Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Kelebihan Anda?” Saat Interview Kerja

Untuk mengetahui apa yang menjadi kelebihan kita diperlukan pengetahuan mengenai diri kita. Simak artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut.

PIO, Tips dan Trik1721 Views

Logos Indonesia – Sudah sepantasnya kita mengungkapkan apa yang menjadi kelebihan yang kita miliki. Namun, salah menjawab pertanyaan ini justru akan menunjukkan kekurangan Anda. Interview merupakan momen yang ditunggu-tunggu Pastikan Anda mempersiapkan dengan baik.

Untuk mengetahui apa yang menjadi kelebihan kita diperlukan pengetahuan mengenai diri kita. Masih banyak orang yang bahkan tidak bisa menyebutkan satu kelebihan yang dimiliki. Hal ini biasanya didasari oleh rasa rendah diri dan ketidak pahaman mengenai diri sendiri.

Jangan juga mencoba untuk mengarang jawaban mengenai kelebihan Anda, karena akan cukup menyusahkan Anda kedepannya. Misalnya, jika Anda adalah seorang yang ceroboh namun Anda mengatakan bahwa Anda adalah orang yang teliti, pekerjaan dengan ketelitian tinggi akan sangat menguras waktu dan energi Anda. Dengan demikian, berbohong mengenai pertanyaan ini tidak akan baik untuk Anda dan perusahaan.

Contoh Kelebihan Diri

Contoh Kelebihan Diri
Contoh Kelebihan Diri

Mungkin Anda kurang memahami diri Anda sendiri sehingga merasa kesulitan untuk menjawab pertanyaan ini. Anda bisa menyimak beberapa contoh kelebihan berikut yang mungkin tanpa Anda sadari ada dalam diri Anda:

Percaya diri

Rasa percaya diri cukup menjual, terlebih lagi untuk posisi-posisi yang bertemu orang banyak. Jika Anda merupakan orang yang senang ketemu orang lain, tidak pemalu dan pandai bersosialisasi, opsi ini cukup baik untuk menjadi pertimbangan dalam jawaban Anda.

Rapi dan teliti

Untuk posisi-posisi di bagian administratif, kelebihan ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya kemampuan menggunakan komputer saja, namun ketelitian dan kerapian menjadi poin plus untuk Anda. Jika Anda memanga termaksud dalam golong ini, kelebihan ini cukup menjual kemampuan Anda.

Mampu berkomunikasi dengan baik

Kemampuan komunikasi merupakan kemampuan yang dibutuhkan, baik untuk mereka yang bekerja di depan layar ataupun di belakang layar. Dalam setiap pekerjaan tentunya ada komunikasi yang dibangun walau sekedar ke sesama karyawan. Jika Anda memiliki kemampuan ini, jangan enggan untuk mengatakannya.

Mampu bekerjasama dalam tim

Tidak jarang sebuah perusahaan menempatkan karyawan dalam sebuah tim. Sehingga kelebihan ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

Senang belajar hal-hal baru

Jika Anda seorang fresh graduate, kelebihan ini akan menjadi poin penting. Umumnya sebuah perusahaan menyukai kandidat yang senang belajar. Ini tandanya ada keinginan untuk berkembang. Jika Anda salah salah satunya, jangan ragu memasukkan hal tersebut dalam list kelebihan Anda.

Memiliki latar belakang pendidikan yang sama dengan perusahaan yang dilamar

Jika Anda merupakan sarjana akuntansi dan melamar sebagai seorang akuntan di perusahaan tersebut, kelebihan ini bisa menjadi opsi bagi Anda. Walaupun saat kuliah Anda lebih banyak menerima teori, namun setidaknya Anda memiliki garis besar terhadap posisi yang Anda lamar.

Hal ini juga berlaku jika Anda pernah bekerja di perusahaan lain dengan posisi yang sama. Walaupun setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda-beda, setidaknya pengalaman Anda bisa membantu Anda dalam bekerja.

Cukup banyak contoh yang bisa menjadi kelebihan Anda, namun memang diperlukan pemahaman tentang diri sendiri. Jika Anda kesulitan, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk menilai diri Anda. Terkadang kita lebih bisa memberi penilaian kepada orang lain dibandingkan diri sendiri.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Intelegensi

Tips Menjawab Kelebihan Diri

Seperti yang sudah dituliskan di atas, untuk menjawab pertanyaan semacam ini diperlukan beberapa tips agar tidak menjadi bumerang untuk Anda. Simak beberapa tips berikut:

Tidak melebih-lebihkan jawaban

Pastikan Anda menjawab sesuai dengan kelebihan yang Anda miliki. Jangan berbohong atau melebih-lebihkan jawaban Anda. Kelebihan Anda akan membantu Anda dalam bekerja nantinya, namun jika kelebihan tersebut bukanlah yang sebenarnya Anda miliki, tentunya akan mengganggu.

Memberikan contoh Anda dari kelebihan tersebut

Tidak perlu mencari contoh yang sulit, Anda bisa mencari contoh-contoh dalam keseharian Anda. Misalnya jika Anda mengatakan “mampu bekerja sama dalam tim” maka Anda bisa menambahkan contoh seperti mengikuti kegiatan organisasi atau berhasil menyelesaikan tugas kelompok. Contoh kecil semacam itu akan menguatkan jawaban Anda.

Menjaga gestur tubuh

Jawaban yang dikarang atau tidak sesuai akan menimbulkan gestur tubuh tertentu. Sehingga baik untuk menjawab jujur. Selain itu, pastikan posisi duduk dan tatapan Anda sudah sebagaimana mestinya. Gestur tubuh akan menjadi penilaian tersendiri dalam proses interview.

Perbanyak referensi jawaban

Kita tidak pernah mengetahui berapa pastinya kelebihan yang ingin HRD tau, meski pada umumnya HRD meminta 1 sampai 3 kelebihan Anda. Namun, semakin Anda mengetahui banyak tentang kelebihan Anda, maka akan semakin menunjukkan pemahaman Anda terhadap diri sendiri.

Berikan kelebihan sesuai kebutuhan posisi yang dilamar

Hal ini yang sering terlewatkan oleh para job seekers. Umumnya HRD menanyakan mengenai kelebihan Anda adalah untuk mengetahui kemampuan Anda di bidang yang Anda lamar. Untuk mengefisienkan waktu dan jawaban Anda, pilihlah kelebihan yang dapat berkontribusi dalam posisi yang Anda lamar. Misalnya jika Anda melamar sebagai front office, maka kelebihan seperti ramah dan komunikatif bisa menjadi opsi untuk Anda.

Mempersiapkan diri sebelum mengikuti proses interview adalah hal yang baik. Cari tahu ragam pertanyaan apa yang kemungkinan akan muncul dan berlatih akan sangat membantu Anda.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengenal diri Anda dan teman-teman juga tidak mampu membantu, maka mengikuti psikotes mengenai kepribadian adalah pilihan yang baik. Anda bisa memilih biro psikologi terpercaya atau mengikuti psikotes online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Ini Tips Jika Ditanya “Apa Kekurangan Anda?” Saat Interview