Ini Tips Jika Ditanya “Apa Kekurangan Anda?” Saat Interview Kerja

Interview merupakan ajang mempromosikan apa yang menjadi keahlian kita kepada HRD. Namun, bagaimana jika Anda berhadapan dengan pertanyaan “Apa kekurangan Anda?” Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

PIO, Tips dan Trik4801 Views

Logos Indonesia – Panggilan interview kerja merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para job seekers. Hal ini merupakan titik terang untuk mendapatkan pekerjaan impian di tempat yang sudah dituju.

Namun, sebelum menjalankan proses interview, persiapan merupakan hal yang tidak kalah penting. Ini baik untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda. Manfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan wawancara kerja Anda sebaik mungkin.

Umumnya proses wawancara akan berupa proses tanya jawab antara job seekers dan perwakilan dari perusahaan, biasanya oleh HRD perusahaan tersebut. Cukup banyak rangkaian pertanyaan yang terdengar sederhana, namun mampu mengungkap kemampuan yang Anda miliki.

Pertanyaan semacam “Apa kelebihan yang Anda miliki?” merupakan salah satu contoh pertanyaan yang cukup menjadi favorit para HRD. Pasalnya, pertanyaan ini cukup ampuh untuk mengetahui kemampuan Anda.

Dalam proses interview kita sebisa mungkin untuk mengungkapkan kemampuan dan kelebihan yang kita miliki. Hal ini dikarenakan memang tujuan kita adalah untuk menunjukkan sisi baik kita. Lantas, bagaimana cara menanggapi pertanyaan mengenai kekurangan tersebut? Artikel ini akan membantu Anda.

Contoh Kekurangan Diri

Contoh Kekurangan Diri
Contoh Kekurangan Diri

 

Tujuan job seekers untuk melakukan wawancara adalah menjual segala kemampuan yang dimiliki. Namun, memilih untuk tidak mengungkapkan kekurangan yang dimiliki justru akan membawa sudut pandang buruk terhadap Anda.

Merasa tidak memiliki kekurangan akan menggambarkan kesombongan dan tidak mengenal diri sendiri. HRD tentunya akan sangat menghindari kedua sifat tersebut. Cobalah untuk mengungkapkan beberapa kekurangan Anda. Namun jika Anda kesulitan, silahkan simak contoh kekurangan yang mungkin Anda miliki:

Belum memiliki pengalaman kerja dibidang serupa

Jika Anda seorang fresh graduate, kekurangan yang satu ini akan cocok untuk Anda. Kekurangan ini juga bisa digunakan untuk orang-orang yang baru mencoba menekuni posisi tertentu yang belum pernah dicoba.

Menjadi sebuah kekurangan karena pengalaman memang mengandung banyak pembelajaran untuk setiap orang. Namun, Anda jangan serta merta mengungkapkan hal tersebut, tambahkan tugas kampus, pengalaman organisasi yang mungkin memiliki job serupa dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika memang tidak ada, pastikan Anda sudah mencoba mempelajari hal tersebut dan ungkapkan bahwa Anda merupakan orang yang senang akan hal baru dan bersedia belajar lebih dalam lagi mengenai hal tersebut. Tentunya ungkapan tersebut tidak hanya di mulut saja, untuk memudahkan Anda kedepannya pastikan Anda melakukan sesuai dengan apa yang Anda ungkapkan.

Kurang menguasai bahasa asing

Seiring dengan perkembangan zaman, kemampuan bahasa asing merupakan kemampuan yang cukup dicari. Namun, jika Anda kurang bisa menguasai bahasa asing sebaiknya Anda mengungkapkannya dengan jujur. Namun, Anda harus memiliki upaya untuk bisa menjadi lebih baik. Terlebih lagi jika Anda melamar untuk posisi-posisi seperti public relation, front office, dan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komunikasi.

Pelupa

Tidak semua orang memiliki kemampuan ingatan yang kuat. Terlebih lagi terhadap hal-hal detail. Jika Anda salah satunya, jangan enggan untuk mengungkapkan kelemahan tersebut. Mungkin kelemahan ini akan sangat mengganggu dalam pekerjaan, namun pastikan Anda memiliki solusi terhadap kelemahan tersebut. Misalnya dengan membuat catatan atau rutin menyusun jadwal kerja harian.

Untuk mengetahui kelemahan yang dimiliki mungkin dibutuhkan pengetahuan terhadap diri sendiri. Orang-orang cenderung memperhatikan orang lain dan lupa terhadap apa yang dimiliki. Mulai dari sekarang Anda bisa memulai untuk mengenal diri Anda lebih dalam lagi.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Papi Kostick Untuk Keperluan Rekrutmen

Cara Menjawab Kekurangan Diri

Dalam menghadapi pertanyaan mengenai kekurangan diri, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berikut:

Jawablah sesuai diri Anda

Anda tidak perlu berbohong dalam menjawab pertanyaan ini. Tidak perlu menutupi kekurangan Anda atau bahkan memilih untuk tidak menjawab pertanyaan tersebut. Anda hanya akan mendapat penilaian sombong atau tidak mengenal diri Anda.

Tidak ada manusia yang sempurna, dengan demikian pertanyaan ini sudah sepantasnya memiliki jawaban. Kenali diri Anda lebih dalam dan temukan kekurangan Anda. Siapkan jawaban sebelum proses interview atau jika tidak minta sedikit waktu untuk memikirkan apa yang menjadi kekurangan Anda.

Berikan solusi terhadap kekurangan Anda

Kembali lagi, saat Anda menjalani proses interview sudah sepantasnya Anda menjual kemampuan Anda. Jika Anda memang harus mengungkapkan kekurangan Anda, pastikan Anda memiliki solusi dari kekurangan tersebut. Hal ini akan membuat Anda dinilai lebih baik oleh HRD.

Menunjukkan keinginan kuat untuk bekerja

Tips yang satu ini berlaku untuk semua pertanyaan yang diajukan oleh HRD. Antusias terhadap pekerjaan yang Anda lamar merupakan hal yang baik. Dengan demikian, Anda menunjukkan seberapa serius Anda untuk berkontribusi dalam perusahaan tersebut.

Gunakan gestur tubuh yang baik, perhatikan setiap detail yang disampaikan oleh HRD, dan jika ada yang ingin Anda pahami, jangan ragu untuk bertanya.

Banyak berlatih

Mendapatkan pekerjaan merupakan harapan setiap job seekers. Namun banyak orang yang menginginkan posisi tersebut. Jika Anda tidak ingin kalah dalam proses seleksi karyawan, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dengan banyak berlatih. Berlatih interview di depan cermin bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam menjawab pertanyaan mengenai kekurangan diperlukan kejujuran dan pengetahuan terhadap diri sendiri. Tidak perlu menutupi hal yang menjadi kekurangan kita, namun carilah solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Jika Anda kurang memahami apa yang menjadi kekurangan Anda, mengikuti psikotes tentang kepribadian bisa menjadi solusi. Saat ini sudah cukup banyak psikotes online yang bisa anda akses. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Artikel Kami Lainnya : Mengenal Tes Intelegensi