Yuk Latihan Teknik Grounding. Cara Cepat Mengatasi Rasa Cemas Dan Panik Saat Stres Melanda.

Yuk Latihan Teknik Grounding. Cara Cepat Mengatasi Rasa Cemas Dan Panik Saat Stres Melanda.Lakukan teknik ini dan dapatkan manfaatnya.

Tips dan Trik3476 Views

Logos Indonesia Pasti setiap orang pernah merasakan cemas dan panik saat memiliki suatu permasalahan. Saat merasa cemas, kamu akan berpikir berlebihan terhadap sesuatu hal yang sedang kamu alami. Saat kamu panik, kamu mungkin saja merasakan detak jantung lebih bersebar kuat, keringat dingin, seluruh badan bergetar dan sulit berpikir dengan jernih. Biasanya, pikiran mereka akan kosong dan tidak tau harus melakukan apa saat itu.

Baca Artikel Kami Lainnya: Kenali Perbedaan Orang Yang Fobia Dan Rasa Takut Biasa.

Sehingga, perasaan cemas dan panik ini hampir setiap saat kita rasakan. Kita sering menemuin saat di kelas. Saat ingin melalukan presentasi di depan kelas, atau pada hari itu terdapat kuis dadakan oleh dosen, ataupun saat ini adalah kelas yang terkenal dosennya yang killer. Di dunia pekerjaan pun, rasa cemas dan panik lebih sering terjadi. Tuntutan pekerjaan, banyaknya pekerjaan, tekanan dari boss, padatnya jadwal pekerjaan, lalu ditambah macetnya perjalanan memicu emosi negatif itu muncul. Bahkan, tidak hanya rasa cemas dan panik yang kamu rasakan. Perasaan marah dan kesal mungkin saja kamu alami. Di lingkungan sosial pun tidak terkeculi. Saat terjadinya perbedaan dengan pasangan atau dengan teman. Emosi negatif juga muncul.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apakah Itu Lychnobite?.

Perasaan negatif itu adalah hal wajar saat kamu memiliki permasalahan. Hanya saja, tiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengahadapi rasa cemas dan panik itu. Ada yang terpancing dengan emosi tersebut. Ada juga yang memcoba mengatasinya dengan menenangkan diri sendiri.

Apa Itu Teknik Grounding?

Apakah kamu tipe orang yang mudah emosian saat menghadapi permasalahan? Atau kamu tipe orang yang bisa menenangkan emosi Itu? Bagi temen-temen yang bisa menenangkan diri sendiri, kamu hebat bisa mengatasinya. Tapi bagi temen-temen yang masih tersulut emosi saat kondisi yang tidak sesuai dengan harapanmu. Di sini akan dibahas cara atau teknik yang mampu mengatasi emosi kamu.

Dengan teknik ini, kamu akan diajarkan cara memusatkan diri mu dalam mengalihkan terhadap pikiran yang berlebihan. Inti dari teknik ini adalah untuk mengurangi rasa cemas dan panik ya teman-teman. Bukan untuk menghilangkan emosi negatif itu. Karena emosi negatif itu perlu juga disalurkan dengan baik ya teman-teman.
Emosi negatif maupun positif harus diterima apa adanya oleh semua orang. Jika salah satu emosinya dipendam, maka akan berpengaruh pada kesehatan mental kamu juga yang memburuk. Salah satu teknik dalam mengatasi rasa cemas dan panik yaitu teknik grounding.

Teknik grounding adalah salah satu cara dalam dalam mengatasi rasa panik dan cemas pada saat itu juga. Caranya adalah dengan memusatkan diri dengan alam sekitar kita dalam memenangkan pikiran kita. Saat melakukan grounding, kita diajak untuk berpikir hanya untuk hari ini, saat ini. Melihat semua yang ada di sekitar dan di diri kita saja saay ini. Dengan begitu, kita teralihkan dengan pikiran yang berlebihan pada situasi tersebut.
Terdapat banyak teknik grounding. Namun pada artikel ini, kita hanya membahas satu saja. Berikut teknik grounding yang bisa kamu lakukan saat merasa cemas dan panik.

Teknik Grounding.
Teknik Grounding.

Teknik 5-4-3-2-1

Teknik grounding ini memusatkan pada kelima panca indera kamu dalam memenangkan pikiran kamu. Sebelum melakukan teknik ini. Coba lakukan teknik pernapasan beberapa kali. Setelah sedkit tenang. Kamu bisa memulainya.

  • Carilah 5 hal yang bisa kamu lihat di sekitar mu. Liatlah di sekililing dan sebutkan benda apa saja disekitar mu. Pikirkan benda tersebut dengan mendeskripsikannya tanpa mengomentari hal yang buruk terhadap benda itu. Fokuskan saja pikiranmu dengan benda tersebut.
  • Carilah 4 hal yang bisa kamu rasakan dengan indra peraba mu. Saat merasa cemas, cobalah menyentuh benda apapun yang ada di sekitamu. Rasakan bagaimana teksturnya. Apakah kasar atau halus? Intinya fokuskan saja pada mendeskripsikan benda tersebut.
  • Carilah 3 hal yang bisa kamu dengar di sekitar mu. Fokuskan pada diri sendiri dengan memejamkan mata. Dengarkan setiap hal yang ada di sekitar mu. Pada saat kamu melakukannya. Bahkan suara jantung mu akan terdengar. Suara angin, suara AC. dengarkan saja pada suara tersebut.
  • Carilah 2 hal yang bisa kamu rasakan baunya dengan hidung. Fokuskan dirimu lagi dengan berpusat pada hidung mu. Cobalah menebak bau apa yang ada di sekeliling mu. Pastikan bau itu adalah yang menenangkan. Seperti, kamu mencium aroma pewangi ruangan, aroma minyak wangi yang sedang kamu gunakan dan lainnya.
  • Carilah 1 hal yang kamu bisa rasakan dengan indra pengecap. Masih memusatkan diri. Cobalah berfokus pada indra pengecap mu. Rasakan lidah mu saat ini. Pada sat ini. Mungkin saja kamu merasakan rasa hal yang tidak pernah kamu sadari sebelumnya. Atau kamu bisa pejamkan mata dan makanlah sebuah permen. Rasakan rasa permen itu di lidahmu.

Lakukanlah setiap kamu merasa cemas atau panik. Hal ini bisa mengalihkan perhatian kamu dari pikiran yang berlebihan pada masa depan yang belum pasti.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apa itu Hoarding Disorder?

Artikel oleh: Logos Indonesia.

Comment