Biografi Singkat William Kaye Estes: Pendidikan, Karir, dan Kontribusinya

Biografi singkat William Kaye Estes, mulai dari masa kanak-kanak, pendidikan, puncak karir, dan Kontribusinya.

Tokoh2157 Views

Logos Indonesia William Kaye Estes adalah seorang psikolog asal Amerika Serikat yang dikenal karena kontribusinya dalam bidang psikologi matematika, psikologi kognitif, dan psikologi pembelajaran. Lahir pada tanggal 17 Juni 1919 di Philadelphia, Pennsylvania, Estes memperoleh gelar sarjana dan doktor di bidang psikologi dari Universitas Temple.

Salah satu kontribusi utama Estes adalah dalam pengembangan model matematika untuk mempelajari proses belajar dan memori. Dalam model Estes yang terkenal, “Model Pembelajaran Estes”, ia menunjukkan bagaimana informasi diproses dan disimpan dalam otak manusia. Estes juga terkenal karena karyanya dalam bidang pengkondisian klasik dan operant, dan dalam pengembangan teori tentang pembelajaran verbal.

Selain itu, Estes juga telah menerima banyak penghargaan, termasuk Penghargaan Distinguished Scientific Contribution dari American Psychological Association dan Medali National Medal of Science dari Presiden Amerika Serikat. Ia meninggal pada tanggal 17 Agustus 2011 di kota State College, Pennsylvania, pada usia 92 tahun. Warisannya dalam bidang psikologi matematika dan pembelajaran tetap diakui dan dipelajari hingga saat ini.

Masa Kanak-Kanak William Kaye Estes

William Kaye Estes lahir dan dibesarkan di Philadelphia, Pennsylvania. Sebagai anak, Estes dikenal sangat cerdas dan terus menunjukkan minat dalam bidang akademik, khususnya dalam matematika dan sains. Estes adalah anak tunggal dari keluarganya dan ia tumbuh dalam keluarga yang mendorong pendidikan dan intelektualitas. Ayahnya, William Estes, adalah seorang insinyur dan ibunya, Marguerite Kaye Estes, adalah seorang guru.

Kedua orang tua Estes memberinya dukungan dan dorongan untuk mengejar pendidikan tinggi dan mengejar karir di bidang akademik. Lingkungan keluarga Estes memberikan pengaruh yang kuat dalam membentuk minat dan minat akademiknya. Semua ini kemudian membantunya dalam mengejar karir sukses di bidang psikologi dan matematika.

Selama Menjalani Pendidikan

William Kaye Estes meraih gelar sarjana dan doktor di bidang psikologi dari Universitas Temple di Philadelphia, Pennsylvania. Dia memperoleh gelar sarjana pada tahun 1940 dan gelar doktor pada tahun 1943.

Selama studinya di Universitas Temple, Estes belajar di bawah bimbingan beberapa psikolog terkemuka, termasuk Clark L. Hull, yang memengaruhi pandangannya tentang psikologi matematika dan pembelajaran. Estes juga bekerja sebagai asisten riset di Laboratorium Psikologi Universitas Temple selama studinya.

Setelah menyelesaikan gelar doktornya, Estes menjadi profesor di Universitas Stanford dan kemudian menjadi profesor di Universitas Harvard dan Universitas Pennsylvania. Dia mengabdikan karirnya dalam riset dan pengajaran di bidang psikologi dan terus menunjukkan minat dalam pengembangan model matematika untuk mempelajari proses belajar dan memori.

Puncak Karir William Kaye Estes

William Kaye Estes

William Kaye Estes merupakan seorang ahli psikologi yang sangat terkenal dan berpengaruh dalam bidang psikologi matematika dan kognitif. Ia lahir pada tanggal 17 Juni 1919 di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat dan meninggal dunia pada tanggal 17 Agustus 2011 di New Jersey, Amerika Serikat.

Setelah menyelesaikan studi doktoralnya di bidang psikologi dari Universitas Temple pada tahun 1943, Estes menjadi profesor di Universitas Stanford, Universitas Harvard, dan Universitas Pennsylvania. Di sana ia mengabdikan karirnya dalam riset dan pengajaran di bidang psikologi dan terus menunjukkan minat dalam pengembangan model matematika untuk mempelajari proses belajar dan memori.

Baca Artikel Kami Lainnya: Abram Amsel dan Teori Frustrative Nonreward (FNR).

Pada tahun 1950-an, Estes mengembangkan model matematika pertama yang dapat menggambarkan bagaimana informasi diproses dan disimpan dalam otak manusia. Model ini kemudian dikenal sebagai “Model Pembelajaran Estes” atau “Model Estes” dan dianggap sebagai landasan untuk pengembangan psikologi matematika modern. Model ini mampu menjelaskan bagaimana orang mengambil keputusan, memori, belajar, dan mengingat informasi dalam situasi tertentu.

Selain itu, Estes juga melakukan penelitian dan menulis artikel dalam berbagai bidang psikologi, termasuk pengkondisian klasik dan operant, dan dalam pengembangan teori tentang pembelajaran verbal. Karya-karyanya dalam bidang ini termasuk buku “An Operant Analysis of Problem Solving” (1956) dan “Classification and Cognition” (1994).

Pada tahun 1969, Estes dianugerahi Medali National Medal of Science oleh Presiden Amerika Serikat atas kontribusinya yang luar biasa dalam bidang psikologi. Ia juga menerima penghargaan lainnya, termasuk Penghargaan Distinguished Scientific Contribution dari American Psychological Association dan Guggenheim Fellowship.

Baca Artikel Kami Lainnya: Biografi Singkat Kenneth W. Spence.

Selama hidupnya, Estes juga menjadi mentor bagi banyak peneliti dan mahasiswa di bidang psikologi dan matematika, dan telah memainkan peran penting dalam pengembangan psikologi kognitif, yang telah mempengaruhi bidang-bidang seperti ilmu komputer dan neurosains. Karya-karyanya yang terus dipelajari dan dihargai di seluruh dunia, dan ia dianggap sebagai salah satu pionir dalam bidang psikologi matematika dan kognitif.

Estes mengembangkan Model Pembelajaran Estes, model matematika pertama yang dapat menggambarkan bagaimana informasi diproses dan disimpan dalam otak manusia, dan karya-karyanya dalam bidang pengkondisian klasik dan operant, serta teori tentang pembelajaran verbal, sangat berpengaruh dalam bidang psikologi.

Baca Artikel Kami Lainnya: Biografi O. Hobart Mowrer dan Kontribusinya Dalam Teori Belajar Dan Terapi Perilaku.

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2008). Teori Belajar, Edisi Ketujuh. Prenadamedia Group: Jakarta.

Artikel oleh: Logos Indonesia.

Comment