Self Love Tidak Harus Mahal! Ini Dia Kegiatan Self Love yang Ramah di Kantong

Self love merupakan tindakan untuk menghargai apa yang ada dalam diri sendiri. Beberapa orang mengartikan self love sebagai upaya untuk mengontrol emosi.

Tips dan Trik441 Views

Logos Indonesia – Tubuhmu telah bekerja begitu keras. Pikiran mu bahkan tidak berhenti untuk bekerja. Coba pikirkan, siapa yang perlu berterima kasih akan usaha yang begitu besar itu, jika bukan kamu untuk dirimu sendiri.

Self love merupakan istilah yang cukup familiar. Terlebih lagi, sudah cukup banyak orang yang membahas akan hal tersebut di sosial media. Pada artikel ini, akan kami jelaskan mengenai apa itu self love, manfaat self love, hingga tips menerapkan self love.

Apa Itu Self Love?

Apa Itu Self Love
Apa Itu Self Love

Self love dalam artian singkat adalah mencintai diri sendiri. Namun, jika dideskripsikan lebih luas, self love merupakan tindakan untuk menghargai apa yang ada dalam diri sendiri. Beberapa orang mengartikan self love sebagai upaya untuk mengontrol emosi.

Menerapkan self love di kehidupan pribadi, merupakan upaya untuk menghargai setiap kerja keras, upaya dan apa yang telah kita capai. Dengan demikian, cukup banyak manfaat yang didapatkan dari menerapkan self love.

Manfaat Self Love

Manfaat Self Love
Manfaat Self Love

Jika kamu belum menerapkan self love dalam kehidupanmu, ada baiknya kamu mengetahui manfaat dari self love itu sendiri:

Terhindar dari gangguan mental

Gangguan mental sangat erat kaitannya dengan perasaan tidak dihargai atau merasa rendah diri. Perasaan-perasaan semacam itu akan terkikis dengan melakukan self love. Menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kamu merasa dihargai, lebih bahagia, dan yang terpenting terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mental.

Mendapatkan kepuasan hidup

Melakukan self love artinya kamu dapat menerima baik dan buruknya diri sendiri. Hal ini membuat kamu menyadari dimana kelebihan dan kekurang yang kamu miliki. Kamu akan tahu bahwa kelebihanmu akan mendatangkan manfaat, dan kekurangan mu bukan hal yang perlu dirisaukan. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kepuasan hidup.

Kehidupan yang sehat

Melakukan self love tidak sekedar menanamkan pikiran positif saja, melainkan menerapkan pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, tidur cukup, dan olahraga teratur, akan membuat kamu memiliki kehidupan yang sehat.

Tips Menerapkan Self Love Dengan Low Budget

Tips Menerapkan Self Love Dengan Low Budget
Tips Menerapkan Self Love Dengan Low Budget

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari self love, kamu tentu berpikiran untuk menerapkan self love dalam kehidupanmu. Untuk itu, berikut beberapa tips untuk menerapkan self love dengan low budget:

Membersihkan tempat tinggal

Siapa bilang self love harus dengan biaya yang besar? Sekedar membersihkan tempat tinggal juga merupakan bentuk dari self love. Membersihkan tempat tinggal secara rutin akan membuat dirimu lebih nyaman. Tempat yang bersih dapat membuat pikiran lebih positif juga.

Baca Artikel Kami Lainnya : Suka Berpikiran Negatif? Coba Tips Berikut Ini!

Tidur yang cukup

Memiliki tidur yang cukup dan pola tidur yang baik merupakan salah satu bentuk dari self love. Seseorang membutuhkan waktu tidur setidaknya 8 jam sehari. Tindakan sederhana ini akan memberikan waktu istirahat dan pemulihan energi bagi tubuh.

Makan yang teratur

Makan bukan perilaku yang bisa ditinnggalkan. Dengan makan, seseorang akan mendapatkan asupan energi dan nutrisi. Dengan demikian, makan teratur dengan makanan yang bergizi seimbang merupakan bentuk dari self love.

Olahraga rutin

Dengan olahraga yang rutin, kamu bisa menjaga tubuh agar tetap bugar. Lagi pula, otot-otot yang tegang setelah lama beraktivitas dalam diatasi dengan berolahraga. Maka dari itu, olahraga rutin bisa menjadi opsi self love bagi kamu.

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kamu merasa insecure. Hal tersebut tentu tidak baik untuk diri sendiri. Maka dari itu, berhenti membandingkan diri dengan orang lain akan membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Menulis jurnal

Menulis jurnal tidak membutuhkan biaya yang besar. Kamu bisa menggunakan buku bekas atau buku catatan yang belum penuh. Lagi pula, ini bisa menjadi media self love untuk kamu. Kamu bisa menuliskan hal-hal yang membuat kamu senang dan sedih. Dengan begitu, kamu bisa mengenal dirimu sendiri.

Mentraktir diri sendiri

Tidak perlu makanan yang mahal, cukup makan yang kamu sukai dengan lingkungan yang menenangkan. Hal ini bisa jadi opsi self love untuk kamu. Lagi pula, tidak ada salahnya untuk menghadiahkan hal-hal kecil semacam ini untuk diri sendiri.

Menjalankan hobi

Kamu tentu memiliki hobi yang membuat kamu senang saat melakukannya. Misalnya, melukis, travelling, membaca, dan masih banyak lagi. Menjalankan hobi bisa menjadi pilihan self love untuk kamu coba.

Menemukan tempat curhat yang tepat

Kamu tentu ingin mencurahkan segala keluh kesah yang kamu alami. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan mental mu. Kamu bisa bercerita dengan orang tua, teman, atau pasangan yang bisa mendengarkan mu dengan baik.

Namun jika kamu tidak memiliki tempat curhat, kamu bisa mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan Konseling Online. Tenang saja, berkonsultasi dengan Psikolog tidak harus menunggu kamu memiliki gangguan mental. Psikolog juga bisa menjadi media curhat terbaik untuk kamu. Selain dapat membuat kamu merasa lebih tenang, rahasiamu juga aman di tangan Psikolog.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Simak Tips Mengatasi Kecemasan Saat Berbicara Di Depan Umum