Mengenal Tes Kepribadian DISC

Tes DISC merupakan salah satu tes kepribadian yang cukup sering digunakan di dunia industri organisasi. Tes ini dapat mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan tipe kepribadian DISC, yaitu dominance, influence, steadiness, dan compliance.

Kerpibadian, PIO5888 Views

Logos Indonesia – Apakah kamu pernah membeli skincare yang dipromosikan oleh selebgram, padahal kamu tidak benar-benar membutuhkannya. Tapi karena caranya mempromosikan membuat kamu seakan terhipnotis. Bisa jadi selebgram itu memiliki kepribadian Influence.

Untuk mengetahui hal tersebut kamu bisa melakukan Tes Kepribadian DISC. Pada artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Tes DISC, aspek yang diungkap dari Tes DISC, hingga penggunaan Tes DISC dalam dunia industri organisasi.

Apa Itu Tes DISC?

Apa Itu Tes DISC

Tes DISC merupakan salah satu tes kepribadian yang cukup populer di Indonesia. Saat ini sudah cukup banyak biro layanan psikologi yang menyediakan tes ini dalam salah satu rangkaian psikotes yang dimiliki. Selain itu, psikotes online juga sudah banyak yang menyediakan tes DISC ini.

Namun, sebelum menjadi sepopuler sekarang, tes DISC sudah melalui rangkaian penelitian. Pertama kali teori DISC ini diperkenalkan pada tahun 1928 oleh William Moulton Marston di dalam bukunya yang berjudul Emotions of Normal People.

Marston menjelaskan bahwa kepribadian seseorang dapat dikategorikan ke dalam 4 tipe, yaitu dominance, influence, submission, dan compliance. Meskipun teori mengenai DISC sudah ada sejak tahun 1928, namun tes kepribadian yang menggunakan teori ini baru dikembangkan pada tahun 1956 oleh Walter V. Clarke.

Aspek Tes DISC

Aspek dari Tes DISC sendiri disusun berdasarkan tipe kepribadian yang ada pada teori DISC. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tipe kepribadian tersebut terdiri dari dominance, influence, steadiness, dan compliance. Berikut penjelasannya:

Kepribadian D (dominance)

Orang dengan tipe kepribadian D cenderung ambisius, mandiri, dan juga tegas. Mereka akan menjadikan tantangan sebagai hal yang membuatnya berkembang. Tipe kepribadian yang satu ini merupakan tipe kepribadian yang cocok untuk memimpin suatu kelompok atau tim tertentu.

Kelebihan dari tipe kepribadian dominance yaitu memiliki kemampuan komunikasi langsung yang baik, fokus terhadap hasil dan harapan, tegas dalam mengambil keputusan, menyukai tantangan dan dapat berkembang karenanya, mampu mengarahkan orang lain, dan mampu mengekspresikan keinginan untuk kontrol dan otonomi.

Kelemahan dari tipe kepribadian dominance yaitu memerlukan banyak detail untuk menyelesaikan masalah sederhana, tidak melibatkan orang lain dalam pemecahan masalah karena menginginkan solusi sesegera mungkin, tidak sabar dalam memberikan instruksi, suka mengkritik orang lain, dan dapat mengakibatkan stress kerja akibat desakan yang mereka lakukan.

Kepribadian I (influence)

Tipe kepribadian I merupakan individu yang menyenangkan. Mereka memiliki daya tarik tersendiri untuk dapat mempengaruhi orang lain. Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang percaya diri, mudah didekati, dan menarik.

Kelebihan dari tipe kepribadian influence ini yaitu mementingkan hubungan dan interaksi pribadi, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ekspresif dan emosional, dapat memotivasi orang lain, membawa energi dan perasaan yang positif, dan mampu menggunakan jadwal fleksibel dan pendekatan terbuka untuk manajemen waktu.

Kelemahan dari tipe kepribadian influence yaitu terlalu optimis terhadap situasi dan orang lain, menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang lain, terlalu percaya akan firasat dibandingkan melakukan perencanaan, susah fokus karena terganggu dengan banyaknya ide, dan kesulitan untuk membatasi interaksi dengan orang lain.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Kepribadian Big Five Personality

Kepribadian S (steadiness)

Tipe kepribadian S merupakan orang-orang yang cenderung pendiam, konsisten, dan setia dalam hubungan mereka. Mereka dengan kepribadian ini merupakan individu yang menghargai pendapat orang lain, memiliki emosi yang stabil, dan mampu menjadi pendengar yang baik.

Kelebihan dari tipe kepribadian steadiness adalah suka membantu dan selalu memeriksa kembali tugas yang dikerjakan, mampu menghargai pendapat orang lain, memiliki kesabaran dan pengertian yang baik, memberikan feedback secara berkala, dan memperhatikan kebutuhan orang lain.

Kelemahan dari tipe kepribadian steadiness adalah kesulitan untuk mengkomunikasikan hal negatif kepada orang lain, terlalu pasif saat dibutuhkan ketegasan, dan menunda keputusan yang melibatkan konflik pribadi.

Kepribadian C (compliance)

Tipe kepribadian terakahir adalah compliance. Tipe kepribadian C ini merupakan individu dengan ketertarikan pada proses, terstruktur, dan aturan yang ada. Mereka merupakan individu yang skeptis dan menggunakan logika untuk membuat keputusan secara objektif.

Kelebihan dari tipe kepribadian compliance yaitu meluangkan waktu untuk mengambil keputusan terbaik, melakukan proses sesuai dengan prosedur yang ada, menyukai analisis dalam jumlah besar, dan memberikan tugas kerja secara tertulis dan meminta umpan balik tertulis.

Kelemahan dari tipe kepribadian compliance yaitu memerlukan banyak waktu untuk mengambil keputusan, memiliki dorongan untuk mengkritik orang lain jika tidak bekerja sesuai standar mereka, dan menggunakan solusi yang rumit untuk masalah sederhana.

Tes DISC Dalam Dunia Industri Organisasi

Tes DISC ini sangat bermanfaat dalam dunia industri organisasi, diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan pribadi, termasuk bagaimana menanggapi konflik, penyebab stres, apa yang menjadi motivasi, serta bagaimana respon dalam menyelesaikan masalah. Hal tersebut menjadikan Tes DISC menjadi tes kepribadian favorit bagi banyak HRD di luar sana.

Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa Tes DISC merupakan salah satu tes kepribadian yang cukup sering digunakan di dunia industri organisasi. Tes ini dapat mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan tipe kepribadian DISC, yaitu dominance, influence, steadiness, dan compliance.

Untuk dapat mengikuti Tes Kepribadian DISC, kamu bisa melakukan psikotes atau psikotes online yang diselenggarakan oleh biro konsultasi psikologi yang terpercaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes RMIB Serta Tujuan dan Aspek Pekerjaannya