Programmed Learning: Penerapan Teori Skinner Terhadap Metode Pembelajaran Saat Ini

Programmed Learning merupakan penerapan teori skinner terhadap metode pembelajaran saat ini. Pembelajaran yang tersistematis.

Pendidikan, Tokoh3261 Views

Logos Indonesia Seperti yang kita ketahui bahwa teknik pengajaran paling umum adalah memberikan ceramah. Banyak sekali para pengajar yang masih menggunakan metode ceramah di setiap sesi pengajarannya. Padahal banyak sekali teknik pengajaran yang bisa diterapkan selain menggunakan ceramah dan tentu saja menghasilkan dampak yang lebih besar kepada siswa daripada menggunakan metode ceramah.

Terdapat beberapa teknik pengajaran saat ini yang berdasarkan teori Skinner. Teknik pengajaran ini sebagai bukti bahwa teori skinner itu memberikan dampak yang cukup besar di bidang pendidikan. Beberapa warisan teori skinner yang bisa diterapkan dalam teknik pengajaran saat ini adalah Programmed Learning (belajar yang terprogram), Personalized System of Instruction (PSI), dan Computer Based Instruction (CBI: pemberian instruksi berbasis komputer).

Baca Artikel Kami Lainnya: Pandangan B. F. Skinner Sebagai Pelopor Behavioristik.

Ketiga teknik pengajaran tersebut sudah banyak diterapkan pada zaman sekarang. Terlebih pada masa pandemik saat ini, hampir semua pembelajaran dialihkan ke online, yaitu pembelajaran berbasis komputer. Teknologi sangat berperan besar saat ini dan pembelajaran yang telah terprogram akan memudahkan pelajar  dan memberikan efektivitas dalam proses belajar mengajar.

Namun pada artikel ini kita hanya membahas programmed learning yaitu pembelajaran yang telah terprogram sebelumnya. Sehingga para siswa sudah tahu pelajaran apa yang akan dirinya pelajari, Kemampuan apa yang harus kamu tingkatkan, dan mampu mengukur kemampuanmu dalam belajar. Semuanya sudah tersistem secara otomatis.

Apa Itu Programmed Learning?

Programmed learning atau pembelajaran yang sudah terprogram akan menciptakan penyajian materi yang sudah diprogram sedemikian rupa sesuai dengan kemampuan anak tersebut. Untuk menerapkan programmed learning, dibutuhkan teaching machine atau mesin pengajaran untuk menciptakan penyajian materi yang sudah terprogram.

Terdapat beberapa keuntungan dari adanya mesin pengajaran. Menurut Skinner, menggunakan teknik pengajaran ini mampu menghemat tenaga pengajar karena alat tersebut sudah terprogram. Artinya program pengajaran ini dibuat sekali, tapi bisa diterapkan ke banyak siswa. Penggambaran pembelajaran ini hampir mirip dengan produksi massal dengan efektif pembelajaran yang diberikan seperti pembelajaran secara privat.

Keuntungan Menggunakan Teknik Pembelajaran Programmed Learning

Terdapat dampak positif yang diberikan dalam penggunaan teknik pembelajaran programmed learning, yaitu sebagai berikut.

Terdapat Hubungan Timbal Balik Yang Konstan Antara Program Dan Siswa

Hal ini berbeda dengan teknik pengajaran seperti ceramah, membaca buku atau mendengarkan video tutor saja yang belajar hanya satu arah. Dalam pembelajaran yang sudah terprogram, para siswa akan mendapatkan feedback dari pembelajaran yang telah dilakukan.

Mampu Memahami Secara Keseluruhan

Teknik programmed learning memiliki kinerja yang hampir sama dengan tutor secara langsung. Di mana setiap materi yang tidak dipahami akan diulangi kembali hingga materi tersebut dipahami. Karena mesin telah membuat program indikator keberhasilan ataupun ketidakberhasilan dalam memahami setiap materi. Jadi sebelum siswa mempelajari materi selanjutnya.

Baca Artikel Kami Lainnya: Ternyata Hewan Mampu Belajar Melalui Perilaku Imitatif Seperti Manusia.

Maka siswa tersebut harus bisa memahami materi itu dulu. Sedangkan ketika menggunakan teknik ceramah, membaca buku, ataupun menonton video tutor, tidak ada yang memastikan kamu memahami materi tersebut atau tidak.

Menyajikan Materi Secara Sistematis

Pada Programmed Learning, tentu saja materi yang disajikan sudah tersistematis dari materi dasar hingga tingkat yang lebih tinggi. Hal ini memudahkan seseorang dalam belajar dan mengidentifikasi bahwa kemampuannya Sudah sampai berapa tingkat. Karena siswa akan belajar sesuai dengan materi yang diberikan.

Cepat Mengevaluasi Kemampuan

Programmed Learning memberikan sistem yang cepat untuk memberikan evaluasi Apakah kamu sudah memahami materi tersebut atau tidak. Selain itu, setiap poin yang kamu jawab dalam evaluasi akan diberikan penjelasan tentang jawaban yang benar dan mengapa jawaban itu salah. Hal tersebut memudahkan siswa mengetahui bahwa pemahamannya mungkin salah atau masih belum memahami materi tersebut.

Mempertahankan Perhatian Siswa Untuk Tetap Belajar

Materi yang sudah disusun secara sistematis, terdapat feedback, dan adanya evaluasi pemahaman diri mampu mempertahankan perhatian siswa untuk tetap belajar. Mereka mengetahui tingkatan pembelajaran mereka. Mereka menyadari perubahan tingkatan dari dasar menjadi menengah ataupun tingkat lanjut. Selain itu umpan balik yang diberikan pun sangat efisien dan cepat.

Apa Saja Unsur Dalam Programmed Learning?

Menurut skinner terdapat empat unsur dalam menerapkan programmed learning, yaitu sebagai berikut.

Step By Step

Menjelaskan bahwa pembelajaran dilakukan dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut secara berurutan.

Overt Responding

Menjelaskan bahwa Respon yang diberikan harus jelas seperti jawaban benar pada soal evaluasi kemampuan.

Immediate Feedback

Terdapat umpan balik segera mengenai evaluasi kemampuan. Artinya ketika kamu memberikan jawaban benar atau salah, maka sistem akan langsung merespon jawabanmu.

Self-Pacing

Yang terpenting adalah program tersebut harus disesuaikan dengan kemampuanmu dan kecepatanmu dalam memahami setiap pembelajaran. Ingatlah setiap siswa memiliki kecepatannya tersendiri dalam memahami suatu materi.

Baca Artikel Kami Lainnya: 4 Proses Belajar Observasional Dari Bandura.

Sumber: Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2008). Teori Belajar, Edisi Ketujuh. Prenadamedia Group: Jakarta.

Artikel oleh: Logos Indonesia.