Penerapan Sehari-Hari Dari Psikologi Warna. Warna Apa Yang Tepat Ketika Kamu Sedang Stress?

Penerapan sehari-hari dari psikologi warna. Warna apa yang tepat ketika kamu sedang stress? Setiap warna punya kekuatan masing-masing.

Biopsikologi59 Views

Logos Indonesia Psikologi warna atau color psychology merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari pengaruh warna terhadap emosi dan perilaku kita. Dijelaskan bahwa terdapat hubungan antara warna yang kamu lihat dengan reaksi fisiologis yang dihasilkan saat melihat warna tersebut. Hal inilah yang akan mempengaruhi emosi serta tingkah laku orang tersebut.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apa Itu Synesthesia Dan Contohnya. Suara Yang Memiliki Warna.

Banyaknya variasi warna memberikan perbedaan gelombang cahaya yang masuk ke retina mata dan itu akan diproses secara berbeda di otak. Sehingga interpretasi yang diberikan tentu saja berbeda-beda setiap warnanya. Hal ini diperkuat dengan banyaknya penelitian yang menjelaskan bahwa terdapat pengaruh warna terhadap emosi dan tingkah laku kamu saat melihat warna tersebut. Terdapat pengaruh secara psikis ketika melihat variasi warna.

Setiap Warna Memiliki Kekuatannya Masing-Masing

Selain itu setiap warna juga memiliki kekuatan atau potensinya masing-masing dalam mempengaruhi psikis seseorang yang melihatnya. Hal ini menjelaskan, ketika kamu melihat suatu brand dengan warna yang khas. Ketika kombinasi warna tersebut disatukan kamu akan langsung teringat dengan brand tersebut.

Contoh lainnya dari kekuatan warna adalah keterlibatan budaya untuk mensosialisasikan makna dari suatu warna. Kamu memahami bahwa merah melambangkan cinta, atau kemarahan atau tanda dari suatu bahaya. Hal ini karena kamu sering melihat tanda simbol bahaya menggunakan warna merah.

Baca Artikel Kami Lainnya: Bagaimana Warna Bisa Mempengaruhi Emosi Seseorang? Pembahasan Tentang Psikologi Warna.

Kemudian warna kuning, dalam budaya Indonesia bendera kuning menandakan kematian seseorang. Warna kuning juga berarti kehati-hatian ataupun ceria. Semua Makna tersebut dapat diartikan secara berbeda sesuai dengan konteks dan budaya masing-masing.

Kekuatan Warna Dalam Penerapan Sehari-hari

Dilansir dari edupaint, setiap warna memberikan kesan, suasana dan perasaan yang berbeda-beda di setiap warnanya. Ketika kamu melihat warna, mungkin saja akan memicu perasaan yang berdampak positif maupun negatif dari sebelumnya. Bahkan, beberapa warna mampu memberikan energi semangat ataupun memberikan kesan sedih atau depresi.

Karena itu setiap warna memberikan pengaruhnya masing-masing dalam kehidupan. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan semangat hidupmu kembali, atau membuat dirimu lebih fokus dalam belajar. Intinya, setiap warna memberikan pengaruh secara psikis dan mampu menggerakkan dirimu menjadi lebih positif. Menurut edupaint, terdapat beberapa pengaruh warna dalam menunjang kehidupanmu menjadi lebih baik.

Warna Untuk Meningkatkan Konsentrasi

3 Metode Pembelajaran Yang Efektif Sesuai Dengan Karakteristik Dirimu.Bagi kamu seorang pelajar atau pekerja pasti membutuhkan tingkat konsentrasi dalam mengerjakan berbagai tugas. Maka warna kuning mampu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan memori dalam mengingat informasi yang sedang kamu kerjakan. Selain itu warna kuning juga mampu memberikan rasa percaya diri.

Maka dari itu, warna kuning sangat tepat sekali digunakan untuk ruangan belajar maupun ruangan kerja. Cara lainnya adalah kamu bisa menuliskan catatan yang harus kamu ingat di kertas atau memo berwarna kuning. Menggunakan baju yang berwarna kuning juga mampu meningkatkan rasa percaya dirimu.

Warna Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Makan Berlebihan

Coba kamu perhatikan ketika masuk ke dalam suatu restoran. Perhatikan dekorasi ruangan di sekeliling. Yang kamu temukan adalah warna-warna cerah dan ceria. Semua pernak-pernik dan dekorasi di sana menggunakan warna yang terang seperti merah orange ataupun kuning. Warna-warna tersebut mampu merangsang sistem saraf yang dapat meningkatkan nafsu makan kamu.

Hal ini berkaitan juga dengan pengasosiasian warna merah, orange atau kuning terhadap kebanyakan makanan lezat yang kamu ketahui. Kebanyakan dari makanan-makanan yang enak memiliki warna merah.

Warna Untuk Meningkatkan Semangat

Jika kamu saat ini sedang lelah dari aktivitas sehari-hari dan membutuhkan energi. Maka warna orange mampu memberikan kesan semangat ketika melihatnya. Warna hitam akan memberikan kesan berkuasa, kekuasaan, dan eksklusif. Selain itu warna abu-abu merupakan warna netral yang mampu memberikan kesan tenang dalam bermeditasi. Karena itu warna abu-abu juga memberikan kesan ketidak berpihakan pada suatu pihak.

Warna Yang Memberikan Kesan Tenang

Ketika kamu menginginkan ruangan yang tenang dan meredam rasa stres. Maka cobalah untuk mendekorasi kamar kamu menggunakan nuansa warna pastel seperti biru dan hijau. Kedua warna tersebut mampu meningkatkan ketenangan dalam dirimu menjadi lebih rileks. Sehingga cocok untuk kamu yang mengalami kesulitan untuk tidur maupun anak yang hiperaktif. Coba saja kamu lihat warna pastel biru dan hijau. Apa kesan pertama yang kamu rasakan?

Membantu Meminimalisir Gangguan Emosi Musiman

Dilansir dari gue sehat, warna-warna hangat seperti kuning dan orange mampu mengatasi gangguan afektif pada seseorang ketika musim dingin tiba. Hal ini karena setiap musim dingin atau musim hujan, banyak orang yang kurang terkena sinar matahari dan cenderung menetap di rumah lebih lama. Merasa terperangkap di di suatu ruangan ini mampu meningkatkan emosi negatif dalam diri yang disebut gangguan afektif musiman. Mereka cenderung merasa sedih atau cemas tanpa sebab.

Baca Artikel Kami Lainnya: Baby Blues Syndrome. Gangguan Emosi Yang Terjadi Setelah Melahirkan.

Artikel oleh: Logos Indonesia.