Tips Mempraktikkan Mindfulness di Tempat Kerja

Mindfulness dapat memberikan dampak positif saat bekerja. Dengan Mempraktikkan mindfulness di tempat kerja tentunya cukup membantu setiap karyawan.

PIO1503 Views

Logos Indonesia – Tidak bisa dipungkiri bahwa mindfulness cukup membawa dampak positif di dunia kerja, baik untuk karyawan maupun untuk perusahaan. Dengan demikian, Mempraktikkan mindfulness di tempat kerja merupakan pilihan yang baik.

Mindfulness sendiri memiliki arti kesadaran penuh. Untuk penjelasan detailnya, mindfulness adalah metode yang dapat dilakukan untuk melatih seseorang agar lebih fokus terhadap kejadian yang ada disekitarnya. Mindfulness akan membantu karyawan untuk menerima emosi disekitarnya. Dengan demikian menerapkan mindfulness di kantor dapat mengurangi tingkat stress kerja.

Bagi karyawan sendiri, mindfulness dapat membantu dalam manajemen stress, meningkatkan kemampuan pengendalian diri, hingga menurunkan kecemasan. Dengan demikian, karyawan dapat bekerja dengan tenang dan lebih fokus terhadap target yang ada.

Bagi perusahaan, dengan memiliki karyawan yang fokus terhadap pekerjaan dan target yang diberikan tentunya akan mempengaruhi peningkatan kualitas perusahaan tersebut. Sehingga, baik perusahaan maupun karyawan mendapatkan dampak positif dari adanya mindfulness ini.

Berikut beberapa tips untuk Mempraktikkan mindfulness di tempat kerja:

Menerapkan Mindful STOP

Menerapkan Mindful STOP
Menerapkan Mindful STOP

Menurut Putra Wiramuda, S.Psi, M. A. yang merupakan seorang praktisi mindfulness dan kesehatan mental, Mindful STOP bisa diterapkan jika mengalami kelelahan saat menghadapi persoalan hidup.

Mindful STOP ini juga bisa dilakukan di kantor dengan cara duduk diam bermeditasi atau dengan mencari tempat tenang seperti di ruang kerja yang sepi atau di toilet. Hal ini dilakukan karena dalam penerapannya dibutuhkan tempat yang tenang dan tidak mengganggu fokus.

Mindful STOP sendiri memiliki penjelasan sebagai berikut:

Stop

Saat sedang menghadapi situasi yang tidak terduga, ada kalanya seseorang akan panik dan tidak bisa mengendalikan diri. Dalam menghadapi situasi ini yang perlu di lakukan di awal adalah stop atau berhenti. Berikan jeda kepada diri agar tidak mengambil keputusan yang ceroboh.

Take a deep breath

Langkah selanjutnya adalah dengan mengambil nafas panjang dan menghembuskannya secara perlahan. Tindakan ini bisa dilakukan beberapa kali hingga kamu merasa rileks. Kegiatan ini memang cukup sederhana, namun diyakinkan dapat membuat diri merasa lebih rileks.

Observe

Setelah sudah merasa lebih rileks, kamu bisa mulai memperhatikan atau mengamati apa yang sebenarnya terjadi. Kira-kira apa yang membuat kamu merasa tidak nyaman atau apa yang mengganggu pikiranmu.

Ketika observasi dilakukan dengan keadaan tenang, kamu bisa mengambil jalan yang lebih bijak dan tidak melihat masalah dengan emosi. Dengan demikian, pertimbangan yang ada akan lebih baik.

Proceed

Setelah melakukan observasi dengan kondisi diri yang jauh lebih tenang, kita bisa mengambil tindakan dengan lebih bijak. Selanjutnya adalah perlakukan dirimu dengan penuh kasih atau proceed.

Walaupun dalam penjelasan Mindful STOP terbilang cukup mudah, namun dalam praktiknya tidak akan semudah itu. Namun dengan sering melatihnya, maka kamu akan semakin handal dan membawa dampak positif untuk dirimu.

Baca Artikel Kami Lainnya : Pentingnya Penerapan Mindfulness di Tempat Kerja Terhadap Perusahaan dan Karyawan

Stretching dan Atur Pernapasan

Stretching dan Atur Pernapasan
Stretching dan Atur Pernapasan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk Mempraktikkan mindfulness di tempat kerja adalah dengan melakukan stretching dan mengatur pernapasan. Cara ini terbilang cukup mudah namun cukup baik juga untuk menerapkan mindfulness di tempat kerja.

Melakukan stretching tidak perlu dengan hal-hal yang sulit, cukup dengan berdiri sejenak dan meregangkan otot-otot yang tegang setelah digunakan untuk bekerja seharian. Kegiatan ini juga tidak akan membuang banyak waktu di tempat kerja. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu kamu mengendalikan dirimu sendiri.

Mengapresiasi Diri Sendiri

Mengapresiasi Diri Sendiri
Mengapresiasi Diri Sendiri

Saat bekerja kita memang akan dihadapkan dengan berbagai tuntutan dan tekanan. Berusaha keras dan mencapai segala harapan perusahaan memang baik. Namun, kamu jangan lupa untuk menyayangi dirimu sendiri.

Tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan melihat sudah seberapa baik kamu bekerja. Beri penghargaan terhadap dirimu sendiri untuk menunjukkan bahwa kamu sudah cukup bekerja keras selama ini. Maafkan dirimu jika beberapa kali melakukan kesalahan dan cobalah untuk tetap intropeksi diri.

Setelah itu, kamu bisa kembali bekerja dengan lebih baik. Karena kamu sudah mengetahui betapa pentingnya dirimu. Langkah ini bisa membuat mu lebih fokus lagi dalam bekerja dan tentunya akan baik untukmu kedepannya.

Tulis Hal Positif yang Membuatmu Bersyukur

Tulis Hal Positif yang Membuatmu Bersyukur
Tulis Hal Positif yang Membuatmu Bersyukur

Bersyukur merupakan cara paling sederhana dalam Mempraktikkan mindfulness di tempat kerja. Tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu menulis satu atau dua hal yang membuatmu merasa bersyukur di hari itu.

Tindakan sederhana ini akan membantumu untuk melihat hal-hal positif dan mengubah cara pandangmu menjadi lebih baik lagi selama bekerja. Rasa syukur yang kamu bangun itu terbukti bisa menjadi kekuatan mental yang mampu membantu kamu lebih semangat untuk bekerja lebih giat di esok hari.

Semangat baru yang kamu dapatkan setiap hari akan membantumu untuk lebih baik dalam bekerja. Hal ini tentunya akan baik untuk meningkatkan kinerja kerja yang kamu miliki.

Cukup banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk Mempraktikkan mindfulness, namun yang terpenting adalah bagaimana mindfulness itu dapat membantumu menjadi pribadi yang lebih baik terus untuk kedepannya.

Saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang peduli dengan karyawannya. Memanfaatkan Konsultan HRD juga bisa menjadi opsi baik untuk perusahaan. Selain itu, sebagai karyawan jika kamu merasa mengalami kesulitan dalam mengelola emosi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan Konseling Online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Pentingnya Memiliki Jiwa Kepemimpinan Bagi Karyawan