Mengenal Lebih Jauh tentang Konseling Online untuk Berbagai Kebutuhan

Untuk mendukung kesehatan mental yang lebih baik, saat ini tersedia berbagai opsi konseling. Salah satunya adalah konseling online.

Konseling678 Views

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental adalah hal yang tak kalah pentingnya. Meskipun seseorang memiliki fisik yang sehat, tanpa dukungan kesehatan mental yang baik, berbagai aktivitasnya tentu akan terganggu. Individu bisa dikatakan sehat secara mental bukan hanya ketika orang tersebut bebas dari gangguan jiwa saja. Ada berbagai faktor lain yang turut menentukan sehat atau tidaknya kondisi mental seseorang.

 

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, seseorang dapat disebut memiliki mental yang sehat ketika dirinya bisa menyadari secara penuh semua potensi yang dia punya, bisa mengelola stres dengan baik, memiliki produktivitas yang baik dalam pekerjaan dan aktivitasnya sehari-hari, serta memiliki kemampuan untuk ikut berperan aktif dalam komunitasnya.

Sayangnya, kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental masih sangat rendah di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per bulan Juni 2020 silam, ada setidaknya 227 ribu kasus kesehatan mental di Indonesia. Peningkatan terus terjadi, apalagi dengan adanya pandemi.

Untuk mendukung kesehatan mental yang lebih baik, saat ini tersedia berbagai opsi konseling. Salah satunya adalah konseling online. Apa itu konseling online? Bagaimana cara kerjanya? Siapa saja yang dapat memanfaatkan fasilitas ini? Simak ulasan berikut ini!

Bagian 2 : Fenomena Konseling Online