Jika Terdapat Tanda-tanda Ini, Sebaiknya Kamu Berhenti Dari Pekerjaanmu

Jika terdapat tanda-tanda ini, sebaiknya kamu berhenti dari pekerjaanmu. Saat dirimu tidak di hargai dan merasa lelah sepanjang waktu.

PIO2706 Views

Logos Indonesia – Sebenarnya apa kriteria dari lingkungan pekerjaan yang nyaman menurutmu? Apakah berdasarkan faktor kerja yang baik, fasilitas yang diberikan, gaji, atau budaya yang ada di lingkungan pekerjaan tersebut?

Tentu saja semua faktor yang terlibat dalam kenyamanan pekerja memberikan dampak yang positif dengan keberlangsungannya pekerja itu terus tetap di sana. Namun terdapat beberapa hal yang tidak bisa ditoleransi saat kamu bekerja. Hal ini mampu memberikan dampak negatif bagi kesehatan mentalmu.

Baca Artikel Kami Lainnya: Bagaimana Cara Mengetahui Dirimu Menikmati Pekerjaanmu Saat Ini?

Sehingga kamu harus tahu kapan harus berhenti dari pekerjaan tersebut. Intinya adalah ketika pekerjaan tersebut banyak memberikan dampak negatif bagi dirimu. Sebaiknya kamu berhenti dari pekerjaan tersebut. Menurut Fast Company, terdapat beberapa tanda yang sudah tidak bisa ditoleransi lagi untuk kamu tetap bertahan di pekerjaanmu itu. Saat pekerjaan tersebut tidak lagi sesuai dengan tujuan, nilai, atau target profesimu yang ingin kamu capai.

Ketika Usahamu Tidak Dihargai

Ketika setiap usahamu tidak dihargai oleh pekerja di sana. Maka hal tersebut sangat fatal jika terus terjadi sampai seterusnya. Tentu saja akan berdampak pada kesulitan untuk bekerja sama satu sama lain dalam menyelesaikan suatu tugas pekerjaan. Perasaan tidak dihargai ini mampu memberikan emosi negatif yang mendalam jika tidak dihentikan. Emosi seperti harga diri yang rendah dan diremehkan mungkin saja menghantui dirinya.

Perlu dipahami bahwa ketika kamu merasa dihargai, maka perilaku mereka akan baik padamu. Saat kamu berbicara, mereka akan mendengarkannya dengan sesama. Ketika kamu berkata, mereka akan mempercayainya. Kemudian ketika kamu bertindak, mereka akan menghormatimu. Mereka menghargai pendapat yang kamu berikan. Ketika dirimu tidak berada di salah satu situasi tersebut, maka kamu akan merasa tidak dihargai oleh orang lain.

Baca Artikel Kami Lainnya: Terbukti Bahwa Pendidikan Menjadi Cara Untuk Melindungi Dari Penurunan Kognitif Di Usia Tua.

Jika kamu bisa mengubah pandangan mereka untuk lebih bisa dihargai, maka akan lebih baik situasi yang di ciptakan. Namun jika kamu sudah berusaha untuk mengubah pandangan mereka dan mereka masih belum bisa menghargaimu. Maka lebih baik kamu berhenti dari pekerjaanmu dan mencari lingkungan yang lebih nyaman. Namun kamu perlu juga mempertimbangkan faktor lainnya untuk keputusan berhenti dari pekerjaan ini. Semua keputusan berada di tanganmu.

Kamu Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Salah satu tanda ketika pekerjaanmu memberikan dampak negatif secara psikologis adalah ketika kamu merasa lelah sepanjang waktu. Bahkan sebelum melakukan pekerjaan tersebut, kamu sudah merasa lelah duluan. Beban pekerjaan yang terlalu berat untukmu, yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jam kerja yang sangat padat hingga mengurangi waktu tidur dan istirahatmu. Pekerjaanmu mampu mengganggu kehidupan pribadimu dan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan mental dan psikismu.

Jika semua situasi tersebut ada pada dirimu saat ini. Mungkin saja pekerjaanmu saat ini tidak tepat untuk dirimu. Perasaan lelah yang terus muncul setiap melakukan pekerjaan akan berdampak buruk pada kondisi mentalmu jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Mungkin saja tingkat stressmu akan meningkat hingga memuncak menjadi burnout.

Tentu saja kondisi ini tidak menyenangkan untuk dirasakan. Tidak memiliki semangat dalam melakukan pekerjaan dan tidak menikmati proses kegiatan menyelesaikan pekerjaan tersebut. Perasaan lelah yang terus muncul memberikan penurunan produktivitas dalam kinerjamu maupun produktivitas dalam menjalani harimu.

Baca Artikel Kami Lainnya: Kamu Ingin Memiliki Growth Mindset. Coba Lakukan Cara Ini.

Jika dalam waktu lama kamu masih saja merasakan lelah tersebut. Ada baiknya kamu mengambil cuti sebentar untuk beristirahat dari lelahnya bekerja.

Tapi jika setelah menjauhkan dari pekerjaanmu sejenak tidak mampu mengembalikan semangat kerjamu. Maka akan lebih baik untuk melakukan konsultasi dengan para ahli yang terkait seperti psikolog. Kamu akan diberikan konseling mengenai permasalahan yang kamu hadapi saat ini.

Mungkin saja terdapat permasalahan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan mampu mempengaruhi produktivitas kerjamu. Atau mungkin saja pekerjaanmu itu yang menjadi penyebab kamu terus merasa lelah.

Sebaiknya kamu konsultasikan dengan para ahli yang terkait untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jika diperlukan mungkin saja kamu harus berhenti dari pekerjaanmu saat ini untuk mendapatkan semangat hidupmu kembali.

Kamu Tidak Bisa Berkembang, Tidak Bisa Mempelajari Hal Baru

 

Beberapa orang yang berhenti dari tempat pekerjaan tersebut, beralasan bahwa dirinya tidak memiliki peluang untuk berkembang di tempat pekerjaan tersebut. Seperti pekerjaan tersebut tidak memberikan tantangan yang cukup untuk mengembangkan diri. Tidak terdapat jaminan promosi jabatan ataupun pengalaman baru lainnya yang mampu memberikan pengalaman yang bermakna selama bekerja di sana.

Hal tersebut mungkin menjadi faktor bahwa pengembangan diri di tempat kerja juga mempengaruhi seseorang untuk tetap bertahan atau tidak dalam pekerjaan tersebut. Perlu dipahami bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang memiliki tantangannya tersendiri.

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang tantangan itu tersendiri. Ada orang yang menganggap bahwa tantangan tersebut menjadi pembelajaran untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik. Sedangkan orang lain lebih menyukai zona nyaman mereka.

Artikel oleh: Logos Indonesia.