Capek Kerja Jangan Langsung Resign! Praktekkan Tips Berikut

Lelah saat bekerja sangat manusiawi. Namun memutuskan untuk resign karena hal itu perlu menjadi pertimbangan. Sebelum itu terjadi, pastikan kamu sudah mencoba beberapa tips berikut.

PIO2884 Views

Logos Indonesia – Bekerja memang bukan perkara mudah, terlebih lagi jika sudah menghadapi banyak sekali masalah. Hal ini menjadikan stress kerja sangat erat kaitannya dengan para karyawan.

Tidak jarang karyawan justru memutuskan untuk berhenti bekerja karena terlalu kelelahan. Namun sayangnya, mencari pekerjaan baru tidak semudah membalikkan telapak tangan. Lagi pula, siapa yang bisa menjamin kalau pekerjaan lain akan lebih mudah daripada pekerjaan saat ini?

Berhenti bekerja perlu melalui pertimbangan yang cukup besar. Perasaan lelah terhadap suatu pekerjaan perlu dipertimbangkan kembali untuk menjadi alasan berhenti di tempat kerja. Karena pada umumnya setiap pekerjaan memiliki titik lelah yang berbeda-beda. Untuk itu, sebelum memutuskan resign karena lelah, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut:

Tidur yang Cukup

Kurang tidur akan membuat kita kekurangan semangat dalam menjalani hari. Terlebih lagi jika pekerjaanmu membutuhkan tenaga dan fokus yang tinggi. Pasalnya, kurang tidur juga akan menurunkan kemampuan konsentrasi dan tenaga.

Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 8 jam sehari. Pastikan kamu memiliki waktu tidur tersebut. Selain itu, pastikan juga tidur mu berkualitas. Hal ini penting untuk membuat kamu tetap bugar selama bekerja.

Jika memang dibutuhkan, kamu bisa tidur selama 15 menit di waktu istirahat. Dengan demikian, kamu akan memiliki tenaga lebih untuk melanjutkan pekerjaan. Selain itu kamu juga bisa merasa lebih rileks.

Memiliki tidur yang cukup dan teratur juga bisa menjadi investasi penting untuk kesehatanmu. Lagi pula, kamu mungkin merasa terlalu lelah bekerja karena waktu tidurmu yang sangat minim. Bekerja memang penting, namun segalanya akan terhenti jika kamu merasa kelelahan, apalagi sampai sakit.

Makan dan Olahraga Teratur

Makan dan Olahraga Teratur
Makan dan Olahraga Teratur

Selain tidur yang cukup, kamu perlu untuk makan dan olahraga teratur. Makanan merupakan sumber energi. Bagaimana kamu bisa menjalani rutinitas pekerjaanmu jika kamu tidak memiliki cukup energi. Kekurangan energi akan membuat kamu merasa lelah dan tidak bersemangat untuk bekerja.

Selain makan teratur, kamu perlu memperhatikan apa yang kamu makan. Makanan yang bergizi akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan makanan siap saji. Makanan siap saji hanya akan membuat kamu kenyang, tapi tidak dengan nilai gizi di dalamnya. Untuk memaksimalkan apa yang kamu konsumsi, maka pastikan makanan itu mengandung gizi seimbang.

Olahraga akan menjadi sangat susah, terlebih lagi dengan jadwal yang padat. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat yang memakan banyak waktu dan tenaga. Cukup lakukan beberapa stretching saat merasa pegal atau di pagi hari sebelum memulai beraktivitas. Kamu juga bisa bersepeda, jogging, atau yoga.  Olahraga rutin akan membantu kamu memiliki pikiran positif dan semangat kerja.

Liburan

Tidak ada salahnya untuk mengambil cuti dan berlibur sejenak. Terkadang rasa lelah bisa diatasi dengan mencoba pengalam baru atau mengunjungi tempat-tempat baru. Setelah kembali dari liburan, kamu akan merasa memiliki semangat lebih untuk bekerja.

Istirahatkan sejenak otak dan tubuhmu yang telah lelah bekerja. Cobalah untuk menikmati waktu liburan dan pemandangan indah di depan matamu. Hal ini perlu dilakukan agar membuat kamu terhindar dari stress.

Baca Artikel Kami Lainnya : Ini Dia Dampak Tidak Percaya Diri Pada Karyawan

Ganti Suasana

Mengganti suasana bukan berarti kamu harus mencari tempat kerja baru. Kamu bisa merubah suasana di meja kerjamu. Tata kembali dan temukan suasana yang baik untuk membuat kamu lebih semangat dalam bekerja. Ada kalanya rasa lelah berasal dari suasana yang itu-itu saja. Dengan demikian kamu perlu untuk sedikit merubahnya.

Menjalankan Hobi

Menjalankan Hobi
Menjalankan Hobi

Kira-kira apa yang menjadi hobimu? Apakah melukis, merajut, atau bermain musik? Jika kamu terlalu lelah bekerja, maka luangkan sedikit waktumu untuk menjalankan hobimu. Menjalankan hal yang kita senangi bisa menjadi media relaksasi untuk diri. Setelah selesai menjalankan hobi, kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Hal ini baik untuk kondisi mental mu.

Konsultasi Dengan Atasan atau HRD

Kelelahan yang kamu alami bisa jadi karena beban kerja yang telah melebihi kapasitas mu. Jika demikian, kamu perlu untuk berkonsultasi dengan atasan ataupun HRD. Atasan yang baik akan membantu kamu menemukan jalan keluar. Bisa jadi kamu akan membagi beban kerja dengan atasan atau rekan kerjamu. Hal ini akan baik untuk kamu kedepannya.

Melakukan Konseling Rutin

Jika kamu merasa tantangan di tempat kerja terlalu berat, tidak ada salahnya untuk melakukan konseling. Kamu bisa mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan Konseling Online. Konseling secara rutin akan membantu kamu sehat secara mental. Kamu juga bisa mendapatkan penanganan stress yang kamu alami di tempat kerja.

Berkonsultasi dengan psikolog bukan berarti kamu lemah, melainkan bukti bahwa kamu menyayangi dirimu sendiri. Hal ini kamu lakukan semata-mata demi mendapatkan pertolongan terhadap kesulitan yang kamu hadapi. Maka, tidak apa-apa untuk mengunjungi psikolog.

Baca Artikel Kami Lainnya : Ini Dia Pentingnya Public Speaking Bagi Karyawan