HRD Wajib Tahu Cara Manajemen Stress Karyawan

Manajemen stress merupakan upaya untuk mengelola stress yang dirasakan. Stress kerja merupakan tanggung jawab karyawan dan perusahaan. Dengan demikian, manajemen stress juga perlu menjadi perhatian perusahaan

Klinis, PIO3467 Views

Logos Indonesia – Apakah kamu pernah merasa suntuk di tempat kerja? Atau kamu merasa beban kerja yang diberikan membuat mu pusing? Bisa jadi kamu merasa stress akibat pekerjaan, atau yang biasa dikenal dengan istilah stress kerja.

Stress kerja merupakan ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi tekanan yang ada akibat pekerjaan yang dihadapi. Menurut World Health Organization (WHO), stress kerja diakibatkan oleh ketidak sesuaian antara kemampuan dan pengetahuan seseorang, sehingga orang tersebut tidak dapat mengatasinya.

Bila seseorang mengalami stress kerja berlebih, tentunya hal ini akan mengganggu kesehatan dan kinerja kerja karyawan. Dengan demikian, sudah sepantasnya keadaan ini menjadi perhatian baik karyawan maupun perusahaan.

Manajemen stress merupakan upaya yang bisa dilakukan untuk menghadapi stress. Tujuannya adalah untuk membuat semua orang dapat menjalani kehidupannya dengan tenang. Walaupun stress merupakan hal yang manusiawi, namun jangan sampai stress tersebut berlangsung lama dan sudah terlalu parah.

Manfaat Manajemen Stress Pada Karyawan

Manfaat Manajemen Stress Pada Karyawan

Stress merupakan respon tubuh terhadap setiap manusia saat menghadapi situasi yang tidak sesuai dengan harapan. Kondisi ini tidak dapat dihindari, namun dapat dikelola dengan manajemen stress.

Sebagai seorang pemimpin perusahaan, sudah sebaiknya memperhatikan kondisi karyawan. Karyawan yang mengalami stress akan menurunkan kinerja kerjanya, secara otomatis memberikan imbas terhadap perusahaan. Berikut beberapa manfaat manajemen stress pada karyawan:

Meminimalisir hari sakit

Walaupun sakit bukanlah hal yang bisa kita duga, namun dengan melakukan manajemen stress yang tepat terhadap karyawan dapat meminimalisir hari sakit. Hari sakit memang manusiawi, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa banyaknya hari sakit karyawan akan menurunkan kinerja karyawan tersebut.

Stress yang tidak dikelolah dengan baik akan menimbulkan berbagai jenis penyakit baik mental maupun fisik. Namun, dengan adanya manajemen stress, karyawan akan terhindar dari penyakit dan memiliki imun tubuh yang baik.

Meningkatkan komitmen kerja karyawan

Dengan mengadakan manajemen stress bagi karyawan, karyawan akan merasa lebih diperhatikan. Memberikan kepedulian terhadap karyawan memang suatu hal yang wajib dilakukan tiap pemimpin perusahaan, karena hal tersebut dalam memberikan dampak positif terhadap penilaian karyawan pada perusahaan.

Memperbaiki kinerja kerja karyawan

Stress kerja yang dihadapi karyawan akan menurunkan kinerja kerjanya. Hal ini menjadi masuk akal mengingat stress kerja akan menghadirkan berbagai pikiran bagi karyawan. Dengan mengadakan manajemen stress bagi karyawan, tentunya akan meningkatkan kinerja kerja karyawan tersebut.

Selain beberapa manfaat di atas juga masih cukup banyak manfaat lainnya mengenai pengadaan manajemen stress bagi karyawan, seperti membangun hubungan baik antar karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Dengan demikian, manajemen stress bagi karyawan tidak ada salahnya untuk diterapkan.

Baca Artikel Kami Lainnya : Karyawan Wajib Menghindari Coping Cechanism yang Mengganggu Kinerja Kerja

Program Manajemen Stress Bagi Karyawan

Program Manajemen Stress Bagi Karyawan

Stress bukanlah hal yang salah jika dapat dikelolah dengan baik. Mengelolah stress kerja bukan hanya menjadi tanggung jawab setiap karyawan, melainkan juga menjadi perhatian khusus bagi perusahaan. Hal tersebut dikarenakan stress kerja tidak hanya mendatangkan dampak negatif bagi karyawan, melainkan juga memberikan dampak negatif bagi perusahaan.

Dengan demikian, stress kerja perlu dikelola dengan baik. Berikut beberapa tips membuat manajemen stress untuk karyawan:

Identifikasi penyebab stress

Stress yang dialami karyawan di kantor tidak selamanya berasal dari kantor, melainkan bisa jadi stress tersebut justru berasal dari kehidupan pribadinya. Mengetahui penyebab pasti mengenai stress yang dialami karyawan penting agar bisa mengurangi penyebabnya.

Berbagai cara bisa dilakukan perusahaan untuk mengidentifikasi penyebab stress, misalnya HRD bisa melakukan observasi dan wawancara terhadap karyawan yang mengalami stress. Jika penyebabnya dari perusahaan maka bisa didiskusikan bersama bagaimana cara menanggulanginya. Namun, jika permasalahan memang berasal dari kehidupan pribadi karyawan, setidaknya dengan menyediakan tempat berkeluh kesah bisa sedikit mengangkat beban karyawan tersebut.

Menyediakan alat olahraga

Saat ini penyediaan alat olahraga di kantor sudah menjadi hal yang umum. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat sudah cukup banyak perusahaan yang mengerti akan pentingnya kesehatan karyawan.

Olahraga bisa menjadi pelarian yang positif saat karyawan mengalami stress kerja. Penyediaan alat olahraga ini tentunya menjadi hal yang baik. Selain itu, karyawan juga akan merasa lebih diperhatikan.

Menyediakan waktu untuk bersantai

Waktu bersantai yang diberikan dengan tepat justru akan meningkatkan kinerja kerja karyawan. Karyawan yang sudah terlalu lelah akan mengalami penurunan kinerja. Dengan demikian, adanya waktu untuk bersantai akan membuat karyawan memiliki waktu untuk mengembalikan semangat kerjanya.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pentingnya manajemen stress bagi karyawan tidak hanya menjadi tanggung jawab karyawan itu sendiri. Melainkan, peran perusahaan sangat dibutuhkan dalam mengelolah stress karyawan.

Stress kerja yang tidak mendapatkan pengelolaan yang tepat akan memberikan dampak buruk bagi karyawan dan perusahaan. Dengan demikian, manajemen stress harus mendapatkan perhatian karyawan maupun perusahaan.

Jika perusahaan mengalami kesulitan dalam pengelolaan stress kerja karyawan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi konsultan HRD. Tujuannya adalah untuk menemukan dan mencari solusi mengenai permasalahan dari sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut.

Baca Artikel Kami Lainnya : Kenali Coping Mechanism Untuk Mengatasi Stress Kerja