Self Awareness: Perbedaan Mendasar antara Manusia dan Hewan

Satu perbedaan mendasar antara manusia dan hewan adalah self awareness. Kemampuan memahami konsep tentang diri kita sendiri, waktu dan ruang

Biopsikologi2096 Views

Logos Indonesia – Apakah kamu pernah merenung tentang apa yang membuat manusia berbeda dari hewan? Mengapa kita bisa merasa diri kita sendiri sebagai individu yang berbeda dari mahkluk hidup lainnya? Sementara, hewan hanya berfokus pada insting mereka. Jawabannya adalah “self awareness” atau kesadaran diri. Salah satu perbedaan mendasar yang membedakan manusia dari hewan adalah kemampuan mereka untuk memiliki self awareness. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang self awareness. Bagaimana hal ini menjadi pembeda antara manusia dan hewan.

Self awareness adalah kemampuan untuk memahami, mengenali, dan merasakan diri kita sendiri sebagai individu yang terpisah dari lingkungan sekitar. Ini mencakup kesadaran akan identitas diri, emosi, tujuan, dan keyakinan kita sendiri. Saat memiliki self awareness, kita bisa merefleksikan diri, mengenali kekuatan dan kelemahan kita. Dan lebih memahami bagaimana tindakan kita mempengaruhi orang lain.

Manusia memiliki tingkat self awareness yang lebih tinggi dibandingkan dengan hewan. Meskipun hewan juga memiliki tingkat kesadaran yang berbeda dengan manusia. Tapi self awareness pada manusia jauh lebih kompleks daripada hewan.

Perbedaan Manusia dengan Hewan

Satu perbedaan mendasar antara manusia dan hewan adalah self awareness. Kemampuan kita untuk memahami konsep tentang diri kita sendiri dalam konteks waktu dan ruang. Ini berarti kita mampu memahami bahwa kita ada di sini dan sekarang. Dan kita juga memahami bahwa kita memiliki masa lalu dan masa depan. Hewan, di sisi lain, cenderung hidup di dunia saat ini. Mereka memiliki ingatan dan pemahaman tentang pengalaman masa lalu, tetapi mereka tidak merencanakan masa depan atau pemikiran konseptual tentang waktu.

Self awareness pada manusia juga tercermin dalam kemampuan kita untuk mengenali citra diri kita sendiri. Ketika kita melihat cermin. Kita bisa mengenali bahwa itu adalah gambar diri kita. Ini menunjukkan bahwa kita tahu bagaimana tampilan fisik kita. Dan memiliki pemahaman tentang bentuk tubuh kita.

Di samping itu, manusia juga mampu merenungkan tentang emosi dan perasaan mereka. Kita dapat mengidentifikasi perasaan kita, seperti bahagia, sedih, marah, atau takut. Bahkan memahami penyebab di balik emosi tersebut. Kemampuan ini memungkinkan kita untuk memproses emosi secara lebih mendalam dan mencari cara untuk mengelola mengatasi perasaan tersebut.

Perbedaan Antara Manusia dan Hewan

  1. Self Awareness. Salah satu perbedaan mendasar antara manusia dan hewan adalah tingkat self awareness yang dimiliki manusia. Hewan, meskipun memiliki kemampuan kognitif, tapi mereka cenderung bertindak berdasarkan insting dan kebutuhan fisiologis mereka. Mereka tidak menyadari eksistensi mereka sebagai individu yang unik seperti manusia. Dimana manusia memiliki kesadaran diri yang tinggi.
  2. Kemampuan Berkomunikasi. Manusia telah mengembangkan sistem bahasa yang kompleks. Yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih maju. Meskipun beberapa hewan juga dapat berkomunikasi melalui bahasa tubuh atau suara. Tapi bahasa manusia jauh lebih kompleks dan fleksibel. Yang memungkinkan kita untuk menyampaikan ide, perasaan, dan informasi dengan lebih tepat dan mendalam.
  3. Kemampuan Merencanakan dan Menciptakan. Manusia memiliki kemampuan untuk merencanakan masa depan dan membuat alat atau teknologi yang membantu mereka bertahan hidup. Hasilnya terlihat dari meningkatkan kualitas hidup dari kemajuan teknologi saat ini. Hewan juga menggunakan alat-alat alami dalam rutinitas mereka. Tetapi, tidak dapat menciptakan sesuatu yang kompleksitas, yang sama seperti manusia.
  4. Pengenalan Diri dan Identitas. Manusia tidak hanya menyadari eksistensi mereka sebagai individu. Tetapi juga memiliki kemampuan untuk membentuk identitas mereka sendiri melalui pengalaman, nilai-nilai, dan koneksi sosial. Ini membentuk bagian penting dari konsep diri kita. Yang memungkinkan kita untuk membentuk hubungan emosional dan sosial yang lebih dalam dengan sesama manusia.

Fungsi Kognitif dan Merencanakan

Selain self awareness, manusia juga memiliki fungsi kognitif yang canggih. Yang memungkinkan kita merencanakan dan mengevaluasi tindakan kita. Pada tingkat kognitif yang lebih tinggi, manusia dapat merencanakan tujuan jangka panjang dan mengambil langkah-langkah konkret untuk mencapainya. Kemampuan ini sangat penting dalam mempengaruhi arah hidup kita. Tujuannya untuk membantu kita mencapai kesuksesan.

Sedangkan pada hewan, cenderung beroperasi pada insting dan naluri mereka. Mereka melakukan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan dasar mereka untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Meskipun beberapa hewan menunjukkan kecerdasan yang mengesankan. Tapi mereka tidak dapat merencanakan masa depan mereka dalam arti yang sama seperti manusia.

Baca Artikel Kami Lainnya:  Pahami Self Awareness pada Diri Sendiri dan Terapkanlah

Sehingga menyadari pentingnya self awareness dapat membantu kita memahami potensi yang kita miliki. Sehingga kita mampu mengarahkan hidup kita mencapai puncak kesuksesan. Semoga artikel ini telah membantu memperjelas perbedaan antara manusia dan hewan. Ingatlah, self awareness adalah kunci untuk menjadi diri pribadi yang lebih memahami diri sendiri. Sehingga kita mampu menemukan tujuan hidup  kita dan pencapaian tujuan tersebut.

Baca Artikel Kami Lainnya:  4 Strategi Praktis untuk Meningkatkan Self-Awareness Mengenali Emosi Diri Sendiri

Artikel oleh: Logos Indonesia.