HRD Wajib Tahu : Ini Dia Manfaat Konseling Karyawan

Konseling karyawan sangat bermanfaat dalam mengurangi stress kerja, perbaikan performa kerja karyawan, perbaikan pada perusahaan, dan mengurangi turnover karyawan.

PIO, Tips dan Trik4788 Views

Logos Indonesia – Konseling merupakan sesi tatap muka yang dilakukan antara konselor dan klien dan membahas berbagai keresahan yang dialami oleh klien. Konseling sendiri bertujuan untuk membantu individu untuk dapat melalui sesi kehidupannya dengan baik.

Cukup banyak jenis konseling berdasarkan klien yang dihadapi. Misalnya konseling pada remaja, orang tua, bahkan pada karyawan. Konseling pada remaja umumnya akan membahas seputar kenakalan atau prestasi remaja, sedangkan konseling karyawan biasanya akan seputar permasalahan dan peningkatkan kinerja kerja.

Dalam dunia kerja, karyawan tentu mendapatkan berbagai tekanan mengenai tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Terlebih lagi kita tidak mengetahui apakah karyawan tersebut memiliki kehidupan yang aman dan nyaman atau tidak.

Hal-hal tersebut dapat menjadi penyebab stress kerja bagi karyawan. Sedangkan untuk karyawan yang tidak mendapatkan penangnan stress yang tepat, maka besar kemungkinan mengalami burnout.

Selain beberapa hal di atas, dalam dunia kerja kita akan menjumpai berbagai macam orang dengan berbagai macam karakter. Kita tidak bisa tahu apakah karakter rekan kita akan cocok dengan kita atau tidak. Tidak jarang beberapa karyawan justru mengalami bentrok atau selisih paham antar karyawan. Hal ini tentu perlu diselesaikan dengan kepala dingin.

Berdasarkan beberapa kondisi diatas, tentu saja konseling karyawan sangat dibutuhkan. Selain itu, berikut beberapa manfaat dari melaksanakan konseling karyawan:

Mengurangi Stress Kerja

Mengurangi Stress Kerja

Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwa seorang karyawan erat kaitannya dengan stress kerja. Stress kerja sendiri merupakan respon alami tubuh saat mendapatkan tekanan. Sayangnya, stress kerja ini perlu mendapatkan pengelolaan stress yang tepat.

Stress kerja yang tidak mendapatkan pengelolaan stress yang tepat maka akan membuat stress itu menumpuk dan menjadi burnout.

Dengan mengadakan konseling karyawan, maka karyawan akan diarahkan atau dibantu dalam pengelolaan stress kerjanya tersebut. Dengan demikian, adanya konseling karyawan cukup mengurangi stress kerja.

Perbaikan Performa Karyawan

Dari proses konseling karyawan, kamu dapat mengetahui apa yang menjadi kendala karyawan tersebut dalam bekerja. Adanya kendala yang tidak diketahui tentu akan menjadi hambatan kerja bagi karyawan.

Dalam hal ini sesi konseling karyawan akan sangat berguna. Lagi pula tidak semua karyawan mampu mengungkapkan kendalanya secara terang-terangan. Untuk itu diperlukan penggalian lebih dalam melalui proses konseling.

Setelah mengetahui kendala karyawan, kamu bisa membantu mereka untuk menyelesaikan kendala tersebut. Dengan demikian, performa kerja karyawan juga akan ikut meningkat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Terlalu Sibuk Untuk Memberikan Self Care? Ini Dia Tips yang Dapat Kamu Coba

Perbaikan Pada Perusahaan

Perbaikan Pada Perusahaan

Walaupun sesi konseling karyawan dilakukan kepada karyawan, namun tindakan ini juga membawa dampak bagi perusahaan. Dengan mengetahui pandangan dari kacamata karyawan, perusahaan dapat berbenah ke arah yang lebih baik.

Dari proses konseling karyawan, kamu akan mengetahui apa yang dirasakan oleh karyawan selama bekerja. Selain itu, apa yang menjadi harapan dan kira-kira belum ada dalam perusahaan tersebut. Dengan mengetahui berbagai pandangan, kamu bisa mengkombinasikannya dan membuat sudut pandangan yang lebih luas.

Mengurangi Turnover Karyawan

Turnover karyawan yang terjadi secara cepat dapat mempengaruhi efektivitas kerja perusahaan. Hal ini tentu perlu mendapatkan perhatian. Salah satu penyebab turnover karyawan adalah perasaan tidak puas yang dirasakan oleh karyawan.

Perasaan tidak puas ini tentu berasal dari berbagai faktor, misalnya upah yang tidak sesuai, tidak merasa dihargai, atau tentang fasilitas yang tidak memadai. Dengan melakukan konseling karyawan, kamu dapat mengetahui apa yang kira-kira membuat karyawan menjadi tidak nyaman.

Selain itu, mengadakan konseling karyawan akan menjadi bukti bahwa perusahaan sangat peduli dengan karyawan mereka. Karyawan juga akan merasa diperhatikan dan dihargai keberadaannya. Hal ini tentu akan membuat karyawan merasa nyaman bekerja di perusahaan tersebut.

Jika kamu seorang HRD dan berniat untuk menyediakan sesi konseling untuk karyawan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Konsultan HRD. Mereka akan membantu kamu dalam pengelolaan sumber daya manusia yang kamu miliki.

Jika kamu merupakan seorang karyawan dan peduli terhadap kesehatan mental mu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan Konseling Online. Berkonsultasi dengan psikolog tidak perlu menunggu mental mu terganggu. Namun kamu bisa melakukan hal tersebut untuk mengembangkan kemampuan atau sekedar menceritakan keresahan yang selama ini cukup mengganggu kamu.

Berdasarkan tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa konseling karyawan merupakan proses tatap muka antara konselor dan karyawan guna membahas permasalahan atau sudut pandang karyawan mengenai keseharian mereka. Konseling karyawan sangat bermanfaat dalam mengurangi stress kerja, perbaikan performa kerja karyawan, perbaikan pada perusahaan, dan mengurangi turnover karyawan.

Konseling karyawan dapat dilakukan langsung oleh HRD atau dengan menggunakan jasa layanan Klinik Konsultasi Psikologi atau Konsultan HRD. Selama sesi konseling berlangsung dengan baik dan sesuai dengan target, maka berbagai manfaat akan didapatkan. Baik bagi karyawan, maupun perusahaan itu sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu.

Baca Artikel Kami Lainnya : Gangguan Tidur Tidak Hanya Insomnia. Kenali Macam-Macam Gangguan Tidur Lainnya!