Suka Berpikiran Negatif? Coba Tips Berikut Ini!

Berpikiran negatif sering kali menjadi penghambat seseorang untuk berkembang. Dengan demikian, kamu perlu menangani pikiran-pikiran negatif tersebut.

Logos Indonesia – Apakah kamu selalu merasa pesimis sebelum memulai sesuatu? Atau kamu bahkan terlalu berpikiran negatif hingga membuat kamu tidak berani untuk mencoba? Pikiran negatif ini tentu sangat mengganggu perkembangan mu. Baik itu untuk meningkatkan karir, pendidikan, bahkan sekedar membangun interaksi dengan orang lain.

Pikiran negatif hampir pernah dirasakan oleh setiap orang. Namun, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menanggapi situasi tersebut. Sayangnya, mencoba untuk tidak berpikiran negatif tidak mudah untuk sebagian besar orang.

Pikiran negatif sendiri merupakan pola pikir ke arah yang negatif atau buruk terhadap diri sendiri, maupun lingkungan seseorang. Pola pikir negatif ini dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari, bahkan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Tidak semua orang yang berpikiran negatif memiliki masalah dengan kondisi gangguan kesehatan mental. Meski demikian, kondisi ini dapat mengakibatkan stress yang berujung pada berbagai masalah kesehatan mental, jika tidak mendapatkan pengelolaan stress yang tepat.

Untuk itu, mengatasi pikiran negatif sangat perlu untuk dilakukan. Apa artikel ini akan dijelaskan mengenai penyebab pikiran negatif, efek dari pikiran negatif, hingga tips untuk mengatasi pikiran negatif.

Penyebab Pikiran Negatif

Penyebab Pikiran Negatif
Penyebab Pikiran Negatif

Pikiran negatif tentu tidak muncul dengan sendirinya. Dengan demikian, terdapat beberapa penyebab dari munculnya pikiran negatif pada seseorang, yaitu:

Mengkhawatirkan masa depan

Seseorang yang selalu mengkhawatirkan masa depan cenderung akan berpikiran negatif. Pikiran-pikiran ini akan muncul karena ketakutan akan hal-hal yang nyatanya belum terjadi. Dengan demikian, pikiran semacam ini sebenarnya hanya akan membuang-buang waktu.

Ketakutan akan masa depan biasanya berkaitan dengan pikiran negatif akan kegagalan, atau takut terjadinya bencana alam, dan masih banyak lagi. Walaupun belum ada kepastian akan kejadian tersebut.

Mencemaskan masa kini

Cukup banyak orang yang selalu memikirkan apa yang dikatakan oleh orang lain. Perasaan cemas akan apa yang dikatakan orang saat ini tentu dapat membuat orang tersebut berpikiran negatif. Tidak peduli apakah orang tersebut membicarakan dirimu atau tidak, namun kamu selalu berpikiran negatif bahwa kamu adalah objek dari pembicaraan tersebut.

Perasaan cemas akan kejadian tersebut dapat membuat kamu berpikiran negatif. Padahal belum tentu yang diceritakan tentang diri mu adalah hal-hal negatif.

Malu akan masa lalu

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan atau kesalahan. Gagal dan perasaan bersalah itu sering kali membuat seseorang berpikiran negatif bahwa Dia akan selalu gagal. Walaupun tidak terjadi dengan semua orang, sayangnya perasaan gagal ini cukup sering membuat orang merasa rendah diri.

Baca Artikel Kami Lainnya : Simak Tips Mengatasi Kecemasan Saat Berbicara Di Depan Umum

Efek Pikiran Negatif

Efek Pikiran Negatif
Efek Pikiran Negatif

Pikiran negatif dapat mengakibatkan seseorang mengalami berbagai kondisi yang buruk. Berikut beberapa efek dari berpikiran negatif:

Membuang banyak waktu

Berpikiran negatif dapat membuang banyak waktu mu yang berharga. Pikiran akan hal yang sebenarnya belum tentu terjadi itu tidak akan menyelesaikan masalah. Kamu bahkan dapat kehilangan momen berharga jika terus tenggelam dalam pikiran-pikiran negatif itu.

Meracuni tubuh

Pikiran negatif yang selalu kamu biarkan dapat menjadi racun untuk tubuh mu sendiri. Pasalnya, selalu berpikiran negatif akan membuat kamu rentan mengalami berbagai penyakit. Selain itu, pikiran negatif juga dapat membuat wajah mu berjerawat, masalah pencernaan, dan masih banyak lagi.

Susah maju dan berkembang

Pikiran negatif membuat kamu ragu untuk mencoba hal-hal baru. Tentu saja perilaku tersebut akan berdampak pada perkembangan hidupmu. Kamu akan menyia-nyiakan semua rencana yang telah kamu susun untuk perencanaan karir mu.

Tips Mengatasi Pikiran Negatif

Tips Mengatasi Pikiran Negatif
Tips Mengatasi Pikiran Negatif

Berikut beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi pikiran negatif:

Ciptakan lingkungan yang positif

Lingkungan akan sangat berpengaruh dengan pola pikir mu. Jika kamu memiliki teman, keluarga, dan kerabat yang positif dan selalu memberikan support, maka dengan sendirinya pikiran yang kamu miliki akan mengarah ke hal-hal yang lebih positif.

Pikiran negatif tidak selalu buruk

Ada kalanya kamu tidak perlu menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang kamu rasakan, selama pikiran tersebut dapat membuat kamu berkembang. Misalnya, karena ketakutan akan kegagalan yang berulang membuat kamu terus belajar dan mengembangkan kemampuan. Dengan demikian, pikiran negatif menyumbang kontribusi besar dalam kesuksesan mu.

Tuliskan pikiran negatif dalam sebuah kertas

Ada kalanya keresahan yang dirasakan tidak dapat diungkapkan dalam sebuah kata. Jika seperti itu adanya, kamu bisa mengambil pena dan sebuah kertas untuk menuangkan semua pikiran-pikiran yang mengganggu mu. Tindakan ini dianggap efektif untuk membuat kamu setidaknya sedikit lebih rileks.

Stop membandingkan diri

Membandingkan dirimu, baik itu dari segi kemampuan, sifat, maupun penampilan, hanya akan membuat kamu tenggelam dalam pikiran negatif. Dengan begitu, ada baiknya kamu berhenti untuk membandingkan dirimu dengan orang lain.

Temukan tempat cerita yang tepat

Tidak ada salahnya untuk berbagi pandangan dengan orang lain, selama itu adalah orang yang tepat. Kamu bisa bercerita akan keresahan yang kamu miliki dengan orang tua, teman, atau kerabat. Jika kamu tidak menemukan tempat yang tepat, kamu bisa mengunjungi Klinik Konsultasi Psikologi atau melakukan Konseling Online. Bercerita dengan psikolog tidak harus memiliki gangguan mental tertentu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Ini Dia Tanda Kamu Mengalami Trauma Psikologis