Mau Berhenti Merokok? Ini Cara Yang Efektif Bagi Pecandu Perokok Aktif Melalui Penanganan Psikologis

Mau berhenti merokok? Ini cara yang efektif bagi pecandu perokok aktif melalui penanganan psikologis. Kurangi asupan nikotin secara bertahap.

Tips dan Trik184 Views

Logos Indonesia Bagi kamu pecandu perokok yang ingin mengubah pola hidupmu menjadi lebih sehat. Maka artikel ini, tepat sekali untuk kamu baca dan terapkan untuk mulai berhenti merokok.

Seperti yang kita ketahui bahwa rokok merupakan suatu hal yang dapat memperburuk kesehatan seseorang secara fisik. Memang tidak terlihat jika dilakukan dalam waktu jangka pendek. Namun jika dilakukan terus-menerus, resiko penyakit yang ditimbulkan pun sangat berbahaya bagi kesehatan fisik seseorang. Masalah utama dari perokok adalah kesehatan pernapasan.

Namun dampak dari rokok ini tidak hanya diterima oleh perokok aktif yang mengkonsumsi rokok itu sendiri. Orang-orang yang ada di sekitar perokok aktif juga ikut mendapatkan dampak dari asap rokok tersebut. Berdasarkan informasi yang beredar, bahwa perokok pasif lebih banyak dirugikan dari pada perokok aktif itu sendiri. Hal ini karena perokok pasif tidak mengkonsumsi rokok itu sendiri dan lebih banyak menghirup asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok pasif di sekelilingnya.

Baca Artikel Kami Lainnya: Terlalu Sering Menyalahkan Diri Sendiri. Berikut Tips Dan Langkah-Langkah Untuk Memaafkan Diri Sendiri.

Karena itu, sangat tepat bagi kamu sebagai perokok aktif untuk mulai berhenti mengkonsumsi rokok. Secara tidak langsung kamu akan dituntun untuk hidup lebih sehat dan tidak merugikan orang di sekitarmu. Ingatlah, bahwa perilakumu berdampak pada orang yang ada di sekelilingmu, yang kamu sayangi.

Motivasi atas kesehatan orang yang kamu sayangi menjadi alasan yang kuat dirimu berhenti merokok. Faktor luar diri yang disadari secara internal jauh lebih kuat dari pada motivasi internal yang didasarkan kepentingan pribadi. Melalui motivasi orang yang kamu sayangi jauh lebih kuat dari pada motivasi untuk dirimu sendiri.

Motivasi yang berasal dari faktor luar dan disadari secara internal ini akan mengurangi kecenderungan untuk mengulangi kembali. Sedangkan motivasi yang didasarkan pada diri sendiri atas kepentingan pribadi, kecenderungan untuk kamu jauh lebih tinggi. Karena kamu menganggap, ketika Kamu melanggar, maka yang merugi hanyalah dirimu saja, tidak orang lain. Berikut ini tips untuk berhenti merokok.

Bulatkan Tekat Untuk Berhenti Merokok

Hal yang pertama harus dilakukan adalah membulatkan tekad untuk berhenti merokok. Jika sudah memiliki niat yang kuat, maka kamu siap untuk menerapkan program menghentikan kecanduan nikotin dengan baik dan maksimal. Bahkan ketika setelah berhasil menghentikan kecanduan nikotin, hatimu tidak mudah tergoda untuk kembali mengkonsumsi nikotin lagi.

Kurangi Asupan Nikotin Secara Bertahap

Cara yang paling efektif untuk menghentikan kecanduan nikotin adalah melakukannya secara bertahap. Cobalah mengurangi kapasitas ngikutin tiap harinya. Jika kamu sehari menghabiskan satu bungkus rokok. Maka cobalah kurangi setiap minggunya sebanyak 2 hingga beberapa puntung rokok. Lakukan secara bertahap, jangan terlalu terburu-buru. Karena setiap orang memiliki kapasitasnya masing-masing untuk mengubah kebiasaan yang lama.

Lawan Pikiran Kecanduan Nikotin Dengan Memfokuskan Pada Aktivitas Lain

Menurut Mark Twain, berhenti merokok itu lebih mudah dibandingkan melawan pikiran untuk kembali mengkonsumsi rokok. Dirinya telah mengalaminya. Bahwa ia sudah ratusan kali melakukannya, untuk melawan pikiran kembali mengkonsumsi nikotin itu. Karena itu dengan mengalihkan pikiran pada pecandu nikotin adalah hal yang cukup efektif untuk mempertahankan menghentikan kebiasaan merokok. Kamu bisa mengalihkan pikiranmu Melalui aktivitas yang produktif atau yang menyenangkan. Aktivitas yang memerlukan pikiran dan fokus yang tinggi padahal tersebut. Aktivitas tersebut bisa saja seperti bersantai di sore hari meminum kopi dan menikmati kue coklat. Atau aktivitas seperti membersihkan rumah.

Support Teman Dan Keluarga

Hal yang mendukung keberhasilan seseorang untuk berhenti dan tidak kecanduan lagi dengan nikotin adalah support teman dan keluarga. Lingkungan yang mendukung bagi seseorang terhindar dari paparan nikotin memiliki kemungkinan untuk sembuh dari kecanduan dan tidak mengulanginya kembali cukup tinggi.

Mengubah Kebiasaan Menjadi Lebih Sehat

Photo by Fitsum Admasu on Unsplash

Salah satu cara untuk mengalihkan pikiran dari kecanduan nikotin adalah mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat. Dengan mengalihkan pikiran melalui berolahraga. Selain itu, membuat rencana aktivitas hari ini juga mampu meminimalisir pikiran ketagihan akan nikotin semakin berkurang.

Konsultasikan Kepada Psikolog Untuk Membuat Program Menghentikan Kecanduan Nikotin

Konsultasi dengan psikolog.

Namun jika kamu kecanduan nikotin sudah berada pada tingkat yang kronis. Dalam arti tidak mampu dilakukan penanganan secara mandiri. Maka kamu bisa meminta pertolongan dengan seseorang yang ahli di bidangnya yaitu konsultasi dengan psikolog. Mereka akan membuat program penghentian kecanduan nikotin sesuai dengan karakteristik dirimu. Sehingga Tingkat keberhasilan untuk berhenti mengkonsumsi nikotin akan tinggi dan efektif. Bahkan tingkat kekambuhan kembali bisa diminimalisir melalui program tersebut.

Baca Artikel Kami Lainnya: Apa Itu Synesthesia Dan Contohnya. Suara Yang Memiliki Warna.

Karena itu jika kecanduan nikotin pada dirimu sudah sangat berat dan bahkan merugikan dirimu sendiri dan orang lain. Maka pertolongan psikolog menjadi jalan terakhir untuk mengatasi kecanduan nikotin.

Baca Artikel Kami Lainnya: Ini Alasan Kamu Masih Merasa Lesuh Walaupun Sudah Istirahat.

Davison, G. C., Neale, J. M., Kring, A. M. (2017). Psikologi Abnormal Edisi Ke-7. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Artikel oleh: Logos Indonesia.