Mengenal Tes Kepribadian MBTI

MBTI sendiri merupakan singkatan dari Myers Briggs Type Indicator, yang mana tes ini dirancang untuk mengetahui gambaran umum kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang.

Kerpibadian22580 Views

Logos Indonesia – Apakah kamu memiliki teman yang mendeskripsikan dirinya dengan kepribadian ESFJ, ENTJ, atau ISTP? Walaupun cukup asing, namun istilah-istilah tersebut cukup sering digunakan oleh anak muda di zaman sekarang ini. Istilah semacam ini mengacu pada tipe kepribadian berdasarkan MBTI.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai tes MBTI dan 16 tipe kepribadian menurut MBTI.

Apa Itu MBTI?

Apa Itu MBTI
Apa Itu MBTI

MBTI sendiri merupakan singkatan dari Myers Briggs Type Indicator, yang mana tes ini dirancang untuk mengetahui gambaran umum kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. Tes MBTI ini disusun oleh Isabel Myers dan ibunya, Katherine Briggs, pada tahun 1940-an berdasarkan teori kepribadian yang dikemukakan oleh Carl Jung.

Tes MBTI dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang terdiri dari 4 skala, yaitu Introvert (I) – Ekstrovert (E), Sensing (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

16 Tipe Kepribadian Menurut MBTI

16 Tipe Kepribadian Menurut MBTI
16 Tipe Kepribadian Menurut MBTI

Berdasarkan kombinasi yang didapatkan dari skala MBTI yang sudah dipaparkan di atas, maka dapat menghasilkan 16 tipe kepribadian, yaitu:

ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

Seseorang dengan tipe ISTJ sering kali mendapatkan julukan “perencana yang terorganisir”, pasalnya orang-orang dengan tipe ini selalu menginginkan ketertiban dan kenyamanan dalam kehidupannya. Mereka juga cenderung serius dan pendiam, namun juga gigih, bertanggung jawab, dan dapat diandalkan.

ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Seseorang dengan tipe ISTP ini memiliki kemampuan memecahkan masalah yang cukup baik. Mereka juga cukup realistis, logis, spontan, dan berfokus pada masa kini. Tipe ini juga dikenal memiliki karakter yang toleran dan fleksibel.

ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, JudgingI)

Seseorang dengan tipe ISFJ cenderung tenang, teliti, bertanggung jawab, berkomitmen, telaten, cermat, baik hati, loyal, dan juga perhatian. Orang dengan tipe ISFJ sering kali menjadi malaikat pelindung bagi orang lain, pasalnya mereka memang memiliki karakteristik yang penuh kehangatan, dan aura positifnya yang bisa membawa ketenangan pada orang-orang di sekitarnya.

ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Seseorang dengan tipe ISFP merupakan sosok yang tenang, sensitif, dan baik hati. Namun mereka membutuhkan ruang sendiri untuk bekerja sesuai dengan waktunya sendiri, serta hadir dan menikmati masa kini. Umumnya orang dengan karakteristik ISFP memiliki bakat dibidang seni.

INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Seseorang dengan tipe INFJ memiliki kemampuan untuk memahami pemikiran orang lain, hubungan antar ide, bahkan hubungan sosial. Tipe ini cenderung memiliki kepekaan terhadap apa yang dirasakan oleh orang lain. Mereka juga mampu menjadi support system bagi orang-orang disekelilingnya.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Kepribadian MMPI

INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Seseorang dengan tipe INFP merupakan orang yang idealis, teguh memegang prinsip, dan setia terutama pada orang-orang penting dalam hidupnya. Tipe ini bisa menjadi orang yang sangat fleksibel, tapi tidak dengan prinsip yang telah ia pegang. Selain itu, tipe INFP memiliki rasa ingin tahu yang besar dan terbuka dengan berbagai kemungkinan.

INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Seseorang dengan tipe INTJ merupakan sosok yang mandiri, terorganisir, serta memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain. Hal tersebutlah yang membuat mereka pandai dalam mengatur strategi dan perencanaan.

INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Seseorang dengan tipe INTP merupakan orang yang teoritis dan abstrak, dengan tampilan yang cerdas dan tenang. Jika memiliki keinginan, mereka mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Namun orang dengan tipe INTP ini umumnya tidak menyukai aturan dan perencanaan.

ESTP (Extroverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Seseorang dengan tipe ESTP merupakan sosok yang fleksibel dan toleran, suka menjalin berkomunikasi aktif. Bagi orang dengan tipe kepribadian yang satu ini teori itu sangat membosankan, mereka lebih senang terjun langsung ke prakteknya.

ESTJ (Extroverted, Sensing, Thinking, Judging)

Seseorang dengan tipe ESTJ merupakan orang yang praktis, realistis, berorientasi fakta, dan tegas. Ia tahu bagaimana mengatur pekerjaan secara efisien agar diperoleh hasil terbaik. Kemampuan mereka dalam mengarahkan ini membuat mereka menjadi tegas, teliti, disiplin, dan taat akan aturan.

ESFP (Extroverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Seseorang dengan tipe ESFP dikenal sebagai sosok yang ramah, bersahabat, fleksibel, adaptif, spontan, mencintai kehidupannya sendiri dan orang lain. Tipe yang satu ini sangat senang bekerja dalam tim. Selain itu, tipe ini juga dikenal sebagai kepribadian yang paling ekstrovert.

ESFJ (Extroverted, Sensing, Feeling, Judging)

Seseorang dengan tipe ESFJ memiliki sikap yang lembut, setia, ramah, dan terorganisir. Ia sangat suka membantu orang lain, terutama orang-orang di sekitarnya. Mereka mencintai kedamaian dalam bekerja. Kepribadian yang satu ini juga ingin dihargai sebagai pribadi dan atas apa yang telah dikerjakannya.

ENFP (Extroverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Seseorang dengan tipe ENFP merupakan tipe orang yang suportif, fleksibel, spontan, dan fasih berbicara. Hal tersebutlah yang membuat mereka cocok untuk menjadi seorang motivator. Tipe ini juga cukup imajinatif dan memiliki antusias yang tinggi.

ENFJ (Extroverted, Intuitive, Feeling, Judging)

Seseorang dengan tipe ENFJ merupakan orang dengan karakteristik yang hangat, berempati tinggi, dan pendengar yang baik. Hal ini membuat mereka sangat senang dalam membantu orang lain untuk mencapai tujuan.

ENTP (Extroverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Seseorang dengan tipe ENTP merupakan tipe orang yang blak-blakan. Meski demikian, mereka adalah pribadi yang logis, cerdas, kreatif, dan paling suka berargumen.

ENTJ (Extroverted, Intuitive, Thinking, Judging)

Seseorang dengan tipe ENTJ merupakan sosok seorang ekstrovert yang tegas dan percaya diri. Mereka merupakan pemikir yang visioner, yaitu menempatkan fokus kepada masa depan dibanding masa kini.

Untuk mengetahui bahwa kamu merupakan tipe kepribadian MBTI yang mana, tentunya harus melakukan psikotes yang disajikan oleh biro psikologi terpercaya. Semoga artikel ini dapat membantu.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Minat SDS Holland