HRD Wajib Tahu : Pentingnya Employee Wellness Program

Employee wellness program tidak berhenti pada pemberian atau pelaksanaan program itu sendiri, melainkan memastikan apakah karyawan mendapatkan manfaat dari program tersebut atau tidak.

PIO2315 Views

Logos IndonesiaEmployee wellness program merupakan program penting yang dijalankan oleh perusahaan untuk menunjukkan rasa peduli terhadap karyawan. Berbagai tekanan dan deadline tugas yang tidak ada habisnya menjadikan karyawan rawan mengalami stress kerja.

Stress kerja merupakan respon tubuh yang normal saat dihadapkan dengan situasi kerja yang sedang tidak kondusif. Namun, stress kerja yang tidak mendapatkan penanganan tepat dapat berujung pada berbagai penyakit mental lainnya. Untuk itulah employee wellness program menjadi penting dilaksanakan oleh setiap perusahaan.

Pada artikel ini kami akan membahas secara lebih detail mengenai employee wellness program, mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara membuat employee wellness program.

Apa Itu Employee Wellness Program?

Apa Itu Employee Wellness Program

Seperti yang dilansir pada artikel terbitan gramedia.com, employee wellness program merupakan program yang dirancang oleh perusahaan dengan tujuan meningkatkan performa kerja melalui upaya pemeliharaan kesehatan fisik dan mental karyawan.

Perancangan employee wellness program ini umumnya akan disusun berdasarkan kebutuhan masing-masing perusahaan. Program Kesehatan tidak hanya mengenai implementasi, melainkan monitoring dan juga evaluasi. Cari umpan balik dari karyawan yang merasakan agenda dengan mengisi survey.

Dengan demikian employee wellness program tidak berhenti pada pemberian atau pelaksanaan program itu sendiri, melainkan memastikan apakah karyawan mendapatkan manfaat dari program tersebut atau tidak.

Manfaat Employee Wellness Program

Manfaat Employee Wellness Program

Mengadakan employee wellness program memiliki tujuan awal untuk membentuk karyawan yang sehat secara fisik maupun mental. Namun, dibalik karyawan yang sehat terdapat banyak sekali manfaat baik bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Berikut beberapa manfaat dari employee wellness program:

Meningkatkan produktivitas kerja

Karyawan yang sehat secara fisik dan mental memiliki kemampuan untuk berpikir dengan baik. Dengan demikian, kemampuan dalam bekerja juga akan meningkat. Hal ini akan berdampak baik bagi produktivitas kerja. Karyawan yang memiliki tubuh sehat dan bugar memiliki fokus dan motivasi yang baik dalam menyelesaikan tugas.

Mengurangi stress

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, karyawan rentan terhadap stress akibat banyaknya tuntutan yang diberikan pada mereka. Untuk mengatasi stress tersebut dapat dilakukan dengan pengadaan employee wellness program. Aktivitas seperti olahraga teratur dan meditasi dapat membantu karyawan untuk menghilangkan stress kerja.

Mengurangi turnover karyawan

Turn over karyawan umumnya terjadi karena karyawan merasa tidak puas dengan tempat kerja mereka. Dengan mengadakan employee wellness program, karyawan akan merasa dimengerti dan diperhatikan. Hasilnya akan timbul perasaan nyaman dan minat kerja yang bertambah pada perusahaan tersebut.

Baca Artikel Kami Lainnya : HRD Wajib Tahu Ini Dia Jenis Pelatihan Penting Bagi Karyawan

Meningkatkan moral karyawan

Adanya employee wellness program, karyawan akan diperhatikan secara fisik maupun mental. Dengan demikian, karyawan akan dijauhkan dari hal-hal negatif yang mengganggu pikiran mereka. Penanaman pemikiran positif juga akan terjadi pada karyawan. Pemikiran positif ini akan membentuk lingkungan kerja yang baik dan menyenangkan antar sesama karyawan.

Cara Membuat Employee Wellness Program

Cara Membuat Employee Wellness Program

Umumnya employee wellness program akan disusun dan dilaksanakan oleh HRD. Namun tidak menuntut kemungkinan perusahaan menggunakan jasa Konsultan HRD dalam pelaksanaan program ini. Tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Meski demikian, terlepas dari siapa yang melaksanakan program ini, sebaiknya melalui beberapa cara berikut ini:

Mengenali karyawan

Sebagai seorang HRD, sudah sepantasnya Anda mengenal karyawan dengan baik. Untuk menyelenggarakan employee wellness program sendiri dibutuhkan pengetahuan tentang apa yang dibutuhkan oleh karyawan. Dengan demikian, program yang disusun akan sesuai dengan kebutuhan karyawan pada perusahaan tersebut.

Menentukan tujuan program

Setelah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan karyawan, Anda bisa menentukan tujuan dari program yang disusun. Tujuan ini akan berhubungan dengan persetujuan yang nanti akan dikeluarkan oleh manajemen. Dengan demikian, HRD perlu memikirkan tujuan yang tepat.

Tujuan program sebaiknya secara umum sejalan dengan peningkatan revenue serta memberikan dampak positif bagi karyawan dan perusahaan. Jika seperti itu, kemungkinan besar akan mendapatkan persetujuan dari manajemen.

Membuat anggaran program

Membuat anggaran program tidak kalah penting dari yang lain. Pasalnya, anggaran harus disesuaikan dengan keperluan dan kemampuan perusahaan. Pengelolaan anggaran harus dilakukan secara bijak dan dapat mengakomodasi rincian dari employee wellness program yang akan disusun nantinya. Tanpa adanya alokasi anggaran yang baik, program ini juga tidak bisa terlaksana sesuai dengan rencana yang ada.

Menyusun employee wellness program dan program pendukung

Tidak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi program dalam pelaksanaan employee wellness program. Dengan demikian dampaknya akan berlipat ganda.

Dalam menyusun employee wellness program, HRD perlu menyesuaikan langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya. Yaitu dengan kebutuhan karyawan, tujuan program, dan anggaran yang dikeluarkan. Dengan demikian, program yang disusun akan tepat sasaran.

Jika perlu, Anda bisa menyiapkan penghargaan bagi karyawan yang berhasil menyelesaikan employee wellness program dengan baik. Hal ini bisa diungkapkan di awal dan menjadi penyemangat bagi karyawan dalam menjalani employee wellness program.

Pelaksanaan dan evaluasi

Setelah berhasil menyusun serangkaian employee wellness program, Anda bisa melaksanakan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Jangan lupa melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program tersebut. seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa employee wellness program bukan hanya sekedar pelaksanaan, melainkan juga memastikan apakah karyawan mendapatkan manfaat dari program tersebut atau tidak.

Baca Artikel Kami Lainnya : HRD Wajib Tahu : Ini Dia Kata Motivasi yang Bisa Menjadi Pemicu Semangat Karyawan