Tips Menjaga Kesehatan Mental

Mental yang sehat dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya untuk bekerja lebih baik. Berikut tips cara menjaga kesehatan mental.

Klinis3072 Views

Teman-teman pasti sudah tahu ya bahwa kesehatan terbagi menjadi dua, yaitu; kesehatan jasmani dan kesehatan ruhani. Kesehatan jasmani menyangkut segala kesehatan yang berkaitan dengan fisik manusia. Sedangkan kesehatan ruhani adalah kesehatan secara sipritual dan kesehatan mental.

 

Jika kita ingin menjaga kesehatan jasmani maka kita perlu menjaga pola makan. Tapi bagaimana cara kita menjaga kesehatan mental? apa dengan menjaga pola makan? nyatanya banyak dari kita yang hidup serba pas-pasan, makan apa adanya, namun mental mereka aman aman saja tuh.

Yups, karena kesehatan mental itu adalah kesehatan jiwa seseorang, maka yang diatur bukanlah pola makan, Akan tetapi pola hidup. Dari sini teman-teman seolah sudah tahu ya, bahwa untuk menjaga kesehatan mental ya dengan menjaga pola hidup. Tapi nyatanya banyak dari teman-teman yang bingung, darimana kita harus memulai atau mengawali menjaga pola hidup itu sendiri.

Berikut tips menjaga kesehatan mental ala oleh Carol Ryff agar teman-teman semua mempunyai mental yang sehat dan kuat dalam menjalai gejolak kehidupan.

Mampu Menerima Diri Sendiri

Kalau kita fikir-fikir ini adalah hal spele, namun banyak dari kita yang belum 100% bisa menjalaninya. Padahal kita tahu bahwa setiap manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hanya saja kita sulit sekali untuk menerima kekurangan diri sendiri.

Ketidakmampuan kita dalam menerima kekurangan, kesalahan, sifat diri kita sendiri menjadikan kita selalu overthinking. Sebuah kondisi dimana kita terlalu berlebihan dalam menyikapi point minus yang kita punya. Namun kita tidak memikirkan solusinya, hanya berangan-angan “andai saja, andai saja” dan seterusnya.

Pola kehidupan yang seperti itu sangat mengganggu kesehantan mental teman-teman. Karena terlalu sering memikirkan kekurangan diri sendiri, teman-teman menjadi orang yang pesimis untuk menerima tantangan atau sesuatu yang baru. Semakin sering kita pesimis, maka semakin menurun pula mental kita sehingga kita sulit untuk mempunyai mental yang kuat.

Mengembangkan Potensi Diri

Menjadi pribadi yang terus bertumbuh dan berkembang adalah impian semua orang. Nah ternyata, sikap optimis untuk selalu mengembangkan diri, terbuka dengan sesuatu yang baru, memperbaiki diri dan perilaku memberikan energi positif terhadap mental seseorang.

Jadi, bagi kalian yang ingin sehat mental, maka jangan berhenti di satu keadaan saja, teruslah berusaha untuk mengembangkan apa yang sudah kalian bisa. Jangan takut untuk mencoba hal baru, karena dengan hal baru itulah teman-teman mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang potisif untuk perkembangan mental teman-teman.

Berpegang Dengan Tujuan Hidup

Janganlah menjadi air di atas daun talas, bergerak kesana kemari hanya mengikuti arus tanpa mengerti tujuan dari semua yang dilakukan. Orang-orang sukses semuanya memiliki mental yang sehat karena mereka memiliki tujuan hidup dan mereka menjadikan tujuan hidupnya sebagai acuan dalam mengambil langkah. Mengerti tentang jalan hidup yang kita jalani sama saja dengan kita memberikan stimulus positif terhadap mental kita.

Menjalin Hubungan Positif Dengan Orang Lain

Memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, seperti rasa saling percaya, rasa simpati dan empati, kasih sayang dan hubungan yang kuat akan memberikan energi balik yang positif bagi diri kita, terutama mental kita. Hubungan yang baik juga bisa dalam bentuk komunikasi dengan orang lain. Menjalin komunikasi yang hangat, seperti bercerita, curhat, meminta pendapat dapat mengurangi stress yang kita rasakan. Semakin turun rasa stress yang kita terima, maga mental juga berangsur-angsur menjadi lebih sehat dan kuat.

Mengontrol Emosi

Menjadi pribadi yang terlalu sensitif sangatlah merepotkan dan menguras pikiran. Dalam beragama pun kita diajarkan untuk selalu mengontrol emosi. Dalam Islam misalnya, ketika seseorang marah maka hendaknya mengambil wudlu untuk meredakan emosi, atau yang paling mudah adalah dengan rebahan atau berbaring.

Pikiran dan emosi ternyata juga mempengaruhi kesehatan jiwa dan raga. Emosi yang berlebih (seperti tertekan dan marah) dapat menguras energi mental. Kondisi tersebut memberikan dampak negatif baik pada kesehatan mental dan kesehatan tubuh.