MBTI : Mengenal Kepribadian ESFP dan Pekerjaan yang Cocok

ESFP merupakan seorang ekstrovert yang memahami informasi dengan realistis (sensing), mengambil keputusan berdasarkan perasaan (feeling), dan pribadi yang fleksibel serta mudah bergaul (perceiving).

Kerpibadian, PIO15429 Views

Logos Indonesia – Salah satu cara untuk mengetahui kepribadian yang kita miliki adalah dengan mengikuti Psikotes MBTI. MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan tes kepribadian yang disusun oleh Katharine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myers berlandaskan tipologi kepribadian yang diungkapkan oleh Carl Jung.

MBTI sendiri dapat mengungkap 16 tipe kepribadian yang merupakan pecahan dari 4 domain, yaitu introvert – ekstrovert, sensing – intuition, thinking – feeling, dan judging – perceiving. Sedangkan 16 tipe kepribadian yang diungkap adalah  ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INFJ, INFP, INTJ, INTP, ESTP, ESTJ, ESFP, ESFJ, ENFP, ENFJ, ENTP, dan ENTJ.

Pada artikel ini kami akan secara khusus membahas mengenai kepribadian ESFP, mulai dari pengertian, karakteristik, kelebihan dan kekurangan, hingga pekerjaan yang cocok bagi orang dengan kepribadian ESFP.

Apa Itu ESFP?

Apa Itu ESFP
Apa Itu ESFP

ESFP merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diungkap dalam MBTI. Orang dengan kepribadian ESFP dikenal sebagai seorang ekstrovert yang senang menghibur dan menjadi pusat perhatian bagi orang lain. Hal ini membuat seorang ESFP dijuluki sebagai Sang Penghibur.

Orang dengan kepribadian ESFP akan menghabiskan banyak waktu mereka untuk menebarkan kebahagiaan bagi orang lain. Selain itu, mereka juga akan cepat terbawa dalam suasana yang bahagia. Tidak hanya dari cara komunikasi mereka yang menyenangkan, namun jiwa penghiburnya juga ditunjukkan dari estetika, seperti cara berpakaian, desain rumah, dan lain sebagainya.

Seorang ESFP lebih suka menjalani kehidupan secara spontan dibanding harus mempersiapkannya. ESFP sendiri merupakan singkatan dari ekstrovert, sensing, feeling, dan perceiving.

Ekstrovert artinya orang dengan kepribadian ESFP sangat suka berinteraksi dengan banyak orang. Mereka bahkan suka lupa waktu saat berbicara dengan orang lain. Seorang ESFP seakan mendapatkan tenaga lebih untuk berinteraksi dengan orang.

Sensing artinya orang dengan kepribadian ESFP memandang dunia seperti apa yang dilihat dengan mata kepala mereka. Mereka akan sangat realistis dalam menghadapi masalah. Selain itu, mereka juga praktis dan rasional.

Feeling artinya orang dengan kepribadian ESFP selalu mengutamakan perasaan sebelum mengambil keputusan. Perasaan dalam hal ini bisa jadi perasaan pribadi dan orang-orang yang ada di sekitar mereka.

Perceiving artinya orang dengan kepribadian ESFP merupakan pribadi yang fleksibel dan mudah beradaptasi bahkan pada situasi yang baru mereka jumpai.

Dengan demikian, seorang ESFP merupakan seorang ekstrovert yang memahami informasi dengan realistis (sensing), mengambil keputusan berdasarkan perasaan (feeling), dan pribadi yang fleksibel serta mudah bergaul (perceiving).

Karakteristik ESFP

Karakteristik ESFP

Karakteristik ESFP
Karakteristik ESFP

Untuk mengenal lebih dalam, berikut beberapa karakteristik dari seseorang dengan kepribadian ESFP:

Baca Artikel Kami Lainnya : MBTI : Apa Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian ESTP?

Suka bersosialisasi

Sama halnya dengan tipe kepribadian lain, seorang ESFP juga senang bersosialisasi. Mereka akan merasa bahagia jika bisa menjadi pusat perhatian bagi banyak orang. Selain itu, kemampuan untuk menghibur membuat mereka selalu berada ditengah keramaian.

Sangat passionate

Seorang dengan ESFP merupakan pribadi yang memiliki antusias dalam hidup mereka. Mereka akan melakukan berbagai cara agar mendapatkan kesenangan, bahkan dari hal sekecil apapun. Mereka juga tidak ragu untuk keluar dari zona nyaman agar menemukan hal baru.

Spontan

Seperti yang sudah dituliskan di awal, seorang ESFP akan lebih senang menjalani hidupnya dengan spontan. Mereka tidak pandai membuat rencana atau menjalankan sesuatu dengan rencana. Hal semacam itu dianggap terlalu kamu. Dengan demikian, seorang ESFP menjadi lebih mudah beradaptasi terhadap perubahan dalam hidup mereka.

Apakah kamu merasa menjadi bagian dari seorang ESFP? Untuk memastikan hal tersebut tidak ada salahnya mengikuti Psikotes MBTI agar kamu lebih mengenal dirimu. Selain itu, kamu juga akan terbantu dalam menentukan jurusan dan pekerjaan yang cocok untukmu.

Kelebihan dan Kekurangan ESFP

Kelebihan dan Kekurangan ESFP
Kelebihan dan Kekurangan ESFP

Seorang ESFP memiliki serangkaian kelebihan yang menjadikan mereka menarik dimata banyak orang. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh seorang ESFP adalah mereka merupakan pribadi yang optimis, energik, dan berani. Hal ini membuat mereka berhasil dalam menjalani tantangan hidup apapun. Selain itu, seorang ESFP juga merupakan individu yang kooperatif, memiliki empati tinggi, dan mudah bergaul. Tidak heran jika mereka memiliki banyak teman.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun seorang ESFP juga masilah manusia yang juga memiliki kekurangan. Seorang ESFP merupakan pribadi yang impulsif, mudah bosan, tidak menyukai teori, tidak suka perencanaan, dan tidak suka dikritik. Meski demikian, mereka masih menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang-orang disekitar mereka.

Pekerjaan yang Cocok Bagi ESFP

Pekerjaan yang Cocok Bagi ESFP
Pekerjaan yang Cocok Bagi ESFP

Karena seorang ESFP merupakan pribadi yang suka menghibur, menjadi pusat perhatian, dan menyenangkan orang lain, maka mereka akan sangat cocok jika menjadi seorang entertain atau bekerja di bidang event dan hiburan. Selain itu, kemampuan komunikasi dan adaptasi yang baik membuat orang dengan ESFP mampu menempatkan diri dimanapun mereka berada.

Dengan segala karakteristik yang dimiliki oleh seorang ESFP maka mereka akan sangat cocok jika bekerja sebagai aktor, konselor, musisi, seniman, psikolog, pekerja sosial, pramugari, sales, public relation, event planner, dan lain sebagainya yang membatuhkan karakkteristik ESFP.

Baca Artikel Kami Lainnya : MBTI : Ketahui Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian ISFP