Berapa Banyak Emosi Yang Kita Miliki?

Berapa banyak emosi yang kita miliki? Jika menurut Ekman terdapat lebih 47 emosi yang bisa manusia rasakan selain emosi dasar.

Kerpibadian, Sosial3016 Views

Logos Indonesia Berapa banyak emosi yang kamu miliki? Mari jawab pertanyaan itu dalam artikel ini.

Coba tanyakan pada dirimu, sampai saat ini apa saja emosi yang telah kamu rasakan? Mungkin kamu akan menjawab jenis emosi yang umum atau yang mudah kamu identifikasikan saja, seperti sedih, marah, dan senang. Jawabanmu Tentu saja tidak salah karena hal tersebut sesuai dengan apa yang kamu rasakan.

Lalu, apakah jumlah emosi yang mampu dirasakan oleh manusia itu hanya sedikit? Jika dikaitkan dengan Jawaban dari pertanyaan sebelumnya, maka emosi Yang kamu rasa mungkin saja bisa dihitung menggunakan jari. Hal ini karena jenis emosi yang kamu ketahui merupakan jenis emosi yang umum atau kelompok besar dari kategori emosi tersebut.

Ternyata terdapat banyak sekali emosi yang mampu dirasakan oleh manusia. Hanya saja sedikit yang mengetahui nama dari emosi yang mereka rasakan. Sehingga mungkin saja kamu tidak menganggap hal tersebut sebagai emosi dan hanya respon dari suatu kejadian atau peristiwa.

Untuk menjawab pertanyaan utama dari artikel ini, maka kita harus melandasinya dengan penelitian dan teori secara nyata. Dengan begitu Jawaban yang kita dapatkan merupakan jawaban yang valid. Mari kita mulai dengan konsep dasar dari emosi.

Mendefinisikan Emosi

Jika kamu mencoba untuk menjelaskan kata emosi, apa yang terlintas di benakmu? Semua hal yang kamu rasakan adalah emosi. Semua orang yang normal mampu merasakan emosi. Kamu sering menunjukkan emosi sejak lahir kepada orang di sekitarmu. Emosi bahagia sedih, kekecewaan dan lainnya selalu menghampiri dirimu tanpa bahasa.

Cukup sulit untuk mendefinisikan emosi cara menyeluruh dan mencakup semua hal. Menurut Sarwono (2016) emosi memiliki konsep yang sangat majemuk dan sulit mendefinisikannya secara universal. Para tokoh mencoba untuk menjelaskan teori dengan pemahamannya. Menurut Shiraev dan Levy (2010) Emosi adalah respon evaluatif mencakup kombinasi dari rangsangan fisiologis, pengalaman subjektif dan ekspresi perilaku.

Dalam psikologi dijelaskan bahwa emosi sebagai reaksi dari penilaian positif maupun negatif yang kompleks. Respon situasi atau pengalaman saat ini kemudian diproses oleh sistem saraf dan ditampilkan sebagai perasaan maupun tindakan.

Berapa Banyak Emosi Yang Mampu Kita Rasakan?

Selama hidup kita, kita merasakan adanya rasa senang, sedih, marah, benci, takut, khawatir, kosan dan lain sebagainya. Namun dari semua emosi yang kita rasakan ini terdapat 6 dasar emosi (basic emotion). Emosi dasar tersebut dapat digabungkan satu sama lain hingga akhirnya terciplalah jenis emosi lain yang jarang kita identifikasikan. Emosi dasar ini dikemukakan oleh Ekman.

Baca Artikel Kami Lainnya: Lakukan Cara Ini Agar Anak Memiliki Kecerdasan Emosi (EQ) Yang Tinggi.

Menurut Ekman, keenam emosi dasar itu yaitu marah, takut, sedih, bahagia, jijik dan terkejut. Ketika kedua emosi atau lebih digabungkan akan menghasilkan emosi lain. Seperti emosi kasih sayang, emosi agresi, bingung, depresi, tidak peduli, cemas, malu, riang dan sebagainya. Mungkin jika ditotalkan sekitar 47 emosi lain yang bisa kamu rasakan.

Beberapa tokoh lainnya berusaha menyederhanakan emosi menjadi beberapa kategori. Kemudian mengidentifikasi turunan dari emosi dasar yang telah dibentuknya. Emosi primer yang terdiri dari emosi cinta, senang, marah, sedih, dan rasa takut. Total terdapat 5 emosi dasar yang mendapat mendorong perilaku tertentu.

Sebagai contoh perasaan cinta. Saat kamu mencintai seseorang, maka kamu pasti akan menghargai dirinya, membuat dirinya senang, perasaannyaman membuat dirimu bergairah, percaya diri dan sebagainya. Contoh lainnya adalah perasaan takut yang membuat diri kita merasa cemas penuh penyesalan, kebingungan dan berharap.

Penggambaran dari kelima emosi dasar itu menjadi acuan dalam membuat turunan dari emosi lainnya berdasarkan kategori kelima emosi dasar tersebut.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apa Itu Emotional Intelligence (EQ)? Kecerdasan Emosi Juga Menentukan Kesuksesanmu.

Berikut ini macam-macam emosi dasar beserta turunannya. Biasanya emosi turunan merupakan emosi yang kompleks atau terdapat lebih dari dua emosi di dalamnya.

  1. Cinta.Emosi lainnya yang dilandasi rasa cinta adalah rasa hormat.
  2. Senang. Emosi lainnya yang dilandasi rasa senang adalah gembira, puas, bangga, tenang, dan percaya diri.
  3. Marah. Emosi lainnya yang dilandasi rasa marah adalah Marah yang menggila, cemburu, jengkel, benci, jijik, dan frustrasi.
  4. Sedih. Emosi lainnya yang dilandasi rasa sedih adalah Penyesalan, kecewa, menyedihkan, bosan, dan tertekan.
  5. Rasa Takut. Emosi lain yang dilandasi rasa takut adalah malu, gugup, menyesal, bingung, berharap, berani, hati-hati.

Sebenarnya masih banyak lagi emosi lainnya yang merupakan bagian dari emosi dasar tersebut. Kamu bisa mengidentifikasi kembali emosional kamu rasakan masuk ke dalam kelompok emosi yang mana.

Namun jika menjawab pertanyaan utama dalam artikel ini terkait Berapa banyak emosi yang bisa manusia rasakan. Maka jawabannya adalah tidak terbatas. Hal ini karena setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda dan tingkat sensitifitas secara emosi yang berbeda pula. Maka jawabannya adalah tergantung pada orang tersebut menikmati harinya atau menjalani harinya.

Baca Artikel Kami Lainnya: Perbedaan Gender Dan Emosional Intelegensi Terhadap Gaya Pengambilan Keputusan Seseorang.

Sarwono, Sarlito. W. (2016). Psikologi Lintas Budaya. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Artikel oleh: Logos Indonesia.