Kenali Tips Membangun Self Improvement

Peningkatan self improvement ini bisa mendatangkan berbagai manfaat untuk diri sendiri. Selain itu, dalam organisasi melakukan peningkatan pada self improvement karyawan dapat membantu dalam pengembangan organisasi.

Sosial2733 Views

Logos Indonesia – Memiliki kehidupan yang lebih baik dari hari kemarin merupakan hal yang selalu diupayakan oleh semua orang. Dengan demikian, istilah self improvement seharusnya sudah cukup sering dijalankan. Baik disengaja, maupun tidak disengaja.

Menjadi pribadi yang lebih baik akan mendatangkan sejumlah manfaat bagi diri sendiri. Misalnya, dengan memulai untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Contoh lainnya dengan mempelajari ilmu baru hari ini, akan berguna di kemudian hari.

Karena hal-hal tersebutlah kali ini kita akan membahas mengenai self improvement dan tips membangunnya.

Pengertian Self Improvement

Pengertian Self Improvement
Pengertian Self Improvement

Self improvement merupakan upaya yang dilakukan guna mendapatkan peningkatan hidup. Peningkatan dalam hal ini bisa berbagai macam, misalnya peningkatan kualitas kesehatan, peningkatan jenjang karir, peningkatan bakat dan potensi, peningkatan kesadaran sosial, dan masih banyak lagi.

Peningkatan self improvement ini bisa mendatangkan berbagai manfaat untuk diri sendiri. Selain itu, dalam organisasi melakukan peningkatan pada self improvement karyawan dapat membantu dalam pengembangan organisasi.

Manfaat Self Improvement

Manfaat Self Improvement
Manfaat Self Improvement

Self improvement cukup populer karena berbagai manfaat yang dimiliki, yaitu:

Meningkatkan kesadaran diri

Self improvement dapat meningkatkan kesadaran diri seseorang. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita akan berjumpa dengan hal-hal baik maupun buruk setiap harinya. Dengan adanya self improvement kita akan lebih mengenali kepribadian, cara berpikir, dan perasaan yang Anda rasakan ketika dihadapkan hal baik maupun buruk. Maka, kita akan mengetahui langkah terbaik apa yang akan kita ambil kedepannya.

Mengenal kemampuan

Self improvement juga dapat membantu mengenal kemampuan yang kita miliki. Seberapa besar kemampuan itu dan dimana batas kemampuan tersebut. Hal ini cukup baik untuk mengetahui kemampuan apa yang perlu kita asah dan juga bagaimana kita memanfaatkan kemampuan tersebut.

Menjaga kesehatan mental

Kemampuan self improvement akan membuat kesehatan mental kita lebih terjaga. Pasalnya, dengan adanya self improvement kita bisa memahami kegagalan, dan lebih bisa menerima diri sendiri baik maupun buruk. Kemampuan ini juga mendorong kita untuk berpikir positif.

Upaya untuk menjadi lebih baik akan membuat hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih baik. Dengan demikian kita akan terhindar dari berbagai stress berat dan penyakit mental lainnya.

Tips Membangun Self Improvement

Tips Membangun Self Improvement
Tips Membangun Self Improvement

Kemampuan self improvement tidak hadir begitu saja dalam diri seseorang, melainkan perlu untuk dilatih. Berikut tips untuk membangun self improvement:

Investasi leher ke atas

Apakah kamu pernah mendengar istilah investasi leher ke atas? Maksud dari istilah ini adalah menanam modal pada otak kita. Sama halnya dengan investasi emas atau properti, semakin banyak dan semakin lama maka mendatangkan keuntungan yang semakin besar pula. Begitu juga dengan otak, semakin banyak pembelajaran yang kamu tanamkan, maka semakin banyak manfaat yang kamu dapatkan.

Dengan demikian, investasi leher ke atas berhubungan dengan ilmu yang kamu pelajari. Bisa dari membaca buku, mengikuti seminar dan pelatihan, atau melalui sekolah formal. Ilmu bisa didapatkan dari mana saja, jadi tidak ada alasan untuk tidak menambah ilmu.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Self Management Untuk Menunjang Karir

Membuat tujuan hidup yang jelas

Dengan memiliki tujuan hidup yang jelas akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan self improvement yang kamu miliki. Tujuan yang jelas akan membuat kamu fokus terhadap skill atau kemampuan apa yang ingin kamu kembangkan.

Misalnya kamu ingin hidup sehat agar mendapatkan tubuh yang bugar. Maka kamu bisa mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, serta menjaga pola tidur yang baik. Dengan tujuan yang jelas akan mempermudah kamu memahami apa yang perlu kamu tingkatkan.

Belajar dari pengalaman

Cukup banyak media untuk belajar, salah satunya adalah belajar dari pengalaman. Ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Dengan belajar dari pengalaman, kamu bisa lebih meningkatkan kemampuan self improvement yang kamu miliki.

Kamu akan mengenali apa yang baik untuk kamu kembangkan dan apa yang buruk untuk kamu tinggalkan. Selain dapat mengembangkan kemampuan self improvement, kamu juga akan mendapatkan berbagai hikmah lainnya, seperti terhindar dari bahaya dan masih banyak lagi.

Mengikuti kegiatan-kegiatan positif

Kegiatan positif seperti seminar, pelatihan, workshop, atau mengikuti komunitas sesuai dengan minatmu akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan self improvement. Kegiatan-kegiatan semacam itu akan membuat kamu terhubung dengan orang-orang yang positif dan memiliki tujuan yang sama, yaitu menambah pengetahuan.

Misalnya jika kamu seorang mahasiswa atau lulusan psikologi dan memiliki minat di bidang alat tes psikologi, kamu bisa mengikuti Workshop Interpretasi Alat Tes Psikologi atau Pelatihan Administrasi & Skoring Alat Tes Psikologi. Kegiatan semacam ini akan membantu untuk meningkatkan kemampuan yang kamu miliki.

Istirahat yang cukup

Banyak orang yang fokus untuk mengembangkan kemampuannya, namun lupa untuk mengistirahatkan tubuh dan pikirannya. Istirahat merupakan kegiatan penting yang kerap kali terlupakan karena fokus untuk hal-hal lain, padahal istirahat sangat penting untuk membantumu menjalani kegiatanmu.

Umumnya orang membutuhkan waktu tidur 8 jam sehari. Jika waktu tidur kurang maka konsentrasi akan terganggu. Hal ini tentu akan membuyarkan segala informasi yang kita dapatkan untuk mengembangkan kemampuan self improvement. Maka, istirahatlah yang cukup, karena tubuhmu membutuhkan itu.

Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa self improvement merupakan upaya untuk meningkatkan diri. Cukup banyak manfaat dari self improvement. Maka dari itu, diperlukan cara-cara tertentu untuk mengembangkan kemampuan yang satu ini.

Baca Artikel Kami Lainnya : Cara Membangun Social Networking Untuk Peningkatan Karir