Inging Sesi Interview Anda Sukses? Gunakan Metode STAR!

Berhasil dalam melakukan proses interview merupakan idaman setiap job seekers. Namun tahukah Anda dengan metode STAR? Metode ini dapat melancarkan proses interview mu loh. Yuk simak artikel ini dengan baik.

PIO137 Views

Logos Indonesia – Berhasil masuk ke tahap interview merupakan hal yang menyenangkan. Namun, pada tahap ini banyak kemungkinan yang dapat mengakibatkan Anda gagal. Salah satunya adalah kurang persiapan. Hal yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan sesi interview adalah mempelajari metode STAR untuk melancarkan proses interview mu.

Cukup banyak recruiter yang menggunakan teknik behavioral event interview atau yang biasa disingkat BEI. Untuk mengimbangi teknik interview yang satu ini, kamu bisa menggunakan metode STAR.

Pengertian Metode STAR

Pengertian Metode STAR
Pengertian Metode STAR

Metode STAR adalah metode yang digunakan untuk menanggapi pertanyaan yang berhubungan dengan tingkah laku. STAR sendiri merupakan empat elemen yang dapat digunakan dalam menanggapi pertanyaan dari recruiter.

Dengan menerapkan keempat elemen tersebut, Anda bisa menjawab pertanyaan dengan cukup baik. Berikut elemen yang terkandung dalam metode STAR:

Situation

Situation dalam hal ini adalah menjelaskan mengenai situasi dari pengalaman di masa lampau. Kamu bisa menyesuaikan dengan pertanyaan yang diajukan recruiter, misalnya seputar pengalaman kerja atau kuliah. Kamu tidak perlu menjelaskan panjang lebar, cukup secara singkat dan jelas.

Task

Setelah membuka dengan menjelaskan situasi yang ada, kamu bisa menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawabmu dalam situasi tersebut. Kamu juga bisa menambahkan tuntutan atau harapan yang diberikan kepada kamu.

Action

Setelah mengetahui situasi dan tugas yang dibebankan kepada kamu, recruiter tentunya ingin mengetahui bagaimana langkah yang kamu ambil. Pada bagian inilah kamu bisa menceritakannya. Tidak hanya seputar langkah yang kamu ambil, melainkan juga apa yang mendasari kamu untuk mengambil langkah tersebut.

Result

Pada akhir jawaban, kamu bisa menceritakan tentang hasil apa yang bisa kamu dapat dari langkah yang kamu lakukan.

Hal-Hal yang Perlu Menjadi Perhatian dalam Menggunakan Metode STAR

Poin Penting Dalam Metode STAR
Poin Penting Dalam Metode STAR

Jika melihat dari isi dari poin yang perlu disampaikan dalam metode STAR rasanya memang tidak terlalu sulit. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menggunakan metode yang satu ini, yaitu:

Carilah contoh sesuai

Carilah contoh yang sesuai dengan pertanyaan. Kamu perlu memahami pertanyaan yang diajukan dengan baik. Sesuaikan dengan masa lalu yang pernah kamu alami. Pastikan masa lalu tersebut merupakan pengalaman kamu tanpa dilebih-lebihkan. Jangan sampai contoh yang kamu berikan justru menjadi bumerang untuk kamu.

Sampaikan dengan jelas dan singkat

Jika kamu sudah menemukan contoh yang sesuai, cukup sampaikan jawabanmu dengan singkat dan jelas. Tidak perlu terlalu detail, yang penting sesuai denga apa yang ingin diketahui recruiter.

Sisipkan peran dan tanggung jawab mu

Tidak cukup menceritakan apa yang kamu alami, kamu harus sampaikan peran dan tanggung jawab mu untuk menonjolkan kemampuan mu dalam menghadapi situasi tertentu. Tentunya sampaikan tugas dan tanggung jawab yang berarti.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Lebih Jauh Tentang Teknik Interview BEI

Jelaskan cara yang kamu gunakan

Jelaskan juga mengenai metode apa yang kamu gunakan dalam menghadapi situasi tersebut. Kamu juga bisa menjelaskan apa yang mendasari kamu untuk menggunakan metode tersebut.

Sampaikan hasil

Kamu harus berhati-hati dalam hal ini. Jika kamu menyampaikan secara berlebihan, kamu akan dianggap sombong. Kamu perlu menyampaikan sesuai fakta dan tidak perlu dilebih-lebihkan. Sebaiknya kamu menyampaikan dengan angka agar lebih mudah terukur.

Lakukan persiapan sebelum wawancara

Dengan membaca artikel ini, kamu secara tidak langsung sudah melakukan persiapan. Coba untuk riset mengenai pertanyaan apa saja yang mungkin akan muncul dan bagaimana cara kamu menanggapinya. Hal ini akan baik agar kamu tidak grogi dan memiliki kosakata yang lebih tertata.

Contoh Jawaban Menggunakan Metode STAR

Jawaban Dengan Metode STAR
Jawaban Dengan Metode STAR

Berikut pertanyaan yang mungkin akan muncul dalam teknik BEI:

“Apakah pernah terdapat konflik antar sesama karyawan di perusahaan sebelumnya? Jika iya, bagaimana cara anda menanggapinya?”

Jika kamu menggunakan metode STAR untuk menjawab pertanyaan di atas, pastikan kamu mengingat elemen apa yang terkandung dalam metode tersebut dan aplikasikan dalam jawaban kamu seperti berikut:

Situation “Pernah Pak/Bu, di perusahaan sebelumnya memang pernah ada karyawan yang memiliki konflik dengan karyawan lain karena urusan pribadi.”

Task “Sebagai rekan saya tidak ingin situasi kantor menjadi tidak nyaman dan saya mencoba untuk menjadi penengah bagi keduanya.”

Action “Saya mencari tahu mengenai permasalahan apa yang ada di antara mereka dari kedua pihak. Saya mencoba untuk mempertemukan mereka dan mencoba untuk mendiskusikan permasalah tersebut secara baik-baik.”

Result “Syukurnya setelah diskusi tersebut mereka bisa saling memahami dan memaafkan satu sama lain. Dengan demikian situasi di kantor lebih kondusif lagi dibanding sebelumnya.”

Seperti itulah contoh respon pertanyaan dengan menggunakan metode STAR. Tidak perlu terlalu panjang lebar, namun sesuai dengan tujuan pertanyaan yang dimaksud.

Mendapatkan pekerjaan merupakan impian setiap jobseekers. Dengan menggunakan metode STAR dalam proses interview, bisa membuat kamu lebih tertata dalam menjawab pertanyaan. Khususnya untuk wawancara yang menggunakan teknik BEI.

Proses interview masih merupakan salah satu tahapan rekrutmen karyawan, dengan demikian kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk melakukan tahap interview lainnya seperti psikotes dan lain sebagainya. Semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Posisi HRD dan Tugas yang Dimiliki