Sejarah dan Fenomena Konseling Online Indonesia

Fenomena konseling online makin populer karena berbagai alasan. Bukan hanya karena teknologi saja, tetapi juga karena kebutuhan meningkat

Konseling2038 Views

Ini adalah Artikel bagian 2 membahas Konseling Online, bagian itu bisa baca disini:

Mengenal Konseling Online

Sebelum internet berkembang pesat seperti sekarang, konseling psikologi umumnya dilakukan langsung di tempat praktik dokter kejiwaan atau psikolog. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya kebutuhan konseling, saat ini konseling online mulai tersedia di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Konseling online sendiri sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Fenomena ini muncul pertama kali pada tahun 1960 dan 1970 lewat software Eliza and Parry. Saat pertama kali muncul, konseling online hanya dilakukan dengan menggunakan teks.

Saat ini, media yang digunakan untuk konseling online makin beragam. Tidak hanya berbasis teks saja, tersedia juga konseling online dengan media audio (lewat telepon atau telepon internet) dan audiovisual (lewat video conference).

Fenomena konseling online makin populer karena berbagai alasan. Bukan hanya karena teknologi saja, tetapi juga karena kebutuhan akan konseling yang makin meningkat (terutama setelah pandemi COVID-19 melanda). Ketersediaan media konseling secara virtual ini juga memberi kesempatan kepada lebih banyak orang yang tidak memiliki akses ke tenaga profesional kesehatan mental untuk bisa melakukan konseling.

Beberapa manfaat konseling online adalah:

  • Memberi kesempatan pada lebih banyak orang untuk melakukan konseling tanpa khawatir dengan pandangan orang di sekitar mereka. Ketika individu merasa tidak nyaman untuk pergi langsung ke psikolog, jasa konseling online bisa menjadi opsi yang memudahkan.
  • Meski banyak orang menganggap konseling langsung lebih memuaskan, ada sebagian yang merasa lebih nyaman membicarakan tentang perasaan, masalah personal, dan rencana-rencana mereka secara online ketimbang langsung dengan tatap muka.
  • Lebih nyaman. Lewat terapi online, pasien bisa merasa nyaman memilih tempat yang mereka suka. Tidak harus datang langsung ke rumah sakit, klinik, atau tempat praktik terapis, mereka bisa melakukan terapi di rumah.

Berbagai kemudahan dan aksesibilitas ini memungkinkan lebih banyak orang untuk mendapatkan terapi atau konseling. Selain itu, penyedia jasa konseling juga bisa memperluas jangkauan dan layanan mereka tanpa harus terbatas pada tempat praktik saja.

Logos Indonesia menyediakan layanan jasa tes psikologi online untuk melihat tingkat kesehatan mental sebagai landasan pemeriksaan psikologi.

Comment