MBTI : Kepribadian INTJ Cocok Kerja di Bidang Apa?

Si Ahli Strategi yang mandiri, siapa lagi kalau bukan Kepribadian INTJ? INTJ adalah seorang introvert yang merasakan menggunakan intuisi (Intuition), membuat keputusan dengan berpikir (Thinking), dan melihat dunia luar dengan penilaian (Judging)

Kerpibadian, PIO4184 Views

Logos Indonesia – Salah satu tes kepribadian yang paling populer saat ini adalah Tes MBTI atau Myers Briggs Type Indicator. Tes ini memiliki 16 jenis kepribadian yang merupakan bentuk acak dari 4 domain, yaitu introvert – ekstrovert, sensing – intuition, thinking – feeling, dan judging – perceiving.

INTJ merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian dalam MBTI. Kepribadian yang satu ini sering disebut sebagai Si Ahli Strategi, mengapa demikian? Artikel ini akan membahas mengenai apa itu kepribadian INTJ hingga pekerjaan apa yang cocok bagi mereka yang memiliki kepribadian INTJ.

Pengertian INTJ

Pengertian INTJ

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kepribadian INTJ, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu INTJ. INTJ sendiri merupakan gabungan dari Introvert, Intuition, Thinking, dan Judging.

Introvert bukanlah jenis kepribadian yang asing lagi ditelinga kita. Orang dengan kepribadian introvert cenderung menyukai kegiatan berinteraksi seorang diri. Mereka akan senang jika memiliki waktu untuk me time dan tenggelam dalam pemikiran mereka. Meski demikian, tipe kepribadian ini bukanlah orang yang tidak bisa bersosialisasi. Namun jika bisa memilih, mereka akan lebih senang berdiam diri dibanding berinteraksi dengan orang lain.

Intuition merupakan tipe kepribadian yang cenderung abstrak dan memiliki imajinasi yang cukup tinggi. Mereka akan lebih percaya terhadap intuisi mereka dibanding apa yang ada di lingkungan mereka.

Thinking merupakan tipe kepribadian yang pemikir. Mereka adalah orang-orang yang penuh akan logika dan cenderung konsisten dalam menjalankan sesuatu.

Judging merupakan tipe kepribadian yang tegas dan memiliki pendirian yang kuat. Mereka cenderung kaku dan sulit untuk bisa menerima hal yang berbeda dari pandangan mereka.

INTJ adalah seorang introvert yang merasakan menggunakan intuisi (Intuition), membuat keputusan dengan berpikir (Thinking), dan melihat dunia luar dengan penilaian (Judging).

Kepribadian INTJ ini merupakan tipe kepribadian terlangkah, pasalnya hanya ada 1-2% dari populasi manusia dan sebagian besar adalah laki-laki. Hal ini menjadikan orang dengan kepribadian INTJ kesulitan untuk menemukan orang dengan karakteristik yang sama dengan mereka. INTJ juga merupakan tipe kepribadian yang paling mandiri dibandingkan dengan tipe kepribadian MBTI yang lainnya.

Karakteristik INTJ

Karakteristik INTJ

Berikut beberapa karakteristik utama dari seseorang dengan kepribadian INTJ:

Penyendiri

INTJ adalah seorang introvert. Sebagaimana introvert pada umumnya, mereka akan senang jika bisa menghabiskan waktu seorang diri. Namun, bukan berarti mereka dengan kepribadian ini tidak menyukai kegiatan interaksi dengan orang lain. Mereka suka berinteraksi, tapi hanya dengan orang-orang terdekat saja.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Kepribadian MBTI

Ahli strategi

Orang dengan kepribadian INTJ akan melihat jauh kedepan. Hal inilah yang membuat mereka mendapatkan julukan “Si Ahli Strategi”. Mereka akan memikirkan kemungkinan-kemungkinan apa saja yang sekiranya akan terjadi.

Logis

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa orang dengan kepribadian INTJ ini mengambil keputusan dengan berpikir (thinking). Dengan demikian, mereka memiliki pola sebab-akibat dan merasa antusias jika harus mengambil keputusan.

Rasional

Tidak hanya mampu berpikir logis, orang dengan kepribadian INTJ juga memiliki pemikiran yang rasional. Mereka akan mengesampingkan emosi dan melihat keadaan seperti apa adanya. Hal ini tentunya akan membantu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Ambisius

Seorang INTJ memiliki ambisi yang tinggi dalam mencapai sesuatu. Mereka cenderung memiliki tujuan yang jelas akan masa depan dan berusaha sebisa mungkin untuk membuat tujuan tersebut menjadi kenyataan.

Kekuatan dan Kelemahan INTJ

Kekuatan dan Kelemahan INTJ

Seorang INTJ juga manusia biasa yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Adapun kelebihan dari orang dengan kepribadian INTJ adalah objektif, logis, rasional, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, pekerja keras, bisa menjadi pendengar yang baik, memiliki pandangan terhadap masa depan, dan bisa menerima saran serta kritik.

Sedangkan kelemahan dari kepribadian ini adalah mereka merupakan individu yang cenderung kaku, kurang sensitif terhadap lingkungannya, terkadang menjadi sangat perfeksionis, dan sering menghindar jika membicarakan perihal perasaan.

Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian INTJ

Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian INTJ

Kemampuan berpikir logis dan analisis seorang INTJ membuat mereka cocok untuk bekerja dalam bidang yang membutuhkan kemampuan untuk menafsirkan informasi kompleks, seperti bidang keilmiahan atau teknis.

Seorang dengan kepribadian INTJ merupakan seseorang yang pekerja keras. Hal ini membuat mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai apa yang diinginkan. Jika mereka telah memiliki ketertarikan dalam satu bidang maka mereka akan bekerja dengan sungguh-sungguh serta berusaha untuk menjadi yang terbaik.

Pekerjaan lain yang cocok untuk kepribadian ini adalah pengacara, ilmuan, dokter, guru, hakim, programer, arsitek, dan bidang-bidang lainnya yang membutuhkan kemampuan berpikir logis, analisis, dan juga strategi.

Setiap jenis kepribadian tentunya memiliki bidang pekerjaannya masing-masing. Untuk itu perlu bagi kita mengetahui kepribadian yang kita miliki. Jika kamu ingin mengetahui kepribadian yang kamu miliki, mengikuti psikotes atau psikotes online bisa membantumu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Kepribadian DISC