Sulit Tidur Di Malam Hari? Kami Punya Tipsnya

Sulit tidur di malam hari? Kami punya tipsnya untuk kamu. Salah satunya melakukan aktivitas yang membuatmu rilex dan hindari bermain gadget.

Tips dan Trik391 Views

Logos Indonesia Apakah kamu pernah sulit untuk tidur di malam hari? Lalu apa yang biasanya kamu lakukan? Jika kamu menjawab bermain gadget semalam penuh, artinya yang kamu lakukan hanyalah memperburuk insomniamu. Tau kah kamu, jika kekurangan tidur beberapa jam dalam sehari membuat kinerja kerjamu hari esoknya akan menurun. Karena orang yang kekurangan tidur di malam hari, akan merasakan mengantuk di siang hari. Sehingga, jika kamu bekerja yang memerlukan fokus yang tinggi, maka hasil yang didapat menjadi tidak maksimal.

Hal ini juga berlaku bagi semua aktivitas harian lainnya, tidak terkecuali bagi para siswa. Mereka akan sulit memproses pembelajaran selama di sekolah karena rasa kantuknya di siang hari. Akhirnya, nilai mereka akan menurun akibat sedikitnya daya serap memahami materi di kelas.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apa Itu Abnormalitas Dari Sisi Psikologi Sosial?

Selain itu, kekurangan tidur juga berdampak bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. Dalam banyak penelitian dihasilkan bahwa serangan stroke dan asma lebih sering terjadi pada malam hari. Hal ini karena perubahan hormon dan detak jantung yang tidak stabil di malam hari.

Selain itu, aktivitas begadang memicu ketidakstabilan hormon yang berfungsi pada rasa lapar. Sehingga memicu makan secara berlebihan di malam hari akibat rasa lapar yang muncul. Karena itu tentu saja hal yang mungkin jika seseorang yang sering bergadang diasosiasikan dengan penyakit obesitas.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apakah Itu Lychnobite?.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kurangnya tidur berdampak pada kesehatan fisik. Hal ini juga berlaku pada kesehatan mental. Banyak sekali penyakit mental yang disebabkan oleh buruknya siklus tidur mereka atau kelainan genetik (King, Laura: 2013). Namun kali ini kita akan membahas tentang insomnia saja.

Insomnia adalah gangguan tidur yang paling sering umum diderita oleh banyak orang. Salah satu cirinya adalah kesulitan untuk tidur di malam hari. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa perempuan lebih besar mengalami insomnia daripada laki-laki. Hal ini karena perubahan hormon yang sering terjadi pada perempuan. Pada orang yang mengalami insomnia ringan, mereka masih bisa mengubah kebiasaan tidur yang lebih baik untuk mengurangi insomnianya.

Tips Agar Kamu Bisa Tidur Lelap Di Malam Hari

Kurangi Konsumsi Minuman Yang Kafein Tinggi

Kopi memiliki kandungan kafein.

Tips pertama dari kami adalah kurangilah minuman berkafein. Karena kinerja kafein yang menimbulkan tetap terjaga membuat kamu sulit tertidur di malam hari. Kamu bisa mengganti kopi dengan jus ataupun susu sebelum tidur.

Buatlah Kamar Menjadi Suasana Yang Nyaman 

Atur kamar senyaman mungkin.

Tips kedua adalah buatlah kamar menjadi nyaman untuk kamu tidur beristirahat. Rapikan sprei dan buatlah suasana yang menenangkan. Kamu bisa meredupkan lampu untuk meningkatkan hormon melatonin dalam tubuh. Atulah suhu ruangan agar lebih dingin dari suhu tubuh untuk memberikan rasa nyaman. Jika sudah seperti itu, kamu akan mulai merasa mengantuk dan akhirnya tertidur.

Lakukan Kegiatan Yang Membuat Kamu Rileks Sebelum Tidur

Mandi dengan air hangat sebelum tidur.

Tips selanjutnya adalah melakukan kegiatan yang membuat kamu rileks sebelum tidur. Kegiatan rileks ini seperti mandi dengan air hangat sebelum tidur. Ketika tubuh kita bersih kita akan merasa nyaman dan rilek dengan tubuh kita sendiri. Perasaan rileks ini akan memunculkan gelombang otak teta, yaitu gelombang otak yang sama dalam tahap tidur ringan.

Hindari Bermain Gadget Beberapa Jam Sebelum Tidur

Bermain gadget.

Tips selanjutnya adalah kurangi bermain gadget di beberapa jam sebelum tidur. Hal ini karena paparan sinar cahaya gadget yang membuat kita sulit tidur. Cahaya yang berlebihan ini akan mempengaruhi hormon melatonin dalam tubuh. Akibatnya hormon melatonin tidak bisa diproduksi dengan baik yang membuat kita sulit untuk tidur. Hormon melantun adalah hormon yang bertugas untuk mengatur tidur dan bangun kita. Hormon melatonin ini secara alami diproduksi oleh tubuh. Namun hormon melatonin juga bisa didapatkan dari suplemen maupun makanan yang kita makan.

Meditasi

Meditasi.

Tips selanjutnya adalah melakukan meditasi yang bertujuan untuk relaksasi tubuh dan pikiran. Meditasi ini akan membuat kamu merasa lebih rileks dan memicu rasa ngantuk. Hal ini karena kondisi relatif berada di gelombang otak teta yang sama dengan ketika kita awal tidur ringan.

Jangan Mengkonsumsi Obat Tidur Secara Berlebihan 

Obat tidur yang berlebihan mengakibatkan efek samping.

Tips berikutnya adalah konsumsilah obat tidur sesuai resep dokter. Hal ini karena obat yang diberikan dokter mengandung senyawa kimia yang berdampak pada kinerja otak. Sehingga Jika kamu meminumnya secara berlebihan, maka yang terjadi adalah dampak buruk terhadap kesehatan kamu. Untuk pengalaman meminum obat tidur dalam jangka waktu pendek akan membantu kamu untuk terlelap di malam hari. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan dan jangka waktu yang lama. Maka terdapat efek samping yang akan kamu dapatkan. Salah satu efek samping mengkonsumsi obat tidur berlebihan adalah berjalan saat tertidur, makan dalam keadaan tertidur atau melakukan aktivitas dalam keadaan tertidur lelap. Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena konsumsi obat tidur bernama ambeien yang berlebihan.

Aturlah Jam Tidur Dan Bagun Secara Teratur

Atur waktu tidur dengan baik.

Tips terakhir adalah mengatur jam tidur secara teratur. Tips ini bisa digunakan Jika kamu mengalami insomnia tingkat ringan. Karena pada dasarnya, insomnia tersebut dapat dikurangi dengan mengatur jam tidur yang baik. Dengan begitu, tubuhmu akan menyesuaikan dengan jam tidur yang kamu buat.

Baca Artikel Kami Lainnya: Terapkan Metode Ini Untuk Cepat Menghafal Apapun.

Logos Indonesia adalah Biro Psikologi & Konsultan HRD Jakarta dengan Layanan Rekrutmen, Asesmen Karyawan (Psikotes Online & Offline, Assessment Center dll) Klinik Psikologi, Pelatihan Alat Tes Psikologi dan Outbound.

Comment