Kenapa Kita Menyukai Seseorang yang Memiliki Kesamaan dengan Kita?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kita cenderung merasa nyaman dengan orang yang memiliki kesamaan dengan kita. Tapi, mengapa hal ini terjadi?

Relationship, Sosial2127 Views

Logos Indonesia Sudah menjadi rahasia umum bahwa kita cenderung lebih suka dan merasa nyaman dengan orang yang memiliki kesamaan dengan kita. Tapi, mengapa hal ini terjadi? Apa yang membuat kita tertarik pada orang yang memiliki pandangan, hobi, dan minat yang sama dengan kita?

Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan ilmiah di balik fenomena ini. Dilansir dari psychology today, terdapat beberapa penjelasan mengapa kita menyukai seseorang yang memiliki kesamaan dengan kita.

Validasi Konsensual

Bertemu dengan orang yang memiliki sikap yang sama dengan kita membuat kita merasa lebih percaya diri dengan sikap kita sendiri tentang dunia. Ketika kita menemukan seseorang yang memiliki kesamaan dengan kita, kita merasa bahwa pendapat dan minat kita tidak aneh atau menyimpang dari norma sosial. Sebaliknya, hal itu dianggap sebagai kebaikan dan sesuatu yang dapat diapresiasi. Misalnya, jika kamu menyukai musik jazz, bertemu dengan sesama pecinta jazz akan membuat kamu merasa bahwa mencintai jazz adalah hal yang baik dan bahkan mungkin suatu kebajikan.

Evaluasi Kognitif

Penjelasan ini berfokus pada bagaimana kita membentuk kesan terhadap orang lain dengan menggeneralisasi dari informasi yang kita miliki. Ketika kita mengetahui bahwa seseorang memiliki kesamaan dengan kita, hal itu membuat kita merasa positif tentang orang tersebut. Ini karena kita merasa positif tentang diri kita sendiri. Kita kemudian berasumsi bahwa orang lain, seperti kita, memiliki karakteristik positif lainnya. Dalam hal ini, kita cenderung menilai orang tersebut lebih positif.

Kepastian Disukai

Kita berasumsi bahwa seseorang yang memiliki banyak kesamaan dengan kita lebih mungkin menyukai kita. Dan pada gilirannya, kita lebih cenderung menyukai orang jika kita berpikir mereka menyukai kita. Ini mungkin terjadi karena kita merasa lebih nyaman dan terhubung dengan seseorang yang memiliki kesamaan dengan kita. Hal ini juga dapat membuat kita merasa lebih aman secara emosional.

Interaksi yang Menyenangkan dan Menyenangkan

Bergaul dengan seseorang akan lebih menyenangkan jika kamu memiliki banyak kesamaan. Ketika kita memiliki kesamaan dengan orang lain, kita cenderung memiliki lebih banyak topik pembicaraan dan hal-hal yang bisa dilakukan bersama. Ini membuat interaksi kita menjadi lebih menyenangkan dan menyenangkan.

Peluang Perluasan Diri

Menurut teori perluasan diri, salah satu manfaat dari hubungan adalah bahwa kita dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dengan menghabiskan waktu bersama orang lain. Meskipun orang yang berbeda akan lebih mungkin memberikan pengetahuan dan pengalaman baru, penelitian telah menunjukkan bahwa orang lebih cenderung melihat peluang pengembangan diri saat berinteraksi dengan seseorang yang mirip, bukan berbeda, dengan mereka. Dalam hal ini, memiliki kesamaan dapat membantu kita untuk memperluas diri kita sendiri.

Namun Bukan Berarti Orang Yang Memiliki Kesamaan Dengan Kita, Selalu Akur

Tentu saja, bukan semua orang yang memiliki kesamaan dengan kita akan menarik bagi kita secara romantis atau bahkan sebagai teman.

Namun, kesamaan bukanlah satu-satunya faktor yang penting dalam membentuk hubungan yang sehat dan bahagia. Meskipun kesamaan dapat menjadi landasan awal yang baik untuk membangun hubungan, tetapi terkadang perbedaan dalam beberapa hal dapat menjadi tambahan yang menyenangkan dalam hubungan tersebut.

Hal lain yang penting dalam membentuk hubungan yang sehat adalah komunikasi yang baik. Pasangan yang memiliki kesamaan mungkin cenderung lebih mudah berkomunikasi, tetapi itu tidak berarti bahwa pasangan yang berbeda tidak bisa memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi yang efektif tergantung pada keinginan dan kemampuan pasangan untuk mendengarkan dan memahami satu sama lain.

Baca Artikel Kami Lainnya: Mengapa Seseorang Tidak Bisa Menangis dan Apa Artinya?

Selain itu, penting juga untuk menghargai perbedaan dan keunikan pasangan kita. Ketika kita mulai berkenalan dengan orang yang berbeda dengan kita, kita dapat memperluas wawasan kita dan belajar hal-hal baru dari pasangan kita. Hal ini dapat membantu kita tumbuh sebagai individu dan pasangan yang lebih baik.

Dalam beberapa kasus, terlalu banyak kesamaan dalam hubungan dapat menjadi kurang sehat. Jika kedua pasangan memiliki kesamaan yang sangat banyak, mereka mungkin kehilangan keunikan dan identitas individu mereka. Pasangan yang terlalu serupa mungkin juga lebih rentan terhadap kebosanan dan monoton dalam hubungan mereka.

Dalam rangka membangun hubungan yang sehat dan bahagia, penting untuk mencari keseimbangan antara kesamaan dan perbedaan. Kesamaan dapat menjadi dasar yang baik untuk memulai hubungan, tetapi perbedaan dapat menjadi tambahan yang menyenangkan dalam hubungan tersebut. Terlebih lagi, hal yang paling penting adalah komunikasi yang efektif dan saling menghargai satu sama lain.

Baca Artikel Kami Lainnya: Pentingnya Mendeteksi Red Flag pada Diri Sendiri: Hindari Perilaku yang Merugikan Diri Sendiri.

Kesimpulannya, alasan kita menyukai seseorang yang memiliki kesamaan dengan kita dapat bervariasi, mulai dari validasi konsensual hingga peluang perluasan diri. Penelitian menunjukkan bahwa kesamaan dapat menjadi faktor awal yang baik untuk membangun hubungan, tetapi bukan satu-satunya faktor penting dalam membentuk hubungan yang sehat dan bahagia. Terlebih lagi, terlalu banyak kesamaan dalam hubungan dapat menjadi kurang sehat. Oleh karena itu, penting untuk mencari keseimbangan antara kesamaan dan perbedaan dalam hubungan kita.

Artikel oleh: Logos Indonesia.