HRD Wajib Tahu : Introvert di Dunia Kerja dan Posisi yang Cocok

Seorang Introvert sangat cocok bekerja sendiri dan tidak dilibatkan dalam kegiatan sosial. Walau tidak memiliki masalah dengan interaksi sosial, namun kegiatan itu akan menguras banyak tenaga mereka.

Kerpibadian, PIO3344 Views

Logos Indonesia – Seorang HRD bertugas untuk mengelola sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Untuk dapat mengelola sumber daya manusia yang ada, HRD perlu peka terhadap kepribadian yang dimiliki oleh karyawannya.

Kepribadian yang umum diketahui masyarakat adalah introvert dan ekstrovert. Dimana kepribadian ekstrovert merupakan tipe yang senang berinteraksi dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Berbeda dengan seorang introvert yang lebih suka menyendiri dan tidak begitu suka keramaian.

Seorang HRD tentu perlu menghadapi kedua kepribadian ini dengan cara yang berbeda-beda. Pada artikel ini, kami akan membahas khusus mengenai introvert dalam dunia kerja, cara menghadapi karyawan introvert, hingga pekerjaan yang cocok bagi introvert.

Introvert Dalam Dunia Kerja

Introvert Dalam Dunia Kerja

Seorang introvert umumnya tidak terasa nyaman jika terlibat dalam tim yang terlalu besar. Mereka kurang suka bersosialisasi, terutama dengan orang-orang atau lingkungan yang baru mereka jumpai.

Seorang introvert juga lebih bisa diandalkan jika bekerja sendiri. Mereka menyukai suasana bekerja yang tenang dan tidak terlalu padat. Selain itu, mereka akan lebih mudah memikirkan ide-ide yang cermat dan segar sebelum memulai tindakan.

Walaupun tidak begitu suka dengan kegiatan bersosialisasi, namun seorang introvert bisa menjadi pendengar yang baik. Mereka pandai menjaga rahasia dan berbicara terus terang sesuai dengan kondisi yang ada.

Seorang introvert memiliki kemampuan yang dapat Anda manfaatkan di dunia kerja. Adapun kemampuan yang dimiliki oleh seorang introvert adalah mereka memiliki ingatan yang kuat dan mampu membuat perencaan yang baik. Selain itu, seorang introvert juga dapat berpikir jernih saat berhadapan dengan masalah dan memiliki kemampuan mengontrol diri yang baik.

Tidak susah bagi seorang introvert untuk fokus. Hal ini dikarenakan mereka tidak mudah terdistraksi oleh gangguan-gangguan eksternal. Mereka juga biasanya berkomunikasi untuk hal-hal yang dianggap penting, dengan demikian pekerjaan mereka dapat selesai lebih cepat.

Kelebihan lain dari seorang introvert adalah mereka dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Hal ini membuat mereka tetap fokus saat bekerja dan tidak terganggu dengan hal-hal diluar pekerjaan, seperti keluarga, percintaan, atau pertemanan.

Cara Menghadapi Karyawan Introvert

Cara Menghadapi Karyawan Introvert

Seorang introvert tidak memiliki masalah bersosialisasi, hanya saja mereka lebih menyukai bekerja sendiri. Untuk membantu karyawan introvert, Anda bisa membantu menemukan patner kerja atau membentuk grup kecil untuk mereka.

Orang dengan kepribadian introvert tidak begitu suka menjadi pusat perhatian, maka ajarkan mereka kemampuan baru secara pribadi. Begitu juga saat memberikan teguran dan penghargaan, lebih baik dilakukan secara empat mata.

Jangan menuntut jawaban secara spontan, hal ini akan membuat seorang introvert tidak bisa berpikir dengan jernih. Beri mereka sedikit waktu untuk menyiapkan jawaban yang Anda minta. Selain itu, jangan memotong pembicaraan seorang introvert, karena untuk memulai saja mereka membutuhkan upaya lebih dibandingkan yang lain.

Walaupun seorang introvert tidak memiliki masalah dengan interaksi sosial, namun jangan memaksa mereka untuk bergabung dalam kelompok besar. Kecuali mereka sendiri yang menawarkan diri. Bergabung dalam kelompok besar akan menguras banyak energi mereka. Hal ini juga tentu membuat mereka merasa tidak nyaman.

Baca Artikel Kami Lainnya : HRD Wajib Tahu : Posisi yang Cocok Bagi Karyawan Ekstrovert

Pekerjaan yang Cocok Bagi Introvert

Pekerjaan yang Cocok Bagi Introvert

Kepribadian introvert cenderung menyukai pekerjaan yang dapat dilakukan secara individu dan tidak melibatkan banyak orang. Meski begitu, kepribadian ini dikenal sebagai pribadi yang mudah fokus dan tidak mudah terdistraksi oleh gangguan eksternal. Berdasarkan kepribadian mereka, berikut pekerjaan yang cocok dengan kepribadian introvert:

Translator

Bekerja sebagai translator memungkinkan seseorang untuk bekerja di rumah. Hal ini dikarenakan tugas translator adalah untuk menerjemahkan suatu kalimat. Selain itu, pekerjaan ini tidak membutuhkan interaksi yang banyak dengan orang lain. Dengan demikian, translator akan cocok untuk seorang introvert.

Editor video

Menjadi editor video memungkinkan seseorang untuk bekerja dimana saja, termasuk di rumah. Pekerjaan ini juga tidak membutuhkan interaksi yang intens. Mereka hanya perlu menuangkan kreativitas yang dimiliki dalam video yang sedang diedit. Tentu saja pekerjaan ini menjadi sangat cocok untuk seorang introvert.

Content writer

Pekerjaan sebagai seorang content writer membutuhkan kemampuan imajinasi dan analisis yang tinggi. Seorang introvert yang menyukai ketenangan dan memiliki kemampuan fokus yang baik akan sangat cocok dengan pekerjaan ini. Selain itu, content writer tidak perlu membangun komunikasi dengan banyak orang.

Design grafis

Sama halnya dengan seorang video editor, seorang design grafis dapat melakukan pekerjaannya di rumah. Selain itu, untuk bekerja mereka hanya perlu berhadapan dengan komputer dan jarang bersosialisasi dengan orang lain. Selama mereka memiliki kemampuan desain dan kreativitas hal ini sudah cukup baik. Dengan demikian, seorang introvert cocok untuk pekerjaan ini.

Masih banyak lagi pekerjaan yang cocok bagi seorang introvert. Selama pekerjaan tersebut tidak untuk berinteraksi dengan banyak orang dan membutuhkan kemampuan fokus yang baik, maka akan cocok dengan kepribadian introvert.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan Anda, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Konsultan HRD. Mereka akan membantu mencari solusi terhadap permasalahan pada sumber daya manusia yang Anda miliki.

Baca Artikel Kami Lainnya : HRD Wajib Tahu : 10 Manfaat Memiliki Karyawan yang Berkualitas