Bagaimana Cara Membuat CV yang Menarik Bagi HRD dan Diterima Kerja – Bagian 2 Selesai

Bagian 1: Bagaimana Cara Membuat CV

Curriculum Vitae atau yang sering kita singkat CV adalah sebuah dokumen yang menggambarkan data diri, pengalaman, dan kulaifikasi lainnya pada seseorang. Pelamar kerja wajib melampirkan CV ketika hendak melamar sebuah pekerjaan atau mengenalkan diri kepada sebuah perusahaan dan instansi tertentu.

6 Point Penting Dalam Sebuah CV

Dalam mebuat CV agar lolos kerja ada enam point penting yang harus teman-teman lengkapi di dalam sebuah CV. Dengan membaca enam point tersebut team HRD Perusahaan bisa memahami bagaimana karakter kamu nantinya. 6 point penting yang harus ada dalam CV adalah:

Deskripsi Diri

Deskripsi diri merupakan point pertama yang menginformasikan diri kamu secara singkat namun penuh informasi. Apa saja yang harus ditulis dalam deskripsi diri? deskripsi diri yang baik dan benar berisikan antara lain:

  • Nama Lengkap
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Alamat / Domisili
  • Kontak / No Telefon
  • Email

Riwayat Pendidikan

Tingkat pendidikan memang menjadi pertimbangan pada seleksi calon karyawan baru pada peruahaan tertentu. Oleh karena itu teman-teman perlu melampirkan tentang riwayat pendidikan. Meski judulnya adalah riwayat pendidikan, teman-teman tidak perlu melampirkan semua jenjang pendidikan yang teman selesaikan, cukup lampirkan riwayat pendidikan terakhir yang sesuai dengan perusahaan yang akan teman tempati.

Riwayat Kerja

Pada perusahaan tertentu terkadang mereka lebih memilih calon karyawan yang sudah memiliki penglaman kerja baik yang linier atau non-linier. Bagi perusahaan, calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja diharapkan mampu memberikan sumbangsih tenaga dan fikiran secara optimal. Selain itu calon karyawan yang memiliki pengalaman kerja biasanya mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

Teman-teman bisa melampirkan pengalaman kerja yang linier (sejalan dengan posisi yang akan teman tempati nantinya) di paling atas atau pertama. Baru selanjutnya adalah pengalaman kerja lain yang teman miliki. Contoh, misal teman hendak melamar kerja di bagian teknisi, maka jika teman mempunyai pengalaman kerja di bidang teknisi bisa melampirkannya di awal.

Riwayat Organisasi

Pengalaman dalam berorganisasi akan menjadi nilai tambah bagi pelamar kerja. Maka, buatlah daftar riwayat organisasi yang memberikan gambaran yang bagus terhadap team HRD Perusahaan. Adapun tips dalam menulis riwayat organisasi adalah:

  • Tulis nama organisasi
  • Tulis nama posisi dan tahun jabatan
  • Deskripsikan tanggung jawab dan pencapaian dalam posisi atau jabatan tersebut
  • Sesuaikan dengan posisi yang dilamar

Penghargaan

Tidak semua orang berhak mendapatkan penghargaan, jika kamu slaah satu orang yang mendapatkan penghargaan pada suatu bidang berarti kamu adalah orang pilihan. Teman-teman bisa melmapirkan penghargaan yang ada sebagai nilai tambah di mata HRD agar mereka yakin bahwa teman-teman adalah pelamar kerja pilihan.

Skill / Kemampuan

Skill atau kemampuan adalah bagian penting yang harus dimiliki oleh pelamar kerja. Pelamar kerja tanpa skill dan kemampuan khusus tidak menarik di mata HRD. 3 macam skill yang perlu teman-teman lampirkan ada 3, yaitu:

  • Personality, yaitu kemampuan seseorang dalam berekasi dan berinteraksi dengan individu lain.
  • Bahasa, yaitu kemampuan dalam berkomunikasi sesama individu atau team.
  • Komputer, yaitu kemampuan khusu dalam melakukan komputasi atau mengoperasikan komputer dan software.

Demikian adalah Tips dari Logos Indonesia

Comments are closed.