Masih Bingung Cara Menolak Panggilan Kerja? Ikuti Tips Sopan Tolak Interview Kerja Ini

Menolak panggilan kerja boleh-boleh saja, asalkan menggunakan bahasa yang sopan dan beretika. Ikuti tips sopan tolak interview kerja ini.

Tips dan Trik3545 Views

Logos Indonesia – Siapa sih yang tidak senang jika ada panggilan kerja? Tentunya, para jobseekers menunggu mendapatkan panggilan kerja. Namun, jika kamu di posisi terkendala untuk melakukan interview, pasti bingung cara menolaknya dengan sopan.

Pada dasarnya, menolak interview kerja boleh-boleh saja, asalkan ada alasan yang logis supaya pihak HRD memahaminya. Menolak sesuatu, apalagi panggilan kerja harus sesopan mungkin dan sesuai dengan etika supaya jobseekers  lebih dihargai dan tidak menyakiti pihak pemanggil kerja.

Berikut adalah bebeapa tips sopan yang bisa kamu terapkan untuk menolak interview kerja sesuai etika. Namun, sebelumnya simak dahulu alasan kenapa kamu harus menolak panggilan kerja itu.

Beberapa Alasan yang Memungkinkan untuk Menolak Interview Kerja

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Boleh-boleh saja menolak panggilan dan interview kerja dengan alasan yang logis tentunya. Artinya, kamu tidak boleh sembarangan membuat alasan yang kurang logis dan tidak sesuai dengan kondisimu saat itu.

Berikut adalah alasan yang memungkinkan untuk menolak interview kerja.

Respon Perusahaan Cukup Lama

Salah satu alasan jobseekers menolak kerja, umumnya karena respon perusahaan yang terlalu lama. Respon peusahaan yang terlalu lama membuat pelamar kerja sudah tidak berharap akan mendapatkan panggilan kerja di peusahaan tersebut.

Bisa jadi, begitu lamanya respon perusahaan membuat, pelamar keja sudah bekerja di tempat lain. Respon perusahaan yang terlalu lama ini bisa menjadi alasan yang logis pelamar kerja menolak interview kerja.

Budaya Kantor yang Kurang Cocok dengan Kondisimu

Photo by Alex Kotliarskyi on Unsplash

Budaya kantor menjadi satu alasan pelamar kerja menolak panggilan kerja. Itu karena budaya kantor dinilai mempengaruhi kinerja seseorang. Saat ini dengan adanya perkembangan dunia digital, budaya kerja suatu perusahaan dapat diriset melalui website atau melihat review dari pelamar lain sebelum melakukan interview kerja.

Ada Panggilan Kerja Lainnya yang Menarik

Bagi jobseekersi, tentunya tidak hanya melamar kerja di satu perusahaan saja. Pelamar kerja melamar kerja ke berbagai perusahaan bahkan ratusan lowogan kerja. Jika ada tawaran kerja yang menarik dari perusahaan lain, pastinya pelamar kerja akan menerima tawaran tersebut daripada menunggu panggilan interview kerja yang begitu lama.

Baca artikel kami lainnya: Kamu Sering Melakukan Prokrastinasi? Berikut Tips Menghindarinya

Tips Sopan untuk Menolak Interview Kerja Sesuai dengan Etika

Memang menolak panggilan kerja itu sulit karena budaya orang timur yang selalu mendahulukan sopan santun dan etika. Namun, kamu tidak perlu cemas, ada beberapa tips yang dinilai sopan untuk menolak interview kerja. Berikut tips sopan yang bisa kamu ikuti untuk menolak interview kerja.

Segerakan untuk Melakukan Konfirmasi Penolakan Interview Kerja

Photo by charlesdeluvio on Unsplash

Disarankan sebelum menolak panggilan kerja, pikir-pikir dahulu supaya tidak menyesal di kemudian hari. Jika kamu sudah mantap dan memutuskan untuk tidak menerima panggilan kerja tersebut, segeralah melakukan konfirmasi penolakan interview kerja.

Konfirmasi penolakan yang dilakukan dengan segera dapat membantu perusahaan untuk mencari kandidat lainnya. Dengan begitu konfirmasimu tetap dihargai sebagai bentuk perhatian terhadap perusahaan.

Gunakan Bahasa yang Sopan dan Tidak Menyakiti

Photo by Solen Feyissa on Unsplash

Terkadang, pemilihan bahasa untuk menolak sesuatu cukup membingungkan, apalagi untuk menolak interview kerja. Pastikan, gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyakiti perusahaan ketika membalas panggilan kerja. Terlebih dahulu, ucapkan kata teima kasih kepada perusahaan karena telah memilihmu menjadi kandidat.

Berikut contoh bahasa yang sopan dan tidak menyakiti perusahaan untuk konfirmasi penolakan interview kerja.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan peluang yang diberikan. Namun, mohon maaf karena saya belum bisa memenuhi panggilan interview kerja yang sudah dijadwalkan. Hal tersebut disebabkan oleh ketidaksesuain deskripsi pekerjaan dengan tujuan karier yang ingin saya capai.

 Sekali lagi mohon maaf dan sukses selalu untuk perusahaan Bapak/Ibu.

 Pastikan, Alasan yang Diberikan Logis

Photo by Hassan OUAJBIR on Unsplash

Berikan alasan yang logis dan tidak menyakiti perusahaan ketika kamu melakukan konfirmasi untuk tidak bisa hadir di interview kerja. Hindari alasan yang tidak masuk akal dan mengada-ada supaya kamu tetap terlihat profesional dalam mengambil keputusan.

Gunakan bahasa yang sopan dan jujur ketika membuat alasan. Namun, jangan berikan alasan yang terlalu detail supaya kamu tetap dihargai oleh perusahaan. Disarankan untuk mempelajari beberapa bahasa penolakan yang sesuai etika.

 Usahakan Tetap Menjalin Hubungan Baik

Photo by Constantin Wenning on Unsplash

Menolak panggilan interview kerja bukan berarti kamu tidak bisa menjalin hubungan baik dengan perusahaan. Usahan tetap menjalin hubungan baik dengan perusahaan supaya di lain waktu kamu bisa bekerja sama dalam pekerjaan yang lain.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengucapkan kata terima kasih dan permintaan maaf karena telah melakukan penolakan. Usahakan berikan kesan baik di mata HRD supaya kamu terlihat beretika dan sopan. Hubungan baik penting dalam dunia kerja untuk menghindari black list.

Itulah tips sopan untuk melakukan penolakan menghadiri interview kerja yang sudah dijadwalkanoleh HRD. Menolak tawaran kerja diperbolehkan, asalkan kamu tetap memperhatikan etika dan sopan santun. Gunakan bahasa yang sopan ketika melakukan konfirmasi penolakan panggilan kerja.