HRD Wajib Tahu : Ini Dia Manfaat Tes DISC Bagi Perusahaan

Tes DISC umumnya digunakan untuk proses rekrutmen karyawan. Namun, selain itu, tes ini juga sering digunakan untuk promosi jabatan, atau training karyawan. Tentu saja hal ini karena tes DISC memiliki banyak manfaat.

Kerpibadian, PIO3775 Views

Logos Indonesia – Cukup banyak jenis psikotes yang digunakan di dunia kerja. Psikotes umumnya digunakan untuk proses rekrutmen karyawan. Meski demikian, tidak jarang psikotes justru digunakan diluar proses rekrutmen. Tujuannya adalah untuk mengetahui kepribadian atau bahkan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan.

Salah satu psikotes yang cukup umum digunakan di dunia kerja adalah tes DISC. Tes DISC sendiri merupakan salah satu tes kepribadian yang mampu mengungkap 4 profil kepribadian seseorang, yaitu dominance, influence, steadiness, dan conscientiousness.

Kepribadian dominance merupakan tipe kepribadian yang sering disandingkan dengan jiwa kepemimpinan yang baik. Mereka memiliki rasa percaya diri yang tinggi, jujur, dan cenderung menuntut.

Kepribadian influence merupakan tipe kepribadian yang mampu mengarahkan orang lain untuk mengikuti apa yang mereka inginkan. Mereka memiliki antusias, optimis, dan energi yang besar untuk berinteraksi dengan orang lain.

Kepribadian steadiness merupakan tipe kepribadian yang dikenal akan ketenangannya. Mereka merupakan individu yang setia dan dapat diandalkan. Selain itu, tipe kepribadian ini adalah orang yang jujur.

Kepribadian conscientiousness merupakan tipe kepribadian yang sangat peduli dengan akurasi atau ketepatan. Mereka adalah orang yang mandiri, detail, dan takut berbuat kesalahan walau sekecil apapun.

Tes kepribadian DISC sangat populer di dunia kerja karena berbagai manfaat yang ada di dalamnya. Adapun manfaat dari tes DISC yaitu:

Mencocokan Kepribadian Dengan Pekerjaan

Mencocokan Kepribadian Dengan Pekerjaan

Seperti tujuan penggunaan psikotes pada proses rekrutmen pada umumnya, tes DISC dapat berguna untuk mencocokkan kepribadian dengan posisi yang dibutuhkan. Menempatkan seseorang sesuai dengan kepribadian yang dimiliki dapat mengurangi kemungkinan stress kerja. Selain itu, kinerja kerja akan lebih baik karena pekerjaan yang didapatkan sesuai dengan diri karyawan tersebut.

Mengetahui kepribadian karyawan sangat penting bagi perusahaan. Dengan begitu, baik atasan maupun HRD dapat memperlakukan dan menempatkan karyawan sesuai dengan kepribadian yang dimiliki. Misalnya untuk karyawan dengan kepribadian influence dapat ditempatkan sebagai sales atau marketing karena kemampuan mereka untuk mempengaruhi orang lain.

Meningkatkan Kekompakkan Tim

Tahukah Anda bahwa tes DISC dapat digunakan untuk meningkatkan kekompakkan tim. Cara meningkatkan kekompakkan tim adalah dengan memulai komunikasi yang baik. Setiap orang tentu memiliki gaya berkomunikasi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda perlu mengetahui kepribadian mereka. Dalam hal inilah tes DISC dapat diandalkan.

Profil DISC mengajarkan individu bagaimana mereka bisa meningkatkan komunikasi dan saling mengerti masing-masing anggota tim. Dengan demikian, setiap anggota tidak hanya minta untuk dimengerti, namun juga bisa saling mengerti satu sama lain.

Baca Artikel Kami Lainnya : DISC : Mengenal Kepribadian Influence dan Pekerjaan yang Cocok

Mengetahui Cara Memotivasi Karyawan

Dunia kerja adalah dunia dimana kita akan bertemu banyak orang dengan karakter yang beragam. Sebagai atasan atau HRD, Anda perlu tahu bagaimana cara untuk memotivasi karyawan dengan karakter yang berbeda-beda tersebut.

Dengan tes DISC Anda dapat mengetahui kepribadian seseorang, sekaligus bagaimana cara memotivasi karyawan Anda. Contohnya untuk karyawan dengan kepribadian dominance yang tidak suka basa-basi, sebaiknya Anda mengatakan tujuan secara to the point.

Mengembangkan Kemampuan Karyawan

Mengembangkan Kemampuan Karyawan

Anda tentu sudah tahu bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, begitu juga dengan tingkat kemampuan yang dimiliki. Tugas seorang HRD adalah membantu karyawan untuk memaksimalkan kemampuan yang dimiliki.

Untuk itu, Anda perlu mengenal karyawan Anda lebih baik. Dengan begitu, Anda tahu kemampuan apa yang perlu ditingkatkan lebih maksimal. Misalnya untuk kepribadian influence, Anda bisa fasilitasi untuk meningkatkan kemampuan pemasaran. Karena, seseorang dengan kepribadian influence memiliki kemampuan untuk menarik orang lain agar melakukan apa yang mereka katakan.

Membangun Hubungan Baik Antar Karyawan

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Tidak mengetahui karakter rekan kerja akan membuat seseorang cenderung salah paham dengan perkataan ataupun tindakan. Sedangkan dengan mengetahui karakter rekan kerja, orang tersebut akan lebih bisa mengerti.

Dengan tes DISC, karakter karyawan akan diungkap. Hal ini tentu akan baik untuk satu sama lain. Misalnya seseorang dengan kepribadian steadiness yang cenderung tenang dan tidak suka terburu-buru, bukan berarti mereka lelet atau terlalu diam. Itu hanya kepribadian mereka saja.

Membantu Evaluasi Karyawan

Dengan menggunakan tes DISC, Anda dapat mengetahui kepribadian karyawan. Termasuk talenta yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Selain itu seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, Anda dapat mengetahui cara yang tepat untuk memberikan motivasi bagi karyawan. Tentu hal ini sangat berguna dalam proses evaluasi karyawan.

Berdasarkan uraian diatas, apakah Anda akan mempertimbangkan tes DISC sebagai bagian dari proses rekrutmen atau media peningkatan karyawan? Jika demikian, tidak ada salahnya untuk memfasilitasi karyawan untuk mengikuti Psikotes atau Psikotes Online. Anda juga bisa mengunjungi Konsultan HRD untuk membantu Anda dalam pengelolaan sumber daya manusia yang Anda miliki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : DISC : Pekerjaan Apa yang Cocok untuk Kepribadian Dominance?