Cara Efektif Menghentikan Kebiasaan Menggoyangkan Kaki (Sindrom Kaki Gelisah)

Cara efektif menghentikan kebiasaan menggoyangkan kaki (Sindrom Kaki Gelisah) yaitu berusaha merilekskan tubuh.

Tips dan Trik2584 Views

Logos Indonesia – Apakah kamu sering menggoyangkan kakimu secara tidak sadar saat bersantai? Mungkin saja kamu memiliki kecenderungan untuk mengalami sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome. Sindrom ini merupakan bagian dari penyakit Willis-Ekbom.

Jika kamu tidak bisa mengontrol kakimu yang terus menggoyang atau menghentakkan kaki. Kemungkinan ini terjadi karena adanya 2 hal, yaitu gangguan sistem saraf atau kebiasaan yang berada di alam bawah sadar untuk meredakan rasa cemas.

Baca Artikel Kami Lainnya: Fenomena Efek McGurk. Saat Otak Dan Gerakan Mulut Tidak Sinkron.

Menggoyangkan atau menghentakkan kaki secara tidak sadar bisa menjadi gejala seseorang yang sedang cemas. Menurut Hello Sehat, menghentakkan kaki merupakan cara bawah sadar tubuh untuk meredakan perasaan cemas. Selain itu, gerakan menggoyangkan atau mengatakan kaki juga menjadi tanda bahwa dirimu sedang mengalami kesemutan, panas, gatal ataupun perasaan tidak nyaman di bagian betis dan paha.

Sindrom kaki gelisah ini memang tidak membahayakan kesehatan tapi mampu mengganggu waktu istirahatmu. Saat tubuhmu harus rileks, namun kakimu tidak bisa untuk diam. Bukannya merasa tenang, kamu malah merasa semakin lelah. Dilansir dari Hello sehat, terdapat beberapa rekomendasi cara mengatasi sindrom kaki gelisah yang bisa kamu lakukan.

Merendamkan Kaki Di Air Hangat

Sering merasa kesemutan di kaki merupakan salah satu tanda bahwa terdapat saraf-saraf kaki yang terjepit. Sehingga kinerja saraf di kaki tidak bisa secara maksimal. Berdasarkan Cleveland Clinic Sleep Disorders Center, terdapat seorang dokter bernama Dr. Jessica Vensel Rundo memberikan saran untuk mengatasi sindrom kaki gelisah yaitu dengan merendamkan kaki di air hangat sebelum tidur.

Menurutnya, dengan menaikkan suhu hangat kaki mampu melebarkan pembuluh darah di kakimu. Sehingga jantung dapat bekerja lebih banyak untuk mengalirkan darah ke tungai kaki. Cara ini cukup efektif untuk meredakan sensasi mati rasa dan kesemutan pada area kaki. Cara lainnya adalah dengan mengkompreskan dengan air hangat atau air dingin untuk melemaskan otot yang tegang di area kaki.

Rutin Berolahraga

Saat sindrom kaki gelisah ini muncul, jangan pernah untuk mengubah kebiasaan olahraga menjadi lebih berat. Hal ini hanya akan memberikan dampak negatif saja. Kunci mengatasi sindrom kaki gelisah ini adalah rutin berolahraga setiap hari. Lakukanlah secara rutin pada waktu dan intensitas yang sama dalam berolahraga.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apa Saja Faktor-faktor Terjadinya Efek McGurk?

Perlu dipahami bahwa sindrom kaki gelisah ini mungkin saja disebabkan oleh kurangnya aktivitas tubuh atau kurang gerak. Sehingga membiasakan diri untuk bergerak setiap harinya mampu mengatasi sindrom kaki gelisah ini. Selain itu, kamu bisa beraktivitas yang mengharuskan dirimu banyak bergerak untuk mengganti aktivitas olahraga ini, seperti membersihkan rumah.

Dengan berolahraga secara rutin kamu juga akan merasakan dampak dari tubuhmu yang semakin bugar. Tubuhmu juga tidak akan kaku. Setelah selesai berolahraga, tubuh akan terasa ringan dan lebih rileks.

Batasi Asupan Kafein Dan Minuman Beralkohol

Kopi memiliki kandungan kafein.

Batasi lah makanan atau minuman yang mampu memicu gejala sindrom kaki gelisah semakin parah. Seperti minum minuman berkafein dan minuman beralkohol. Kedua jenis minuman tersebut merupakan minuman yang memiliki banyak kandungan zat stimulan yang memicu kerja otak dan saraf-saraf semakin lebih aktif. Dengan kata lain, kafein memberikan efek stimulan yang memacu dirimu terus terjaga dan semangat.

Hal ini malah menjadi pemicu terjadinya gejala sindrom kaki gelisah saat tidur. Hal ini karena waktu tidur dan beristirahat seharusnya tubuh berada di keadaan yang rileks dan tenang. Namun saat kamu mengkonsumsi minuman berkafein. Tubuhmu akan merespon sebaliknya, yaitu rasa semangat dan tetap terjaga. Tubuh yang rileks dan santai menjadi kunci dalam mengontrol sindrom kaki gelisah ini.

Ubahlah Menjadi Pola Makan Sehat

Cara lainnya untuk mengatasi sindrom kaki gelisah adalah dengan mengubah kebiasaan makan junk food menjadi makan makanan yang sehat. Dari banyaknya kasus penderita sindrom kaki gelisah, diketahui bahwa beberapa dari mereka mengalami kekurangan zat besi dan magnesium. Jadi, cobalah untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung dua mineral tersebut. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang mengandung dua mineral tersebut. Tapi konsumsi lah dengan batas normal dan sesuai dengan takaran yang ditentukan.

Perbaiki Kebiasaan Tidur Anda

Kekurangan tidur bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Karena itu dengan memperbaiki kebiasaan tidurmu menjadi lebih berkualitas mampu memberikan kondisi tubuh yang terbebas dari penyakit mental maupun penyakit fisik. Kamu bisa memulai dengan menjauhkan diri dari gadgetmu beberapa jam sebelum tidur.

Inti dari memperbaiki pola tidur adalah melakukannya secara teratur. Pergi tidur di jam yang sama tiap malamnya dan bangun tidur di jam yang sama tiap paginya. Jika kamu ulang secara terus-menerus rutinitas ini, maka secara tidak langsung tubuhmu akan mengenali jam tidur dan bangun.

Baca Artikel Kami Lainnya: Jenis Mediasi Apa Yang Cocok Untukmu?

Selain itu, buatlah kondisi kamar senyaman mungkin dengan kondisi sejuk, pencahayaan sedikit dan kondisi kamar rapi untuk menstimulasi tubuh lebih rileks hingga membuatmu mengantuk. Jika kamu memiliki aktivitas fisik di malam hari ataupun makan di malam hari. Sebaiknya tunggu 2-3 jam selesai melakukan aktivitas tersebut. Kemudian barulah kamu bisa pergi tidur.

Artikel oleh: Logos Indonesia.