Pentingnya Penerapan Mindfulness di Tempat Kerja Terhadap Perusahaan dan Karyawan

Mindfulness menjadi istilah yang cukup sering akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, mindfulness memberikan dampak positif bagi karyawan maupun perusahaan.

PIO2074 Views

Logos Indonesia – Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam menjalani kehidupan di dunia kerja, karyawan akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Situasi semacam itu tidak jarang membuat karyawan mengalami stress kerja. HRD sebagai penanggung jawab terhadap kualitas sumber daya manusia sudah sepantasnya memperhatikan situasi-situasi semacam ini.

Penerapan mindfulness bisa menjadi solusi untuk menghadapi situasi tersebut. Istilah mindfulness akhir-akhir ini sedang marak diperbincangkan. Bagaimana tidak, mindfulness cukup membawa dampak positif baik untuk pribadi maupun untuk lingkungan. Dalam artikel yang diterbitkan oleh riliv.co dituliskan bahwa perusahaan sebesar Harvard Business School juga menerapkan prinsip mindfulness dalam salah satu program leadership mereka.

Artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai mindfulness dan apa saja manfaat penerapan mindfulness bagi perusahaan.

Apa Itu Mindfulness?

Apa Itu Mindfulness
Apa Itu Mindfulness

Mindfulness sendiri memiliki arti memusatkan perhatian dan menunjukkan kehadiran pada suatu momen. Dalam praktiknya, mindfulness sangat penting untuk membuat diri fokus terhadap apa yang sedang kita lakukan saat ini.

Mindfulness bisa menjadi cara untuk menikmati setiap momen yang kita hadapi dan dapat menghentikan kecemasan yang kerap kali menghampiri. Mindfulness juga bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pada karyawan yang mengalami stress akibat pekerjaan. Mindfulness dianggap mampu untuk memberikan efek positif bagi kondisi mental dan fisik.

Manfaat Mindfulness Bagi Perusahaan

Manfaat Mindfulness Bagi Perusahaan
Manfaat Mindfulness Bagi Perusahaan

Mindfulness dapat melatih karyawan untuk terus berpikiran positif dan mengalihkan fokus ke tugas dan tanggung jawab yang dihadapi. Berikut beberapa manfaat penerapan mindfulness terhadap perusahaan:

Meningkatkan kesejahteraan karyawan

Memiliki karyawan yang tingkat kesejahteraan yang baik akan cukup membantu perusahaan. pasalnya, karyawan dengan tingkat kesejahteraan yang baik akan lebih terhindar dari pemicu terjadinya burnout. Dengan demikian, karyawan akan lebih fokus untuk mengembangkan karir dan perusahaan.

Cukup banyak kerugian yang dirasakan perusahaan akibat karyawan yang tidak mendapatkan kesejahteraan, diantaranya sering absen, kurang berkontribusi, bahkan turnover karyawan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa cukup banyak perusahaan yang memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan mental karyawan.

Baca Artikel Kami Lainnya : Pentingnya Memiliki Jiwa Kepemimpinan Bagi Karyawan

Membangun hubungan sehat antar sesama karyawan

Hubungan kerja yang positif akan meningkatkan produktivitas kerja hingga peningkatan kinerja kerja karyawan. Dengan memiliki karyawan yang menerapkan mindfulness tentu akan membangun hubungan yang sehat antar sesama karyawan.

Selain itu, penerapan mindfulness juga cukup membantu dalam meningkatkan empati dan simpati saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan demikian, membangun prinsip mindfulness pada karyawan bisa menjadi investasi penting untuk perusahaan.

Meningkatkan kreativitas karyawan

Tidak hanya pada industri kreatif, ada kalanya ide-ide kreatif akan dibutuhkan di segala jenis industri yang ada di dunia kerja. Pasalnya, ide kreatif mampu meningkatkan kualitas perusahaan jika mendapatkan pengelolaan yang tepat.

Mindfulness di tempat kerja akan membuat karyawan fokus terhadap pekerjaannya, membangun ide-ide kreatif, dan mampu membuat karyawan menerima ide-ide baru yang ada.

Meningkatkan kecerdasan emosional karyawan

Penerapan mindfulness tidak hanya berdampak pada peningkatan perusahaan saja. Melainkan juga pada mental karyawan. Adanya pemfokusan terhadap apa yang sedang dikerjakan membuat karyawan lebih tertata dalam mengelola pekerjaannya. Dengan demikian, mindfulness dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada karyawan khususnya pada empati dan pengaturan diri.

Mindfulness yang diterapkan oleh karyawan mampu membuat karyawan mengambil langkah mundur dan lebih mempertimbangkan segala sebab akibat dari langkah yang diambil. Tentunya hal ini akan baik untuk perusahaan dan karyawan itu sendiri.

Mirabai Bush yang merupakan pakar mindfulness mengatakan bahwa dengan memperkenalkan mindfulness di tempat kerja akan mencegah kemungkinan terjadinya konflik. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa mindfulness sangat penting untuk perusahaan.

Manfaat Mindfulness Bagi Karyawan

Seperti yang sudah tertera di atas bahwa mindfulness tidak hanya membawa dampak positif terhadap perusahaan, melainkan juga terhadap karyawan. Berikut beberapa dampak positif mindfulness terhadap karyawan.

Membuat pikiran menjadi jernih

Mindfulness dalam penerapannya akan membuat pikiran menjadi jernih. Dengan menerapkan mindfulness saat bekerja akan membuat kita terfokus kepada apa yang sedang kita hadapi. Tentunya, berbagai pikiran-pikiran negatif akan tersingkirkan dengan baik. Hasilnya karyawan akan lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Memperbaiki manajemen stress

Tidak bisa dipungkiri bahwa stress akan kerap kali kita temui di dunia kerja. Namun dengan adanya mindfulness dalam menjalani pekerjaan akan membantu karyawan dalam mengelolah stress yang dihadapi.

Stress dapat mempengaruhi mood bahkan kesehatan karyawan. Dengan adanya manajemen stress yang baik tentunya akan membuat karyawan lebih baik dalam menjalani hari-harinya.

Meningkatkan rasa positif

Dengan fokus terhadap apa yang sedang kita kerjakan akan membuat kita jauh dari pikiran-pikiran negatif. Adanya pikiran positif bagi karyawan akan membuat lingkungan kerja menjadi positif dan dapat menjalani pekerjaan dengan sebaik mungkin.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat diketahui betapa pentingnya membangun mindfulness terhadap karyawan. Tidak hanya menguntungkan bagi karyawan saja, melainkan juga bagi karyawan dan perusahaan itu sendiri.

Sebagai seorang HRD atau pemimpin perusahaan, tidak ada salahnya untuk membangun mindfulness bagi karyawannya. Mengunjungi Konsultan HRD bisa menjadi solusi bagi permasalahan anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Melakukan Kesalahan Justru Terlihat Menarik? Kenali Pratfall Effect dalam Psikologi