Kehilangan Mood Saat Bekerja? Coba Beberapa Tips Berikut Ini

Kehilangan mood saat bekerja akan mengganggu efektivitas kamu dalam bekerja. Hal ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada hasil kerjamu. Simak tips berikut untuk mengantisipasinya!

PIO, Tips dan Trik3690 Views

Logos Indonesia – Apakah kamu seorang karyawan yang selalu bermasalah dengan mood buruk saat bekerja? Hal ini merupakan situasi yang wajar. Pasalnya, saat bekerja kita akan dihadapkan dengan berbagai tuntutan dan tekanan. Bahkan sebelum memulai pekerjaan, kita sudah ditimpa bayangan akan tuntutan dan tekanan kerja tersebut.

Mood akan sangat mempengaruhi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Baik itu untuk belajar atau bahkan bekerja. Saat bekerja dengan mood yang baik, seseorang akan bekerja dengan lebih produktif dan menciptakan hasil kerja yang maksimal. Begitu juga sebaliknya, saat bekerja dengan mood yang buruk seseorang cenderung kehilangan semangat dan hasil kerja juga menjadi kurang maksimal.

Dengan demikian, mood saat bekerja sangat berpengaruh untuk seorang karyawan. Sayangnya, beberapa orang memiliki mood yang tidak terkendali. Hal ini tentu akan menghambat kinerja kerja seseorang. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

Kenali Pemicu Kehilangan Mood

Sebelum memulai mencari cara mengatasi kehilangan mood, kamu bisa mulai dari mengenali pemicu dari kehilangan mood tersebut. Apakah hal tersebut berasal dari pekerjaanmu, atau diluar pekerjaan.

Jika pemicunya ternyata berasal dari pekerjaan, kamu bisa mengkomunikasikan dengan rekan kerja atau atasan. Bisa jadi kamu akan mendapatkan solusi dari itu semua. Namun jika berasal dari eksternal pekerjaanmu, sebaiknya kamu belajar mengelola dengan baik agar tidak mengganggu pekerjaan mu.

Tarik Nafas Panjang

Tips yang satu ini cukup sederhana dalam pengaplikasiannya. Saat tiba-tiba mood kamu terganggu, kamu bisa menarik nafas panjang, lalu menghembuskannya secara perlahan. Lakukan hal ini setidaknya tiga kali.

Kegiatan semacam ini akan membantu kamu agar tetap rileks. Bisa jadi kamu kehilangan mood karena terlalu tegang dengan kehidupan atau tekanan yang ada di kantor. Walaupun sederhana, namun tindakan ini mampu membuat kamu tenang.

Tidak Menunda Pekerjaan

Tidak Menunda Pekerjaan
Tidak Menunda Pekerjaan

Kehilangan mood memang membuat kamu ingin meninggalkan segala tugas dan tanggung jawab yang kamu miliki. Sayangnya jika kamu melakukan hal itu, kamu hanya akan semakin stress akibat pekerjaan yang menumpuk.

Menunda pekerjaan hanya membuat pekerjaan kamu semakin banyak di waktu yang berbeda. Dengan demikian, tindakan ini bukanlah perilaku yang tepat untuk mengembalikan mood mu yang hilang.

Menciptakan Tujuan

Tujuan yang kamu ciptakan dapat menjadi penyemangat untuk kamu. Begitu juga dalam bekerja. Tetapkan apa yang menjadi tujuanmu dalam bekerja, misalnya ada posisi yang kamu harapkan, proyek yang ingin kamu selesaikan, atau hal-hal kecil seperti membeli gadget baru.

Saat merasa kehilangan mood atau semangat dalam bekerja, kamu bisa mengingat kembali tujuan mu sebelumnya. Kamu juga bisa menuliskan tujuan itu pada meja kerja atau note di komputer mu. Hal ini akan mengembalikan mood mu yang hilang.

Baca Artikel Kami Lainnya : Capek Kerja Jangan Langsung Resign! Praktekkan Tips Berikut

Istirahat Sejenak

Istirahat sejenak sangat berbeda dengan menunda pekerjaan. Istirahat dilakukan bukan untuk menghindari pekerjaan, melainkan untuk mengembalikan tenaga yang terkuras. Baik fisik maupun pikiran membutuhkan waktu untuk istirahat.

Dalam istirahat tentu kamu perlu memperhatikan waktu. Jangan terlena dengan waktu istirahat. Kamu bisa melakukan peregangan kecil saat bekerja, atau berjalan sebentar ke pantri atau toilet. Gerakan kecil semacam ini akan meregangkan otot-otot yang kaku selama bekerja.

Memberikan Reward

Memberikan Reward
Memberikan Reward

Mendapatkan reward atau hadiah tidak harus dari orang lain. Untuk bukti bahwa kamu menghargai kerja keras mu, tidak ada salahnya memberikan reward untuk diri sendiri. Hal ini dilakukan untuk membuat kamu lebih semangat lagi kedepannya.

Kamu yang telah lelah bekerja tentu membutuhkan apresiasi. Namun, reward ini tidak boleh menjadi alasan untuk kamu menjadi boros. Reward akan efektif jika diberikan setelah mencapai target yang telah kamu tetapkan, atau saat kamu merasa telah mencurahkan tenaga dan pikiran mu dalam jumlah yang cukup besar.

Melakukan Hobi di Waktu Luang

Melakukan rutinitas pekerjaan saat weekday terkadang membuat kita melupakan aktivitas yang menyenangkan. Kamu tentu memiliki hobi yang jika dilakukan akan membuat mood mu menjadi baik. Mungkin kamu bisa mulai dari hal ini.

Melakukan hobi di waktu luang akan memperbaiki mood mu. Kamu bisa melukis, bermain musik, travelling, atau hal-hal lain di waktu senggangmu. Kegiatan semacam ini akan membuat kamu lebih semangat lagi saat kembali bekerja.

Temukan Rekan yang Positif

Tahukah kamu bahwa faktor lingkungan sangat mempengaruhi mood kita? Makanya sangat penting memiliki lingkungan dan rekan kerja yang positif. Rekan kerja yang saling mendukung akan membuat kita mood kita lebih baik saat bekerja.

Lain halnya jika kamu berada di lingkungan kerja yang toxic. Kamu akan merasa kelelahan secara mental dan akhirnya membuat mood mu menghilang. Hal ini tentu secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja kerjamu.

Banyak hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan mood mu yang hilang. Namun, jika kamu merasa hal ini sangat mengganggu aktivitas mu, kamu bisa mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi. Psikolog-psikolog berpengalaman akan membantu kamu mengatasi permasalahan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Ini Dia Dampak Tidak Percaya Diri Pada Karyawan