Ini Cara Mengatasi Stuck Dan Inept Dengan Pekerjaanmu

Inept berarti tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik. Stuck adalah perasaan terjebak dalam rutinitas yang membosankan

PIO, Tips dan Trik1413 Views

Logos IndonesiaDalam kehidupan kerja, kita kadang-kadang merasa terjebak dalam rutinitas yang membosankan atau bahkan merasa tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapi. Hal ini dapat menyebabkan perasaan ‘stuck’ atau ‘inept’. Namun, penting untuk mengidentifikasi perasaan tersebut dan mencari solusi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk mengatasi perasaan ‘stuck’ atau ‘inept’ di tempat kerja:

Apa itu Stuck?

Stuck dengan pekerjaan adalah saat seseorang merasa terjebak dalam rutinitas yang membosankan atau tidak ada perkembangan yang signifikan dalam pekerjaannya. Ini membuat aku merasa tidak termotivasi atau tidak bersemangat dalam melakukan tugas-tugas sehari-hari.

Mengatasi Perasaan Stuck

Dalam dunia kerja, tidak jarang kita merasa terjebak dalam rutinitas yang membosankan atau kurang bermakna. Perasaan ini bisa membuat kita merasa ‘stuck’ atau terhenti dalam perkembangan karier. Namun, menghadapi perasaan ini dengan bijaksana dan proaktif adalah kunci untuk menciptakan perubahan positif dalam kehidupan profesional kita. Berikut beberapa langkah sederhana namun efektif yang dapat kita ambil untuk mengatasi perasaan ‘stuck’ dan meraih kembali semangat dalam pekerjaan kita.

1. Cari Tantangan Baru

Pada suatu titik, rutinitas pekerjaan dapat membuat kita merasa bosan dan kurang termotivasi. Untuk mengatasi hal ini, penting untuk mencari tantangan baru yang dapat membuat kita tetap terlibat dan termotivasi di tempat kerja. Tantangan baru bisa berupa proyek-proyek yang lebih kompleks atau tanggung jawab yang lebih besar. Dengan mencari tantangan baru, kita dapat memperluas keterampilan dan pengalaman kerja kita, serta meningkatkan motivasi dan kepuasan dalam pekerjaan.

2. Berbicara dengan Atasan

Berbicara dengan atasan adalah langkah penting untuk mengungkapkan minat kita dalam mengambil peran atau tanggung jawab baru di tempat kerja. Atasan dapat memberikan pandangan dan arahan yang berharga tentang peluang yang tersedia serta memberikan dukungan dalam mengembangkan karier kita. Dengan berkomunikasi secara terbuka dengan atasan, kita dapat menciptakan peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan di tempat kerja.

3. Berpartisipasi dalam Pelatihan

Pelatihan atau kursus yang relevan dengan bidang kerja kita dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kita. Ini bisa berupa pelatihan teknis, pelatihan manajemen, atau bahkan pelatihan soft skills. Dengan berpartisipasi dalam pelatihan, kita dapat memperbarui pengetahuan kita tentang tren dan perkembangan terbaru dalam industri kita, serta meningkatkan kemampuan kita untuk mengatasi tantangan baru di tempat kerja.

4. Berinteraksi dengan Rekan Kerja

Interaksi yang baik dengan rekan kerja adalah kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif. Melalui kolaborasi dan pertukaran ide dengan rekan kerja, kita dapat memecahkan masalah dengan lebih efektif dan menghasilkan solusi yang lebih kreatif. Selain itu, menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja juga dapat membantu mengurangi rasa kesepian di tempat kerja dan meningkatkan motivasi serta kepuasan kerja.

Apa itu Inept?

Inept dalam konteks pekerjaan berarti tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik atau efektif. Ini bisa berarti kesulitan dalam memahami atau menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, sering melakukan kesalahan, atau tidak mampu memenuhi harapan yang ditetapkan oleh atasan atau tim kerja. Hal ini dapat membuat aku merasa tidak percaya diri dan dapat mengganggu produktivitas serta hubungan dengan rekan kerja.

Mengatasi Perasaan Inept

Dalam menjalani karier, kadang-kadang kita merasa kesulitan menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapi di tempat kerja. Perasaan ini bisa membuat kita merasa tidak percaya diri dan meragukan kemampuan kita. Hal ini dapat menyebabkan perasaan ‘inept’, di mana kita merasa tidak mampu atau tidak efektif dalam melakukan pekerjaan kita. Namun, penting untuk diingat bahwa perasaan ini adalah hal yang umum dan dapat diatasi dengan langkah-langkah yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengatasi perasaan Inept dalam pekerjaanmu.

  1. Refleksi dan Evaluasi: Tinjau kembali tugas-tugas yang belum selesai dan identifikasi area di mana kita dapat meningkatkan kinerja kita. Berbicaralah dengan atasan atau rekan kerja yang dapat memberikan masukan konstruktif.
  2. Buat Rencana Kerja: Buat rencana kerja yang jelas untuk menyelesaikan tugas-tugas yang tertunda. Tentukan langkah-langkah konkret yang harus diambil dan tetapkan batas waktu untuk setiap langkah.
  3. Minta Bantuan Jika Diperlukan: Jangan ragu untuk meminta bantuan atau arahan jika merasa kesulitan menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Berkolaborasi dengan rekan kerja atau minta nasihat dari atasan dapat membantu kita menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.
  4. Terima Kritik dengan Terbuka: Terima kritik atau umpan balik dengan terbuka dan gunakan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Jangan menganggap kritik sebagai serangan pribadi, tetapi sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja kita di tempat kerja.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, kita dapat mengatasi perasaan ‘stuck’ atau ‘inept’ di tempat kerja. Menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan memuaskan untuk diri kita sendiri serta rekan kerja lainnya.

Baca Artikel Kami Lainnya: 6 Cara Menghadapi Rekan Kerja Toxic dengan Profesionalisme

Artikel oleh: Logos Indonesia.

MEMBUTUHKAN KONSULTAN HRD UNTUK KEBUTUHAN ANDA? KAMI PUNYA SOLUSI MENYELURUH MASALAH HRD.

HUBUNGI KAMI MELALUI KONTAK DIBAWAH INI:

Logos Indonesia: Biro Psikologi & Konsultan HRD

Layanan:
1. Rekrutmen & Asemen Karyawan
2. Konsultansi MSDM
3. Training & Development by @logosinstituteofficial
4. Outbound
5. Konseling Online Berbasis Android & iOS by @deeptalkindonesia
6. Klinik Konsultasi Psikologi & Tumbuh Kembang Anak by @deepgrowindonesia
7. Layanan Psikologi Pendidikan by EduQuotient
.
Hubungi kami (Bisa Langsung Klink Nomor Dibawah Ini):

📱Rekrutmen, Asemen & Konsultansi MSDM: 0811-1744-456
📱Training & Outbound : 0811-1075-456
📱Klinik Psikologi, Konseling & Tumbuh Kembang Anak: 0811-1814-456
📱EduQuotient (Psi. Pendidikan): 0811-1157-456

Email : admin@logosconsulting.co.id
.
Follow Kami:
Logos Indonesia : @logosindonesiaofficial
Logos Institute : @logosinstituteofficial
DeepTalk Indonesia : @deeptalkindonesia
DeepGrow Indonesia : @deepgrowindonesia