Tipe Kepribadian Introvert: Benarkah Tidak Bisa Tampil di Depan Umum?

Tipe kepribadian introvert ini sering disalah artikan sebagai “pemalu” di kehidupan sehari-hari. Padahal kenyataannya, introvert berbeda dengan pemalu.

Kerpibadian2780 Views

Logos Indonesia – Apakah kamu pernah mencari tahu mengenai tipe kepribadianmu? Umumnya orang-orang mengenal dua tipe kepribadian, yaitu introvert dan ekstrovert. Introvert dikenal dengan kepribadian yang tertutup, sedangkan ekstrovert dikenal dengan kepribadian yang terbuka dan mudah beradaptasi.

Namun, walaupun tipe kepribadian introvert cenderung menyukai ketenangan, apakah orang dengan tipe kepribadian ini tidak bisa tampil di depan umum? Agar menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini ada untuk menjelaskan mengenai tipe kepribadian introvert.

Apa Itu Kepribadian Introvert?

Apa Itu Kepribadian Introvert

Berdasarkan artikel yang diterbitkan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, orang dengan tipe kepribadian introvert cenderung fokus pada pikiran, perasaan, dan emosi yang datang dari diri mereka sendiri (juga dikenal sebagai internal). Hal ini sangat jauh berbeda dengan tipe kepribadian ekstrovert yang cenderung suka mencari rangsangan dari luar.

Tipe kepribadian introvert ini sering disalah artikan sebagai “pemalu” di kehidupan sehari-hari. Padahal kenyataannya, introvert berbeda dengan pemalu. Orang pemalu cenderung merasa khawatir atau cemas jika berhadapan dengan lingkungan baru. Walaupun dalam tahap kecemasan ringan, namun jika sudah mengganggu kegiatan sehari-hari, sebaiknya jangan ragu untuk mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan Konseling Online.

Sedangkan untuk tipe kepribadian introvert, sebenarnya tidak memiliki masalah dengan situasi sosial. Berbaur dan beradaptasi dengan lingkungan sosial bukan hal yang mustahil untuk tipe kepribadian ini.

Ciri-Ciri Kepribadian Introvert

Ciri-Ciri Kepribadian Introvert

Carl Gustav Jung seorang Psikiater dan Psikoanalisis asal Swis mengemukakan beberapa ciri-ciri introvert dalam sebuah teorinya, yaitu:

Menarik diri dan menyendiri

Seorang introvert membutuhkan waktu untuk menyendiri. Namun bukan berarti mereka tidak mampu untuk bersosialisasi dengan lingkungannya. Bagi mereka, menikmati waktu sendiri adalah cara untuk charger dirinya. Selain itu, mereka lebih menyukai pemikiran sendiri daripada berbicara dengan orang lain

Berhati-hati

Orang dengan tipe kepribadian introvert cenderung lebih berhati-hati, pesimis, kritis dan selalu berusaha mempertahankan sifat-sifat baik untuk diri sendiri. Hal ini membuat orang lain kesulitan untuk mengerti orang dengan tipe kepribadian ini.

Tidak menunjukkan bakat

Orang dengan tipe kepribadian introvert cenderung tidak menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada sembarangan orang. Bakat tersebut hanya digunakan untuk mempermudah pekerjaannya dan dapat diketahui oleh orang-orang terdekat saja. Mereka seringkali banyak pengetahuan atau mengembangkan bakat diatas rata-rata dan mereka hanya dapat menunjukkan bakat mereka dilingkungan yang menyenangkan

Baca Artikel Kami Lainnya : Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Childfree

Kelebihan Kepribadian Introvert

Kelebihan Kepribadian Introvert

Menjadi seorang introvert bukan berarti hanya bisa berdiam diri menikmati kesendirian. Seorang introvert memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh kepribadian lain. Berikut kelebihan dari kepribadian introvert:

Lebih berhati-hati dalam berbicara

Seorang introvert cenderung memikirkan berulang kali sebelum mengemukakan pendapat. Mereka akan memikirkan konsekuensi apa yang sekiranya akan terjadi. Hal ini tentu menjadi kelebihan bagi para introvert, karena akan yang keluar dari mulut mereka bukanlah hal yang tidak berguna dan sudah melalui pemikiran yang matang.

Fokus

Seorang introvert umumnya memiliki fokus yang tinggi saat bekerja. Hal ini membuat pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik. Karena menyukai ketenangan, mereka menjadi tidak mudah terdistraksi oleh lingkungannya.

Kemampuan informasi

Siapa bisa seorang introvert tidak memiliki kemampuan informasi yang baik. Walaupun mereka cenderung menyukai kesendirian dan jarang berbaur dengan teman-temannya, namun rasa ingin tahu yang besar membuat mereka mencari tahu berbagai informasi dari berbagai bidang. Membaca buku adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi tersebut.

Kelebihan yang dimiliki oleh seorang introvert tidak jarang menjadi daya tarik bagi sebuah perusahaan. Terutama untuk posisi-posisi yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi dan bekerja di belakang layar.

Kekurangan Kepribadian Introvert

Kekurangan Kepribadian Introvert

Walaupun memiliki berbagai kelebihan, bukan berarti seorang introvert adalah makhluk yang sempurnah. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kepribadian introvert:

Kurang ikut serta dalam kegiatan sosial

Bukan berarti seorang introvert tidak menyukai kegiatan sosial, namun mereka memerlukan energi yang cukup besar untuk berbaur dengan banyak orang. Selain itu, banyak orang yang enggan untuk mengajak karena sering mendapatkan penolakan.

Kesan awal yang buruk

Seorang introvert sering mendapat cap sombong di awal perkenalan. Hal ini bukan karena mereka benar-benar sombong. Hanya saja sikapnya yang sulit atau tidak asik saat berbicara sering kali membuat mereka terlihat cuek.

Seorang introvert juga cenderung memikirkan berbagai konsekuensi sebelum berbicara. Hal ini mengakibatkan mereka menjadi tidak asik untuk diajak bersosialisasi.

Jaringan yang terbatas

Seorang introvert cenderung tidak memiliki banyak jaringan pertemanan. Padahal, jaringan pertemanan ini bisa berkembang menjadi network dikemudian hari. Hal ini dikarenakan sikap suka menyendiri yang dimiliki oleh tipe kepribadian ini.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa kepribadian introvert sangat berbeda dengan pemalu. Tipe kepribadian ini tidak memiliki masalah dengan lingkungan sosialnya, mereka hanya memiliki waktu lebih banyak untuk menyendiri dibandingkan tipe kepribadian ekstrovert.

Untuk tampil di depan umum bukanlah hal yang mustahil bagi tipe kepribadian ini. Hanya saja, jika diberi pilihan apakah ingin di depan layar atau di belakang layar, mereka akan lebih menyukai pekerjaan di belakang layar.

Beberapa artis di Indonesia bahkan ada yang memiliki tipe kepribadian introvert. Raditya Dika contohnya. Walaupun seorang introvert, Ia tetap bisa tampil dengan baik di depan kamera. Hal ini membuktikan bahwa introvert bukanlah penghalang untuk bisa tampil di depan umum.

Baca Artikel Kami Lainnya : Kenali Tips Membangun Self Improvement