Perbedaan Antara Result Oriented dan Process Oriented di Tempat Kerja

Pendekatan dalam bekerja bisa dibagi menjadi dua jenis utama: Result Oriented dan Process Oriented. Mari kita jelaskan perbedaan ini.

PIO1516 Views

Logos IndonesiaPendekatan Result Oriented dan Process Oriented dalam bekerja mempengaruhi bagaimana kita menangani tugas dan proyek di tempat kerja. Pertama, mari kita bahas pendekatan Result Oriented. Dalam pendekatan ini, kamu memiliki kebebasan untuk menemukan cara terbaik untuk menyelesaikan tugasmu. Kamu mengandalkan insting dan pengalaman sebelumnya untuk membuat keputusan dan mengatasi tantangan yang muncul. Fleksibilitas sangat penting di sini, karena kamu perlu bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerja. Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun prioritas utama adalah menyelesaikan tugas dengan cepat, kamu juga perlu mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi.

Di sisi lain, pendekatan Process Oriented menekankan pada kepatuhan terhadap prosedur dan SOP yang telah ditetapkan. Sebelum memulai pekerjaan, kamu lebih suka memastikan bahwa semuanya jelas dan terstruktur dengan baik. Meskipun mungkin terasa lebih lambat daripada pendekatan Result Oriented, pendekatan ini lebih fokus pada kualitas dan keakuratan dalam setiap langkah yang diambil. Dengan mengikuti SOP, kamu berusaha meminimalisir risiko yang mungkin terjadi selama proses kerja.

Dalam keseharian di tempat kerja, baik pendekatan Result Oriented maupun Process Oriented memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penting untuk memahami jenis pekerjaan apa yang kamu lakukan dan situasi apa yang sedang dihadapi agar kamu dapat memilih pendekatan yang paling sesuai. Terlepas dari pendekatan yang kamu pilih, yang terpenting adalah mencapai hasil yang diinginkan dengan efektif dan efisien.

Result Oriented

Result Oriented adalah pendekatan atau sikap dalam bekerja yang berfokus pada hasil akhir atau pencapaian tujuan tertentu. Dalam pendekatan ini, yang terpenting adalah mencapai hasil yang diinginkan, tanpa terlalu memperhatikan proses atau metode yang digunakan untuk mencapainya. Hal ini memungkinkan seseorang untuk lebih fleksibel dan kreatif dalam mencari solusi dan mengatasi tantangan yang muncul di sepanjang perjalanan, dengan memprioritaskan hasil akhir yang diharapkan.

  • Bebas dan Tidak Mengikuti Metode Kerja: Pendekatan yang result oriented cenderung lebih fleksibel dan kurang terikat pada prosedur atau aturan yang baku. Kamu lebih fokus pada hasil akhir daripada langkah-langkah yang harus diikuti untuk mencapainya. Ini memungkinkan kamu untuk beradaptasi dengan perubahan situasi dan menemukan solusi yang lebih kreatif dan efisien.
  • Mengandalkan Insting dan Pengalaman Sebelumnya: Dalam pendekatan result oriented, kamu cenderung mengandalkan insting dan pengalaman sebelumnya dalam mengambil keputusan. Kamu menggunakan pengetahuan dan wawasan yang sudah kamu miliki untuk memandu langkah-langkahmu, tanpa harus terlalu banyak berpikir tentang detail atau prosedur yang harus diikuti.
  • Bebas untuk Berimprovisasi: Kamu memiliki kebebasan untuk berimprovisasi dan menyesuaikan pendekatanmu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang sedang dihadapi. Hal ini memungkinkan kamu untuk menemukan solusi yang paling efektif tanpa harus terikat pada rencana atau metode yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Kerjakan Dulu, Pikirkan Resikonya Nanti Saja: Pendekatan result oriented cenderung lebih fokus pada pencapaian tujuan daripada analisis risiko yang mendalam sebelum memulai tindakan. Kamu mungkin cenderung untuk bertindak cepat dan mengambil risiko, dengan keyakinan bahwa kamu dapat menangani konsekuensinya nanti.

Process Oriented

Process Oriented adalah pendekatan atau pola pikir di mana seseorang lebih memperhatikan proses atau langkah-langkah yang harus diikuti untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks kerja, pendekatan ini menekankan pentingnya mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, mengidentifikasi langkah-langkah yang jelas sebelum memulai suatu tugas, dan memastikan bahwa setiap langkah dilakukan dengan teliti dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dengan kata lain, orang yang Process Oriented cenderung lebih fokus pada bagaimana suatu tugas atau proyek dilakukan daripada hanya pada hasil akhirnya. Pendekatan ini bertujuan untuk meminimalisir risiko, meningkatkan konsistensi, dan memastikan kualitas dalam setiap aspek dari pekerjaan yang dilakukan.

  • Mengikuti SOP yang Berlaku: Dalam pendekatan process oriented, kamu mengikuti prosedur atau standard operating procedures (SOP) yang telah ditetapkan secara ketat. Kamu percaya bahwa mengikuti proses yang terstruktur dan teruji akan memastikan konsistensi dan kualitas dalam hasil kerjamu.
  • Ingin Semuanya Jelas Sebelum Mulai Bekerja: Kamu cenderung lebih suka memiliki semua informasi dan detail yang jelas sebelum memulai suatu pekerjaan. Ini memungkinkan kamu untuk merencanakan langkah-langkah dengan cermat dan meminimalkan kesalahan atau kebingungan di tengah jalan.
  • Pelan tapi Pasti: Kamu mengambil pendekatan yang hati-hati dan terencana dalam melakukan pekerjaanmu. Kamu percaya bahwa dengan meluangkan waktu untuk melakukan setiap langkah dengan baik, kamu dapat mencapai hasil yang lebih konsisten dan akurat.
  • Meminimalisir Risiko yang Terjadi: Dalam pendekatan process oriented, kamu cenderung lebih berhati-hati dalam mengelola risiko. Kamu melakukan analisis risiko yang mendalam sebelum memulai tindakan dan mencari cara untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya masalah atau kesalahan.

Baca Artikel Kami Lainnya: Tanda-tanda Kamu Mengalami Stuck dengan Pekerjaanmu

Artikel oleh: Logos Indonesia.

MEMBUTUHKAN KONSULTAN HRD UNTUK KEBUTUHAN ANDA? KAMI PUNYA SOLUSI MENYELURUH MASALAH HRD.

HUBUNGI KAMI MELALUI KONTAK DIBAWAH INI:

Logos Indonesia: Biro Psikologi & Konsultan HRD

Layanan:
1. Rekrutmen & Asemen Karyawan
2. Konsultansi MSDM
3. Training & Development by @logosinstituteofficial
4. Outbound
5. Konseling Online Berbasis Android & iOS by @deeptalkindonesia
6. Klinik Konsultasi Psikologi & Tumbuh Kembang Anak by @deepgrowindonesia
7. Layanan Psikologi Pendidikan by EduQuotient
.
Hubungi kami (Bisa Langsung Klink Nomor Dibawah Ini):

📱Rekrutmen, Asemen & Konsultansi MSDM: 0811-1744-456
📱Training & Outbound : 0811-1075-456
📱Klinik Psikologi, Konseling & Tumbuh Kembang Anak: 0811-1814-456
📱EduQuotient (Psi. Pendidikan): 0811-1157-456

Email : admin@logosconsulting.co.id
.
Follow Kami:
Logos Indonesia : @logosindonesiaofficial
Logos Institute : @logosinstituteofficial
DeepTalk Indonesia : @deeptalkindonesia
DeepGrow Indonesia : @deepgrowindonesia