Tips Mengatasi Rasa Takut Berbicara Di Depan Umum

Apakah kamu salah satu orang yang takut berbicara di depan umum? Tenang saja, disini akan dijelaskan tipsnya agar tidak takut lagi.

Tips dan Trik3861 Views

Logos Indonesia Siapa yang merasa takut sekali berbicara di depan orang banyak? Ketika berdiri di atas panggung, memegang mic, dan dilihat oleh ribuan mata yang memandangmu. Saat memulai berbicara, suaramu terdengar gemetaran dan keringat dingin. Itu salah satu gambaran secara umum, seseorang takut berbicara di depan umum.

Baca Artikel Kami Lainnya: Tips Agar Terhindar FOMOGA, Merasa Khawatir Pada Pencapain Orang Lain.

Ketika dalam diskusi kelas. Kamu takut bertanya atau menjawab selama diskusi. Sehingga lebih memilih untuk diam saja. Contoh lainnya, saat kamu melakukan presentasi di kelas. Perasaan ingin segera menyelesaikan sesinya dalam menjelaskan. Itu semua adalah pengalaman seseorang yang takut berbicara di depan umum. Apakah kamu salah satu yang mengalami pengalaman tersebut? Tenang saja, disini akam di jelaskan alasan kamu merasa takut dan cara mengatasinya.

Pembicara

Secara umum, penyebab dari rasa takut berbicara di depan umum adalah ketidakbiasaan dalam melakukannya. Sistem pendidikan Indonesia saat ini masih banyak yang menggunakan pengajaran satu arah. Guru menjelaskan dan mutid mendengar. Dari kecil, anak tidak biasa tampil di depan banyak orang. Sehingga rasa kepercayaan dirinya rendah jika diminta untuk tanpil di depan orang banyak. Seseorang jadi sulit mengungkapkan ide atau perasaannya pada orang lain.

Selain itu, berpikir overthinking terhadap situasi yang dihadapinya memperparah rasa takutnya. Mereka membayangkan terlalu berlebihan terhadap situasi saat berbicara di depan banyak orang. Pikirkan yang negatif ini akibat kita tidak mengetahui secara pasti respon yang akan diberikan penonton. Umunya, respon yang dipikirkannya adalah kekhawatiran jika dirinya mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari penonton.

Baca Artikel Kami Lainnya: Kenali Perbedaan Orang Yang Fobia Dan Rasa Takut

Itulah sebabnya, dengan menghidari dari situasi itu akan menghilangkan rasa ketakutannya. Tapi cara itu tidaklah baik. Jika kamu diminta presentasi di kelas dan menghindarinya dengan tidak mau sekolah. Maka, bagaimana dengan presentasi yang lain? Akankah kamu menghindarinya terus? Setiap ada pelajaran yang mengharuskan presentasi di depan banyak orang, rasa takut itu muncul kembali. Sehingga lebih baik diatasi dengan menghadapinya secara langsung.

Berikut tips dari kami untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum.

Beranikan Diri Untuk Berbicara Di Depan Umum

Cara yang paling efektif adalah dengan meghadapinya secara langsung. Dengan begitu kita akan mengetahui jawaban dari ketakutan yang tidak pasti sebelum tampil di depan umum. Terkadang, sesuatu yang kamu takutkan itu tidak benar-benar terjadi. Setelah melakukan berkali-kali, kamu akan terbiasa dengan berbicara di depan umum. Intinya, jangan batasi kamu untuk berkembang lebih baik karena dibatasi rasa takutmu.

Persiapkan Materi Yang Akan Dibicarakan

Jika besok akan ada presentasi di kelas, siapkan pemahaman materi yang baik. Karena itu menjadi modal kamu untuk percaya diri tampil di depan orang banyak. Kamu dengan mudah menjelaskan setiap poin dari materinya. Alhasil, bayangan tentang ketakutan akan tidak bisa menjelaskan di depan orang banyak akan berkurang.

Kenali Karakteristik Penonton Yang Akan Hadir

Kenali Karakteristik penonton juga menjadi cara megatasi rasa takut berbicara di depan umum. Umumnya, ketakutan yang muncul saat tampil adalah takut respon yang di berikan penonton buruk. Jika sudah mengetahui siapa saja yang akan menonton kamu tampil di depan umum, maka kekhawatiran itu bisa berkurang sedikit. Kamu akan mencari cara agar penonton menyukai cara penyampaian kamu.

Jangan Panik

Jika melakukan kesalahan saat tampil di depan umum, jangan langsung panik. Tenanglah bahwa tidak semua orang menyadari kesalahan yang kamu buat. Tenangkan diri dan lanjutkan hingga selesai.

Bayangkan Suasana Yang Menyenangkan Saat Berbicara Di Depan Umum

Salah satu penyebab orang takut berbicara di depan umum adalah bayangkan suasana yang mencekam. Sehingga tanpa sadar kamu sendirilah yang menghadirkan suasana mencekam. Kekuatan pikiran disini sangat berperan. Sesuatu yang kamu bayangkan akan menjadi kenyataan saat menyakini pikiran tersebut.

Maka, lebih baik bayangan situasi yang menyenangkan. Seperti bayangkan mereka semua menyukaimu, bayangkan tidak akan ada yang mencela dirimu melakukannya dan bayangkan situasi yang menyenangkan lainnya.

Katakan “Bisa” Pada Diri Sendiri

Tips terakhir adalah katakan “Bisa” pada diri sendiri. Katakanlah secara terus-menerus di dalam hati. Ini bisa menjadi dorongan kamu untuk berani tampil di depan umum. Hindarilah mengatakan “Tidak” pada diri sendiri dan menghindari situasi. Karena jika kamu melakukan hal tersebut, kamu tidak akan bisa berkembang menjadi lebih baik.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apa Itu Xenophobia Dan Dampaknya Bagi Pendidikan Anak

Itu adalah tips mengatasi rasa takit berbicara di depan umum menurut logos indonesia. Semoga bisa membantu kamu yang saat ini ingin tampil di depan umum, namun masih merasa takut untuk tampil.

Artikel oleh: Logos Indonesia.

Comment