Mengenal Lebih Jauh Tentang Teknik Interview BEI

Banyak cara yang digunakan seorang HRD untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu metode yang umum digunakan adalah dengan interview dengan teknik BEI. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

PIO158 Views

Logos Indonesia – HRD merupakan posisi yang bertugas untuk melakukan proses rekrutmen karyawan. Salah satu dari proses rekrutmen adalah melakukan interview kerja. Dari interview kerja tersebut, HRD bisa memeriksa kebenaran dokumen dan mencoba untuk menggali kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawan.

Untuk menggali kemampuan seseorang yang baru dikenal dalam jangka waktu singkat bukan merupakan hal yang mudah. Banyak teknik interview kerja yang dimanfaatkan oleh HRD. Salah satu teknik yang paling familiar adalah Teknik Behavioral Event Interview atau yang biasa disingkat dengan BEI.

Teknik BEI merupakan teknik interview untuk menggali informasi yang pernah dialami oleh calon karyawan sebelumnya. Teknik ini memberikan kenyaman bagi calon karyawan agar dapat menceritakan pengalaman yang pernah dialami. Dari pengalaman yang diceritakan oleh calon karyawan, HRD bisa menyimpulkan apa saja yang menjadi keahlian karyawan tersebut.

Dalam hal ini, pengalaman yang diceritakan bisa mengenai keberhasilan, kegagalan, dan cara menyikapi keduanya. Dari situ bisa dinilai bagaimana cara calon karyawan tersebut menyelesaikan permasalahan atau menanggapi keberhasilannya. Sebaiknya teknik ini dilakukan secara tatap muka secara langsung. Fungsinya adalah untuk mengetahui seberapa validnya informasi yang diungkapkan calon karyawan berdasarkan dari bahasa tubuhnya.

Teknik interview BEI banyak digunakan oleh para HRD, hal ini karena dianggap cukup akurat dalam melakukan seleksi karyawan. Mengingat metode ini menggali masa lalu dan dari situlah diketahui tentang kinerja yang dimiliki.

Pertanyaan yang Sering Muncul dalam Teknik Interview BEI

Pertanyaan Dalam Teknik BEI
Pertanyaan Dalam Teknik BEI

Dalam teknik interview BEI, interviewer biasanya akan berfokus pada pengalaman yang dapat mencerminkan karakter dari calon karyawan seperti cara berpikir dan kebiasaan yang sering dilakukan.

Pertanyaan akan seputar pengalaman kerja, atau jika belum pernah bekerja bisa pengalaman sekolah, organisasi, dan lain sebagainya. Perlu menjadi garis bawah di sini adalah jenis pertanyaan harus seputar pengalaman. Jadi interviewer tidak akan memberikan kasus yang belum pernah dihadapi calon karyawan.

Walaupun cuman sekedar menggali pengalaman masa lampau, namun banyak hal yang bisa ditemukan dari teknik interview yang satu ini, diantaranya adalah kemampuan teamwork, kemampuan beradaptasi, time management, kemampuan problem solving, dan masih banyak lagi.

Kemampuan teamwork

Kemampuan teamwork bisa ditemukan dari teknik ini dengan mengajukan pertanyaan seperti berikut:

“Ceritakan pengalaman Anda saat bekerja dengan tim yang memiliki kepribadian berbeda dengan!”

“Ceritakan permasalahan terbesar yang pernah Anda alami dengan rekan kerja Anda di perusahaan sebelumnya dan bagaimana Anda menyikapi permasalahan tersebut?”

Kemampuan adaptasi

Kemampuan adaptasi ini sangat penting untuk meningkatkan kerukunan antar sesama karyawan. HRD juga bisa mengetahuinya dari teknik BEI dengan mengajukan pertanyaan seperti:

“Bagaimana pengalaman pertama Anda saat bekerja di perusahaan sebelumnya dan apa yang mempengaruhi proses adaptasi Anda?”

Baca Artikel Kami Lainnya : Kembangkan Hard Skill Berikut untuk Menjadi HRD Profesional

Time management

Kemampuan time management sangat diperlukan untuk kedisiplinan karyawan. Berikut pertanyaan yang bisa diajukan untuk menggali kemampuan ini:

“Di perusahaan sebelumnya, pekerjaan apa yang paling memakan waktu dan bagaimana Anda menghadapinya?”

Kemampuan problem solving

Tidak jarang seorang HRD ingin mengetahui bagaimana kemampuan problem solving yang dimiliki calon karyawan. Walau bagaimanapun permasalahan bukan hal yang bisa kita hindari, dengan demikian kemampuan ini menjadi nilai penting. Berikut pertanyaan yang bisa mengungkap kemampuan problem solving calon karyawan:

“Permasalahan apa yang pernah Anda hadapi di perusahaan sebelumnya dan bagaimana cara Anda menyelesaikannya?”

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang bisa digali dari teknik BEI ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk menggunakan teknik BEI, pertanyaan yang Anda berikan harus fokus pada pengalaman masa lampau.

Kelebihan dan Kekurangan Teknik Interview BEI

Kelebihan dan Kekurangan Teknik BEI
Kelebihan dan Kekurangan Teknik BEI

Setiap teknik interview pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun untuk memilih sebuah teknik tertentu pastikan disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan.

Adapun kelebihan dari teknik interview BEI adalah mampu mengidentifikasi kompetensi yang dimiliki oleh calon karyawan. Jika dibandingkan dengan teknik interview lain, teknik ini mampu memberikan informasi yang dibutuhkan.

Sedangkan kekurangan dari teknik interview BEI adalah membutuhkan waktu dalam prosesnya, mengingat dalam teknik interview ini kita membuat calon karyawan bercerita panjang lebar mengenai masa lampaunya. Berdasarkan hal ini, teknik BEI tidak memungkinkan digunakan untuk rekrutmen massal karyawan. Selain itu teknik ini tidak bisa dilakukan secara klasikal atau satu per satu. Dari segi kemampuan, teknik ini membutuhkan kemampuan yang tinggi karena diperlukan observasi dan kemampuan berpikir kritis, dengan demikian orang yang melakukan teknik interview BEI harus paham betul mengenai metode dari wawancara tersebut. Informasi yang didapatkan juga hanya berasal dari calon karyawan, sehingga apa yang disampaikan hanya sebatas apa yang diingat oleh calon karyawan tersebut saja.

Meski demikian, teknik interview ini masih menjadi teknik yang banyak digemari oleh HRD. Jika memungkinkan, HRD bisa melakukan kombinasi teknik untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Perisapan Sebelum Wawancara Kerja

Comment