Ketahui Kepribadian yang Ada di Dunia Kerja

Menurut John Holland, karyawan dibedakan ke dalam 6 tipe kepribadian, yaitu realistis, investigatif, artistik, sosial, aktif, dan konvensional.

Kerpibadian, PIO4257 Views

Logos Indonesia – Setiap perusahaan mengharapkan karyawan yang memiliki kepribadian yang baik dan positif. Pasalanya, kepribadian tersebut dapat mempengaruhi situasi bekerja dalam sebuah perusahaan. Hal inilah yang menjadikan HRD tidak hanya mencari kandidat yang memiliki skill dan pengetahuan, melainkan juga memiliki kepribadian yang baik.

Seiring dengan perkembangan zaman, kepribadian dianggap sama pentingnya dengan skill dan pengetahuan. Sehingga dalam setiap proses rekrutmen tidak hanya menilai skill yang dibutuhkan, melainkan juga kepribadian yang ada dalam diri calon karyawan.

Dalam artikel terbitan intisari online dituliskan bahwa menurut Rosemary Haefner dari Career Builder perusahaan mencari kandidat yang memiliki keahlian bagus dan kepribadian yang menarik. Tidak hanya itu seorang kandidat harus bisa diandalkan dan efektif.

Menurut John Holland, karyawan dibedakan ke dalam 6 tipe kepribadian. Dimana masing-masing kepribadian tersebut membawa dampak tersendiri bagi pekerjaan. Berikut 6 tipe kepribadian dalam dunia kerja:

Realistis (Doer)

Individu dengan kepribadian realistis cenderung suka bekerja dengan objek yang konkrit. Mereka bagaikan individu yang tidak memiliki rasa lelah dalam bekerja. Individu dengan tipe kepribadian seperti ini biasanya melihat diri mereka sebagai pribadi yang praktis, mekanis dan realistis.

Kepribadian ini cenderung merupakan individu yang senang bekerja menggunakan tangan mereka, seperti menciptakan sesuatu atau mengoperasikan sebuah alat. Mereka senang bekerja di luar ruangan dengan peralatan di tangan mereka. Namun individu dengan kepribadian realistis ini cenderung menghindari pekerjaan sosial seperti mengajar atau menyuluh.

Untuk tipe kepribadian realistis sangat cocok ditempatkan di bagian teknisi, mekanis, dan sejenisnya.

Investigatif (Thinker)

Investigatif (Thinker)
Investigatif (Thinker)

Tipe kepribadian ini merupakan tipe yang memiliki analisis tinggi dibandingkan dengan tipe lainnya. Karyawan dengan tipe kepribadian ini senang mencari pemecahan masalah yang berhubungan dengan sains dan hitungan. Mereka terlihat sangat intelektual dan merasa senang jika dikenal akan pencapaian yang berhasil mereka raih.

Untuk tipe kepribadian investigatif sangat cocok ditempatkan di tempatkan di bagian auditor, accounting staff, atau posisi lainnya yang membutuhkan analisis tinggi.

Artistik (Creator)

Tipe kepribadian artistik cenderung menyukai hal-hal yang abstrak, bebas, dan mengekspresikan sesuatu dengan cara yang unik. Namun karena caranya yang terbilang berbeda dengan orang-orang pada umumnya, tipe ini sering menjadi bahan omongan orang lain.

Tipe kepribadian ini memiliki imajinasi yang luas dan mampu menghasilkan karya-karya yang orisinil. Untuk tipe kepribadian artistik sangat cocok bekerja sebagai content creator, artis, pelukis, pemain musik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kreativitas.

Baca Artikel Kami Lainnya : HRD Wajib Tahu! Tips Membantu Karyawan Baru Beradaptasi

Sosial (Helper)

Individu dengan tipe kepribadian sosial merupakan individu yang senang membantu orang lain. Mereka akan senang jika terlibat dengan kegiatan-kegiatan sosial. Hal inilah yang menjadikan tipe kepribadian ini cukup sering ditemui di masyarakat.

Kondisi kerja ideal bagi mereka adalah bersama orang-orang yang bisa dipercaya penuh, suka menolong dan menunjukkan rasa saling menghargai. Individu dengan tipe kepribadian ini cocok jika bekerja sebagai guru, tenaga medis, psikolog, dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan interaksi sosial.

Enterprise (Persuader)

Enterprise (Persuader)
Enterprise (Persuader)

Tipe kepribadian ini merupakan individu yang ambisius dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. Mereka akan senang jika diberi kepercayaan untuk memimpin sebuah tim. Biasanya orang dengan tipe kepribadian enterprise menghindari bertemu dengan orang yang terlalu scientific dan analitis, namun bisa bekerja baik dalam tim.

Individu dengan tipe kepribadian enterprise saat cocok jika ditempatkan di posisi managerial, SPV, leader tim, atau posisi lain yang membutuhkan kemampuan kepemimpinan.

Konvensional (Organizer)

Individu dengan tipe kepribadian konvensional merupakan individu yang senang bekerja dengan angka, berkas dan segala hal yang rapi dan teratur. Mereka akan menghindari alur dan struktur yang tidak jelas.

Tipe ini melihat dirinya sebagai pribadi yang teratur dan mengikuti sistem yang sudah baku/diberikan sehingga cocok untuk ditempatkan di bagian finance, administrasi, dan lain-lain.

Setiap calon karyawan tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Sudah menjadi tugas HRD atau rekruter untuk menempatkan calon karyawan pada posisi yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadian yang dimiliki.

Walaupun calon karyawan tersebut memiliki kemampuan dan skill di bidang akuntansi, namun jika kepribadiannya artistik tentu masih menjadi bahan pertimbangan oleh HRD atau rekruter. Dikhawatirkan di kemudian hari karyawan tersebut akan berhenti dengan alasan bosan atau tidak cocok dengan pekerjaannya. Selain itu, pekerjaan yang tidak sesuai dengan kepribadian seseorang dapat memperbesar kemungkinan terjadinya stress kerja.

Sebagai calon karyawan, ada baiknya untuk mengetahui kepribadian yang kamu miliki sebelum memutuskan posisi apa yang ingin kamu lamar. Untuk mengetahui kepribadian ini kamu bisa mengikuti Psikotes atau Psikotes Online yang dilaksanakan oleh biro psikologi terpercaya. Selain itu kamu juga bisa mengikuti Tes Psikologi Karir agar dapat mengetahui karir apa yang cocok untukmu.

Bagi HRD yang merasa kesulitan dalam mengatur sumber daya manusia, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa Konsultan HRD. Dengan begitu kamu akan terbantu dalam mengelolah sumber daya manusia yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Tips Mengelola Emosi di Tempat Kerja