan manajemen kepada diri sendiri merupakan langkah awal yang baik. Selain itu, kamu juga akan lebih memiliki arah dalam miniti karir.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai self management hingga penerapan self management agar dapat membantu dalam menunjang karir yang kita miliki.

Pengertian Self Management

Pengertian Self Management
Pengertian Self Management

Seperti yang dilansir oleh Gramedia, Self Management merupakan kemampuan untuk mengendalikan diri akan suatu tindakan yang sedang dilakukan atau hendak dilakukan, baik dari aspek pikiran maupun ucapan, agar dirinya terdorong untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Singkatnya, self management adalah kemampuan individu untuk mengontrol pikiran, perasaan, dan tindakan yang ada pada diri sendiri. Dengan demikian, kemampuan self management ini cukup membantu dalam menentukan tujuan dan memaksimalkan produktivitas kerja.

Aspek-Aspek Self Management

Aspek-Aspek Self Management
Aspek-Aspek Self Management

Seperti yang dilansir pada Glints, terdapat beberapa aspek yang dapat mempengaruhi kemampuan self management seseorang, yaitu:

Self motivation

Self motivation merupakan kemampuan seseorang untuk memotivasi dirinya sendiri. Kemampuan ini cukup penting untuk menunjang self management. Seseorang dengan kemampuan self motivation akan lebih mudah menerapkan self management dalam kehidupannya.

Goal setting

Goal setting dalam hal ini adalah kemampuan untuk menetapkan rencana jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini akan membantu self management yang kamu miliki agar lebih terarah dan mengetahui langkah-langkah apa yang akan kamu jalani kedepannya.

Time management

Ada pepatah yang mengatakan bahwa waktu lebih penting daripada uang. Uang bisa dicari, namun waktu tidak bisa diputar ulang. Dengan demikian, seorang dengan kemampuan self management yang baik pasti memiliki kemampuan time management yang baik pula. Hal ini penting untuk memastikan setiap waktu dapat berlangsung sebagaimana mestinya, dan tentunya tidak sia-sia.

Stress management

Tidak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan apapun rentan dengan stress kerja. Stress kerja sendiri merupakan respon tubuh yang normal saat dihadapkan dengan tekanan yang menumpuk. Namun, stress kerja perlu mendapatkan stress management yang tepat agar dapat dikelola dan tidak mendatangkan berbagai masalah kesehatan mental.

Organization

Kemampuan self management sudah sepantasnya bersanding dengan kemampuan organisasi yang baik, misalnya  mengatur porsi energi, waktu, kesehatan fisik, kesehatan mental, dan sebagainya.

Baca Artikel Kami Lainnya : Cara Membangun Social Networking Untuk Peningkatan Karir

Prinsip Self Management

Prinsip Self Management
Prinsip Self Management

Artikel yang diterbitkan oleh Kompasiana menuliskan bahwa terdapat 3 prinsip dalam self management, yaitu:

Self regulation

Seseorang dengan self regulation akan waspada apabila tindakannya mengakibatkan hal-hal yang tidak diharapkan.

Self control

Seseorang dengan self control selalu memiliki komitmen untuk menjalankan tugasnya, sekalipun hal tersebut memiliki konsekuensi yang tidak menguntungkan.

Self attribution

Seseorang dengan self attribution mempercayai bahwa kesuksesan yang didapatkan merupakan buah dari seja kerasnya selama ini.

Cara Meningkatkan Self Management untuk Menunjang Karir

Cara Meningkatkan Self Management untuk Menunjang Karir
Cara Meningkatkan Self Management untuk Menunjang Karir

Melihat betapa pentingnya kemampuan self management untuk menunjang karirmu, maka kamu perlu mengetahui tips meningkatkan kemampuan self management berikut:

Hentikan kebiasaan prokrastinasi

Prokrastinasi merupakan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Hal ini tentunya akan merusak kemampuan self management. Kamu yang seharusnya mampu untuk mengatur dirimu justru akan terbengkalai dengan kebiasaan prokrastinasi ini.

Biasakan untuk mengerjakan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini akan membantumu untuk lebih disiplin. Dengan demikian, kamu akan lebih menghargai waktu.

On time

Poin kedua ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Dengan menghindari prokrastinasi, kamu akan lebih bisa mengerjakan tugas tepat waktu. Selain itu, kamu juga bisa membiasakan diri dengan datang ke kantor tepat waktu atau menghadiri meeting sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Membuat skala prioritas

Membuat skala prioritas bukanlah hal yang sulit, yang diperlukan adalah konsistensi dalam menjalankannya. Kamu bisa meningkatkan kemampuan self management dengan membuat skala prioritas. Dengan begitu kamu akan mengetahui mana yang perlu kamu kerjakan dan mana pekerjaan yang bisa dikerjakan nanti.

Evaluasi diri

Kemampuan self management adalah kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mengevaluasi diri cukup penting dalam hal ini, dengan evaluasi diri kamu akan mengetahui apa yang bisa kamu tingkatkan dan apa yang perlu kamu ubah dari tindakanmu sebelumnya.

Gunakan teknik manajemen yang tepat

Cukup banyak teknik manajemen, seperti Pomodoro, Kanban, SMART Goals, dan masih banyak lagi. Kamu perlu menemukan mana teknik yang sesuai dengan kebutuhanmu dan cocok untuk dirimu sendiri.

Memiliki kemampuan self management akan membantumu lebih terarah dalam meniti karir yang sedang kamu bangun. Namun, jika kamu kesulitan untuk memilih karir mana yang sesuai dengan dirimu, tidak ada salahnya untuk mengikuti Tes Psikologi Karir. Dengan begitu, kamu akan mengetahui karir apa yang cocok dengan kepribadian yang kamu miliki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Kenali Locus Of Control : Jenis-Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi