DISC : Ketahui Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Steadiness

Kepribadian steadiness umumnya kepribadian yang sabar, suka mengalah, dan cenderung tertutup tertutup. Dalam bekerja mereka lebih menyukai pekerjaan yang monoton dan stabil.

Kerpibadian, PIO9323 Views

Logos Indonesia – Mengetahui kepribadian dapat membantu kamu untuk mengenal dirimu sendiri secara lebih mendalam. Selain itu, kamu juga dapat menentukan dengan mudah jurusan kuliah atau pekerjaan yang cocok untuk mu.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kepribadian adalah dengan tes DISC. Tes DISC sendiri merupakan psikotes kepribadian yang mampu mengungkap 4 tipe kepribadian, yaitu dominance, influence, steadiness, dan compliance. Dimana keempat tipe kepribadian imi memiliki keunggulannya masing-masing.

Untuk itu, agar dapat mengetahui kepribadian yang kamu miliki, kamu bisa mengikuti psikotes DISC atau melakukan psikotes online.

Pada artikel ini, kami akan membahas secara lebih detail mengenai kepribadian steadiness yang merupakan salah satu kepribadian yang diungkap dari tes DISC. Adapun pembahasannya akan seputar pengertian kepribadian steadiness, karakteristik, kekurangan dan kelebihan, serta pekerjaan yang cocok bagi orang dengan kepribadian steadiness.

Apa Itu Kepribadian Steadiness?

Apa Itu Kepribadian Steadiness
Apa Itu Kepribadian Steadiness

Siapa lagi yang bisa menjadi pendengar terbaik kalau bukan orang dengan kepribadian steadiness. Orang dengan kepribadian steadiness cenderung lebih tenang dari kepribadian lainnya, tidak heran mereka sering mendapat julukan anak tenang.

Kepribadian steadiness umumnya kepribadian yang sabar, suka mengalah, dan cenderung tertutup tertutup. Namun, dari sikapnya yang seperti itu, mereka dapat menjadi pendengar yang baik bagi teman-temannya. Sikapnya yang pendiam juga membuat mereka mampu menjaga rahasia dengan baik.

Seorang steadiness akan merasa nyaman dengan kehidupan yang tenang. Mereka tidak begitu menyukai perubahan dan hal-hal yang tidak sistematis. Walau hal ini terdengar cukup membosankan, namun bagi orang dengan kepribadian steadiness, ini sangat menenangkan.

Sayangnya, orang dengan kepribadian steadiness cenderung susah beradaptasi dengan lingkungan baru. Hal ini tidak mengherankan mengingat mereka bukan orang yang aktif terutama dalam komunikasi.

Walaupun mereka cenderung bersikap tenang dan tidak mengkhawatirkan. Namun mereka juga suka memendam perasaaan. Selain itu, untuk memahami perasaan mereka, dibutuhkan kemampuan yang lebih optimal.

Dalam bekerja, orang dengan kepribadian ini cukup bisa diandalkan. Mereka juga pandai menghadapi konflik dan perselisihan, taat pada aturan, serta memiliki empati yang tinggi. Sayangnya, mereka cenderung sensitif pada kritik, dan bekerja dengan tempo yang relatif lambat.

Karakteristik Kepribadian Steadiness

Karakteristik Kepribadian Steadiness
Karakteristik Kepribadian Steadiness

Untuk mengenal lebih dalam dengan kepribadian steadiness, berikut beberapa karakteristik dari orang dengan kepribadian steadiness:

Penyabar

Orang dengan kepribadian steadiness merupakan pribadi yang sabar dalam kondisi apapun. Menunggu dalam waktu yang cukup lama bukanlah hal yang menyusahkan bagi mereka. Tidak heran orang dengan kepribadian ini cenderung memiliki komitmen dalam hubungan.

Baca Artikel Kami Lainnya : DISC : Mengenal Kepribadian Influence dan Pekerjaan yang Cocok

Pasif

Karakternya yang cukup pendiam membuat orang dengan kepribadian steadiness terlihat pasif. Mereka susah untuk membuka obrolan dengan orang lain. Terutama pada orang yang baru dijumpai. Meski demikian, mereka tidak memiliki masalah dalam bersosialisasi.

Emosi stabil

Masih berhubungan dengan karakter yang pendiam, orang dengan kapribadian steadiness ini juga memiliki emosi yang stabil. Mereka tidak mudah meledak saat berhadap dengan masalah. Ketenangan merupakan wajah dari kepribadian yang satu ini.

Tekun

Dalam bekerja atau belajar, orang dengan kepribadian steadiness ini dikenal sebagai pribadi yang tekun. Mereka akan mengusahakan semaksimal mungkin untuk mencapai target-target yang telah ditentukan sebelumnya.

Monoton

Orang dengan kepribadian ini menyukai hal-hal yang monoton. Termasuk dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari. Mereka tidak begitu menyukai perubahan dalam hidup. Hal itu dirasa cukup menyusahkan.

Pendengar yang baik

Walau dikenal sebagai pribadi yang pendiam, orang dengan kepribadian steadiness ini bisa menjadi pendengar yang baik. Karena tidak begitu suka berbicara, mereka bisa menjaga rahasia dengan cukup baik.

Susah beradaptasi

Seseorang dengan kepribadian steadiness cenderung susah beradaptasi pada perubahan baru dalam kehidupannya. Mereka membutuhkan waktu yang lama untuk dapat tenang menjalani kehidupan barunya. Hal ini membuat mereka lebih menyukai pekerjaan yang monoton.

Berdasarkan karakteristik diatas, apakah kamu merupakan salah satu dari orang dengan kepribadian steadiness? Untuk memastikan hal itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti Psikotes DISC.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Steadiness

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Steadiness
Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian Steadiness

Sama dengan kepribadian lainnya, orang dengan kepribadian steadiness memiliki kelebihan yang membuat mereka menarik. Contohnya dalam bekerja, orang dengan kepribadian ini sangat bisa diandalkan karena ketekunan yang mereka miliki. Selain itu, mereka juga pandai menyelesaikan konflik dan perselisihan, taat pada aturan, dan penuh empati.

Meski demikian, seorang steadiness juga memiliki kekurangan yang membuat mereka cukup manusiawi. Contohnya, mereka merupakan pribadi yang susah beradaptasi, susah menerima kritik, sulit menentukan prioritas, memiliki tempo kerja yang cenderung lambat, dan pendendam.

Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Steadiness

Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Steadiness
Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian Steadiness

Orang dengan kepribadian steadiness tidak begitu menyukai perubahan dan senang bekerja pada hal-hal yang monoton. Tipe kepribadian ini juga cenderung menghindari konflik dan menyukai pekerjaan yang tenang. Hal ini membuat mereka sangat cocok menjadi admin, akuntan, sekretaris, pustakawan, dan pekerjaan lain yang cocok dengan karakter seorang steadiness.

Namun karena hal itu pula, mereka tidak cocok ditempatkan sebagai sales, event organizer, artis/aktor, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang membutuhkan interaksi dengan banyak orang dan perubahan yang signifikan.

Baca Artikel Kami Lainnya : DISC : Pekerjaan Apa yang Cocok untuk Kepribadian Dominance?

Comment