DISC : Mengenal Kepribadian Influence dan Pekerjaan yang Cocok

Kepribadian Influence dikenal juga dengan tipe kepribadian I. Mereka merupakan pribadi yang mampu memberi pengaruh terhadap lingkungan dan orang-orang disekitar mereka.

Kerpibadian, PIO10563 Views

Logos Indonesia – Mengetahui kepribadian karyawan sangat penting bagi seorang HRD. Pasalnya, kepribadian ini dapat disesuaikan dengan posisi yang cocok. Dengan demikian, kinerja kerja akan maksimal, dan karyawan minim akan stress kerja.

Psikotes yang sangat umum digunakan di dunia industri adalah tes DISC (Dominance, Influence, Steadiness, and Compliance) dimana pada tes kepribadian ini dapat mengungkap empat jenis kepribadian yang merupakan kepanjangan dari DISC itu sendiri.

Umumnya tes DISC merupakan bagian dari rangkaian rekrutmen karyawan. Meski demikian, tes ini tidak jarang digunakan untuk proses promosi jabatan dan lain sebagainya. Psikotes yang satu ini merupakan psikotes yang paling sering digunakan setelah tes MBTI untuk proses rekrutmen karyawan.

Salah satu kepribadian yang diungkap dalam tes DISC adalah kepribadian Influence yang akan menjadi topik utama pembahasan dalam artikel ini. Adapun poin yang akan dibahas mengenai pengertian kepribadian Influence, karakteristik kepribadian Influence, kelebihan dan kekurangan kepribadian Influence, hingga pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kepribadian Influence.

Apa Itu Kepribadian Influence?

Apa Itu Kepribadian Influence
Apa Itu Kepribadian Influence

Kepribadian Influence dikenal juga dengan tipe kepribadian I. Mereka merupakan pribadi yang mampu memberi pengaruh terhadap lingkungan dan orang-orang disekitar mereka. Hal ini dikarenakan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan banyak topik pembahasan.

Seorang Influence memiliki banyak penggemar, tidak jarang mereka akan mengikuti segala saran yang diajukan oleh pribadi ini. Mereka adalah pribadi yang konservatif dan menghargai proses kerja yang konsisten serta loyalitas dan hubungan jangka panjang.

Kepribadian ini juga memiliki karakter yang antusias dan juga optimis dalam menghadapi situasi tertentu. Cenderung impulsif dan juga emosional, mudah dalam persuasif serta merupakan individu yang banyak berbicara.

Orang dengan kepribadian Influence sangat mudah bergaul dan memiliki kemampuan komunikasi yang cukup baik. Mereka mampu dan senang membangun hubungan dengan banyak orang. Selain itu, mereka juga senang mendapatkan pengakuan dari orang-orang di sekitar mereka.

Karakteristik Kepribadian Influence

Karakteristik Kepribadian Influence
Karakteristik Kepribadian Influence

Untuk lebih mengenal kepribadian Influence, berikut beberapa karakteristik dari seseorang dengan kepribadian Influence:

Percaya diri

Seseorang dengan kepribadian Influence merupakan pribadi yang percaya diri. Mereka mampu menyesuaikan diri dengan baik, walau pada situasi yang belum pernah mereka jumpai. Rasa percaya diri yang tinggi ini membuat orang lain tertarik dengan apa yang mereka ungkapkan. Tidak jarang mereka mendapat kepercayaan dari orang lain.

Komunikasi yang baik

Selain percaya diri, seseorang dengan kepribadian Influence juga memiliki kemampuan komunikasi yang cukup baik. Mereka akan dengan senang berinteraksi dengan orang lain, terutama untuk mengerahkan orang lain terhadap tindakan tertentu. Hal ini membuat mereka memiliki banyak teman.

Baca Artikel Kami Lainnya : DISC : Pekerjaan Apa yang Cocok untuk Kepribadian Dominance?

Optimis

Seseorang dengan kepribadian ini juga cukup optimis. Mereka dapat melihat kondisi dari sisi positif. Hal ini akan memudahkan orang dengan kepribadian Influence mudah untuk memberikan pendapat dan arahan untuk orang lain. Tidak jarang usulan mereka menjadi favorit banyak orang, baik yang dikenal atau tidak.

Suka bersosialisasi

Kepribadian ini juga menyukai kegiatan sosial. Mereka mudah fokus untuk membangun hubungan dengan orang disekitarnya. Selain itu, mereka suka mengajak komunikasi dan suka memberikan usulan mereka bagi orang lain. Tidak heran obrolan yang mereka bangun dianggap seru oleh lawan bicaranya.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Influence

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Influence
Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Influence

Sama halnya dengan manusia pada umumnya, seseorang dengan kepribadian Influence memiliki kekurang dan kelebihannya masing-masing. Hal ini membuat mereka unik dan memiliki ciri khas. Kelebihan dari seorang Influence adalah, mereka memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu memberikan arahan bagi orang lain. Selain itu, seorang Influence dapat menjadi role model bagi orang lain, tidak jarang mereka menjadi patokan bagi banyak orang.

Sayangnya, orang dengan kepribadian Influence terkadang terlalu optimis terhadap orang atau situasi tertentu. Hal ini membuat mereka kurang waspada. Selain itu, seorang Influence juga cenderung menghabiskan banyak waktu dengan orang lain, sehingga membuat mereka lalai dalam pekerjaan. Orang dengan kepribadian Influence juga terlalu haus akan pengakuan sosial dan lingkungan mereka.

Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Influence

Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Influence
Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Influence

Orang dengan kepribadian Influence dikenal dengan kemampuan komunikasi dan mengarahkan orang lain untuk melakukan sesuatu. Hal ini tentu sangat cocok dengan pekerjaan yang melibatkan penjualan, baik barang ataupun jasa.

Selain itu, mereka juga memiliki kreativitas yang tinggi sehingga cocok bekerja di bidang periklanan. Kemampuan interaksi mereka juga membuat kepribadian ini bisa berkarir di bidang kehumasan, selling atau penjualan, dan lain-lain

Adapun pekerjaan yang paling populer untuk kepribadian ini adalah pekerjaan di dunia entertain atau influencer sosial media. Pekerjaan semacam ini akan membuat mereka mendapatkan pengakuan sosial.

Apakah kamu merasa menjadi salah satu dari orang dengan kepribadian influence? Untuk memastikan hal tersebut, tidak ada salahnya mengikuti Psikotes DISC atau melakukan Psikotes Online. Dengan mengetahui kepribadian, kamu dapat terbantu dalam menentukan jurusan dan pekerjaan yang cocok dengan kepribadianmu.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Kepribadian DISC

Comment