Alami Gejala Depresi? Coba Pelihara Jenis Tanaman Hias Ini

Tanaman hias bisa bermanfaat untuk kesehatan mental manusia. Ada beberapa jenis tanaman hias untuk kesehatan mental yang bisa dipelihara di rumah.

Keluarga, Klinis2358 Views

Logos Indonesia : Ternyata, menjaga kesehatan mental banyak caranya. Salah satunya dengan memelihara beberapa jenis tanaman hias. Memang tidak semua tanaman memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mental, namun kamu bisa mencoba memelihara salah satu jenis tanaman hias untuk kesehatan mental berikut ini.

Nah, apa saja jenis tanaman hias untuk kesehatan mental? Berikut adalah beberapa jenis tanaman hias yang berguna untuk kesehata mentalmu. Namun sebelumnya, simak dahulu manfaat tanaman hias untuk kesehatan mental berikut ini.

Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan Mental Tetap Fit

Manfaat Tanaman Meringankan Stres

Sumber: pixabay.com

Salah satu manfaat tanaman hias untuk kesehatan mental adalah menjaga pikiran kita tetap tenang. Itu karena pikiran manusia tersugesti selalu dekat dengan alam. Masih banyak lagi manfaat tanaman hias untuk kesehatan mental yang perlu kamu tahu. Adapun manfaat tanaman hias untuk kesehatan mental tetap fit adalah sebagai berikut.

Gejala Depresi Berkurang

Salah satu gejala depresi adalah stres yang berlebihan. Ternyata, stres atau gejala depresi dapat dikurangi dengan cara selalu dekat dengan alam. Bagi orang yang mengalami stres, dapat mulai mencoba memelihara tanaman hias. Memelihara dan menjaga pertumbuhan tanaman hias merupakan salah satu bentuk kedekatan manusia dengan alam.

Baca Artikel Lainnya :Kenali Kesehatan Mental dan Tips Menjaganya Supaya Kamu Bahagia

Tentunya, dengan menyibukkan diri memelihara tanaman hias, stres akan menurun dan berangsur menghilang. Dengan begitu, kesehatan mental akan tetap terjaga bahkan mentalmu tetap sehat dan fit.

Kinerja Otak Meningkat

Manfaat tanaman untuk kesehatan mental lainnya adalah dapat meningkatkan kinerja otak. Hal tersebut karena dengan memelihara tanaman hias, otak kita menjadi lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Tentunya, dengan terlatih mudah fokus dan berkonsentrasi dapat menajamkan daya ingat dan kinerja otak.

Menumbuhkan Kreativitas dan Produktivitas

Perlu diketahui, orang yang bahagia identik dengan kreativitas dan produktivitas tinggi. Tentunya, dengan menyiram dan menjaga tanaman hias tetap tumbuh sehat dapat menumbuhkan kreativitas dan produktivitasmu sehari-hari.

Artinya, dengan memelihara tanaman hias, banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Oleh karena itu, cobalah untuk memelihara tanaman hias supaya kreativitas dan produktivitasmu meningkat.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Tanaman hias identik dengan keindahan alam yang sempurna, tidak heran jika kita melihat tanaman rasa percaya diri kita akan tumbuh. Itu karena tanaman hias dan tumbuhan yang ada di sekitar kita dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Otomatis, jika suasana hati kita baik, maka rasa percaya diri akan meningkat.

Rekomendasi Beberapa Jenis Tanaman Hias untuk Kesehatan Mentalmu

Selain dapat digunakan sebagai dekorasi rumah, nyata tanaman hias juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Ada beberapa jenis tanaman hias untuk kesehatan mental yang direkomendasikan untuk dikembangbiakkan.

Berikut adalah beberapa jenis tanaman hias untuk kesehatan mental.

Lavender

Sumber: pixabay.com

Bukan rahasia lagi, lavende merupakan salah satu tanaman hias yang bisa memberikan efek rileks pada otak manusia. Selain itu, tanaman hias yang satu ini juga memberikan ketenangan batin. Hal tersebut karena aroma wangi pada lavender mengandung minyak esensial yang berguna bagi tubuh manusia.

Baca Artikel Lainnya : Tips Menjaga Kesehatan Mental

Kabarnya, minyak esensial yang terkandung pada lavender bisa mengurangi rasa cemas bahkan dapat merubah suasana hati menjadi tenang. Selain itu, lavender juga dapat digunakan sebagai obat dan bahan untuk produk kecantikan.

Nah, bagi kamu yang ingin kamar atau ruangan di rumahmu tenang menyegarkan dapat memelihara lavender. Tentunya, dengan adanya lavender, ketenangan hati akan didapat dan kamu pun bisa istirahat dengan pikiran tenang tanpa beban.

Bunga Lili

Sumber: pexels.com

Tananam hias untuk kesehatan mental lainnya adalah bunga lili. Kabarnya, bunga lili dapat membantu otak manusia untuk berpikiran positif bahkan bisa menumbuhkan mental, jiwa spiritual, dan fisik manusia menjadi lebih baik. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin kesehatan mentalmu tetap fit, cobalah untuk memeliharan bunga lili di rumah.

Perlu diketahui, bunga lili mudah dirawat. Itu karena pertumbuhan bunga lili tidak membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung. Artinya, bunga lili dapat tumbuh di ruangan tertutup. Selain itu, pemeliharaannya pun mudah, yaitu hanya disirami sekali seminggu.

Lidah Buaya

Sumber: pixabay.com

Satu lagi tanaman hias untuk kesehatan mental yang mudah dirawat, yaitu lidah buaya. Selain mudah dirawat, tanaman hias yang satu ini juga memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat lidah buaya adalah sebagai berikut.

  • Dapat dijadikan sebagai bahan untuk obat luka di kulit.
  • Membantu membersihkan udara di dalam ruangan.
  • Menenangkan hati dan pikiran.

Selain manfaat lidah buaya tersebut, ada manfaat lidah buaya lainnya, yaitu membuat hati kita lapang. Artinya, lidah buaya dapat membantu hati manusia untuk lapang dada dan melepaskan segala beban pikiran. Tentunya, memelihara lidah buaya memiliki banyak manfaat.

Baca Artikel Lainnya : Tanda kamu Perlu Konsultasi ke Psikolog

Lidah buaya juga mudah dirawat. Adapun cara merawatnya adalah dengan menyiraminya dan menjemurnya di bawah sinar matahari setiap minggu. Kemudian, potong secara rutin batang lidah buaya yang sudah layu supaya tanaman hias ini tetap cantik dipandang mata.

Mudah bukan menjaga kesehatan mental? Memeliharan tanaman hias untuk kesehatan mental adalah salah satu cara supaya pikiran kita tetap tenang. Namun, alangkah baiknya jika kita juga harus menjaga mental sehat dengan cara selalu berpikiran positif dan berbuat kebaikan. Disamping itu juga kamu bisa melakukan konseling online secara profesional dengan psikolog dari Logos Indonesia jika merasa emosi mu sudah mempengaruhi aktivitas sehari-hari.