HRD Wajib Tahu : Kandidat Berpengalaman Atau Fresh Graduate Ini Dia Kekurangan dan Kelebihannya

Baik kandidat berpengalaman ataupun fresh graduate, tentu menjadi pertimbangan setiap perusahaan. Untuk itu, simak kelebihan dan kekurangan kandidat berpengalaman dan fresh graduate berikut.

PIO2597 Views

Logos Indonesia – Setiap perusahaan tentu memiliki kriteria yang berbeda-beda dalam memilih calon karyawan. Umumnya, sebelum menyebarkan info lowongan kerja, HRD sudah berunding bersama user tentang kriteria calon karyawan. Kriteria ini tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, atau pengalaman kerja.

Pengalaman atau fresh graduate merupakan salah satu kriteria yang sering ada dalam info lowongan kerja. Beberapa perusahaan menginginkan kandidat yang berpengalaman, karena dirasa sudah memiliki bekal dalam dunia kerja. Namun disisi lain, beberapa perusahaan juga lebih menginginkan kandidat yang fresh graduate, karena dianggap mudah di atur dan memiliki ilmu yang lebih fresh.

Meski demikian, baik kandidat berpengalaman maupun fresh graduate tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai kekurangan dan kelebihan kandidat yang berpengalaman dan fresh graduate.

Kelebihan Kandidat Berpengalaman

Kelebihan Kandidat Berpengalaman
Kelebihan Kandidat Berpengalaman

Perusahaan yang memilih kandidat berpengalaman tentu bukan tanpa alasan. Umumnya, kandidat yang berpengalaman telah memiliki pengetahuan, khususnya pada bidang yang pernah mereka kerjakan. Untuk itu, berikut beberapa kelebihan dari kandidat berpengalaman:

Cepat beradaptasi dengan pekerjaan

Salah satu tantangan merekrut karyawan baru adalah perlu mengajarkan tentang pekerjaan mereka. Keuntungan dari merekrut karyawan berpengalaman adalah mereka cukup cepat dalam beradaptasi dengan pekerjaan. Walaupun setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda-beda, namun setidaknya karyawan berpengalaman telah memiliki bekal pada posisi serupa.

Selain itu, kemampuan dan ilmu yang didapatkan di tempat kerja sebelumnya dapat diaplikasikan atau dikolaborasi dengan cara kerja di perusahaan yang baru. Dengan demikian, dapat ditemukan metode bekerja yang lebih efektif.

Cepat dan tepat dalam bekerja

Kandidat yang telah memiliki pengalaman tentu setidaknya sudah mengetahui alur kerja secara garis besar. Hal ini membuat mereka lebih cepat dan tepat dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Selain itu, karyawan yang sudah memiliki pengalaman juga mampu menempatkan diri dan tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di dunia kerja.

Kekurangan Kandidat Berpengalaman

Kekurangan Kandidat Berpengalaman
Kekurangan Kandidat Berpengalaman

Walaupun kelebihan dari kandidat berpengalaman cukup menggiurkan, namun terdapat beberapa kekurangan yang terkadang menjadi pertimbangan untuk tidak mencari kandidat dengan pengalaman kerja. Berikut kekurangan dari kandidat yang berpengalaman:

Merasa paling pintar

Beberapa kandidat yang telah memiliki pengalaman merasa telah mengetahui seluruh alur pekerjaan. Padahal setiap perusahaan memiliki alur yang berbeda-beda. Hal ini membuat mereka susah diatur dan merasa diri paling benar. Tentu saja ini akan menyusahkan rekan kerja bahkan atasan mereka.

Baca Artikel Kami Lainnya : HRD Wajib Tahu : 10 Manfaat Memiliki Karyawan yang Berkualitas

Memiliki standar salary yang tinggi

Karena merasa telah memiliki pengalaman kerja, beberapa kandidat akan merasa pantas mendapatkan upah yang lebih besar. Hal ini tidak akan jadi masalah jika kemampuannya menyesuaikan dengan standar salary yang diharapkan. Sayangnya, tidak semua kandidat berpengalaman memiliki kemampuan kerja yang baik.

Kelebihan Kandidat Fresh Graduate

Kelebihan Kandidat Fresh Graduate
Kelebihan Kandidat Fresh Graduate

Selain kandidat berpengalaman, kandidat fresh graduate bisa menjadi pilihan bagi perusahaan. Kandidat fresh graduate tidak kalah baiknya dengan kandidat berpengalaman. Berikut beberapa kelebihan dari kandidat fresh graduate:

Bisa menerima masukkan

Karena merasa belum memiliki pengalaman yang mencukupi, seorang fresh graduate umumnya bisa menerima masukkan dengan baik. Mereka cenderung mau belajar hal-hal baru. Selain itu, perusahaan lebih mudah membentuk pola pikir mereka karena belum bercampur dengan pengalaman kerja sebelumnya.

Update perkembangan ilmu dan teknologi

Beberapa ilmu mengalami perubahan, hal ini tentu disadari oleh fresh graduate. Pasalnya, mereka baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan. Dengan demikian, ilmu yang didapatkan tentulah pengetahuan terbaru.

Selain itu seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga terus berkembang. Fresh graduate umumnya anak muda yang selalu update dengan perkembangan yang satu ini. Dengan demikian, fresh graduate bisa menjadi pilihan bagi perusahaan yang mementingkan teknologi.

Kekurangan Kandidat Fresh Graduate

Kekurangan Kandidat Fresh Graduate
Kekurangan Kandidat Fresh Graduate

Kandidat fresh graduate tentu cukup menjanjikan, namun sayangnya mereka juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari kandidat fresh graduate:

Kurang loyal

Karena merasa diri masih muda, umumnya fresh graduate kurang loyal terhadap perusahaan. Tempat kerja pertama umumnya dijadikan batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Tentu hal ini akan mempercepat proses turnnover karyawan.

Membutuhkan proses adaptasi yang cukup panjang

Seorang fresh graduate belum memiliki bekal di dunia kerja. Hal ini tentu menjadi tugas seorang HRD untuk membantu proses adaptasi. Selain itu, walau mereka bekerja di bidang sesuai pendidikannya, namun antara pelajaran di sekolah atau kuliah tentu akan sangat berbeda dengan pengaplikasian di dunia kerja. Dengan demikian, proses adaptasi dengan pekerjaan tentu membutuhkan waktu.

Berdasarkan uraian diatas, manakah yang menjadi pilihan Anda dalam menentukan kandidat? Baik kandidat berpengalaman maupun fresh graduate, tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengelolah sumber daya manusia dalam perusahaan Anda, jangan ragu mengunjungi Konsultan HRD. Dengan begitu Anda akan terbantu dalam menemukan solusi dari permasalahan sumber daya manusia yang perusahaan Anda alami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : HRD Wajib Tahu : Ini Dia Jenis Psikotes yang Sering Digunakan Dalam Proses Rekrutmen