MBTI : Ketahui Pekerjaan yang Cocok Bagi Kepribadian ISFP

ISFP merupakan introvert yang memahami situasi berdasarkan realita yang ada (sensing), menarik kesimpulan dengan mempertimbangkan perasaan (feeling), dan merupakan pribadi yang fleksibel dan mampu beradaptasi terhadap perubahan (perceiving).

Kerpibadian, PIO8918 Views

Logos Indonesia – Siapa lagi yang pantas menjadi seorang seniman sejati kalau bukan kepribadian ISFP? Mereka merupakan seorang introvert yang menyukai kebebasan, penuh semangat, dan memiliki imajinasi tinggi.

ISFP sendiri merupakan bagian kepribadian yang diungkap melalui Tes MBTI. Dimana pada MBTI terdapat 16 tipe kepribadian yang merupakan pecahan dari 4 domain yaitu, introvert – ekstrovert, sensing – intuition, thinking – feeling, dan judging – perceiving. Adapun tipe kepribadian yang diungkap adalah  ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INFJ, INFP, INTJ, INTP, ESTP, ESTJ, ESFP, ESFJ, ENFP, ENFJ, ENTP, dan ENTJ.

Khusu untuk artikel ini kami akan membahas lebih detail untuk kepribadian ISFP, mulai dari pengertian, karakteristik,kekurangan dan kelebihan, hingga pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kepribadian ISFP.

Apa Itu ISFP?

Apa Itu ISFP
Apa Itu ISFP

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, seorang ISFP merupakan bentuk sejati dari seorang seniman. Hal ini didasari oleh kemampuan imajinatif mereka dan jiwa petualang yang mereka miliki. Tidak jarang mereka mendapatkan julukan sebagai Sang Seniman dan juga Sang Petualang.

ISFP merupakan kepribadian yang memiliki rasa peduli tinggi terhadap orang lain. Mereka juga orang yang fleksibel dan cenderung spontan. ISFP sendiri merupakan singkatan dari introvert, sensing, feeling, dan perceiving.

Introvert artinya, orang dengan kepribadian ISFP merupakan pribadi yang menyukai ketenangan. Mereka mendapatkan tenaga dengan berdiam diri dan menikmati waktu sendiri. Namun bukan berarti mereka memiliki masalah penyesuaian sosial, hanya saja jika bisa memilih mereka lebih senang untuk menyendiri.

Sensing artinya, orang dengan kepribadian ISFP merupakan individu yang berpikir realistis dan mendeskripsikan situasi berdasarkan apa yang dilihat di depan mata. Mereka juga lebih praktis dan rasional.

Feeling artinya, orang dengan kepribadian ISFP merupakan seseorang yang mengandalkan perasaan. Mereka selalu memepertimngkan perasaan pribadi dan orang lain sebelum mengambil langkah.

Perceiving artinya, orang dengan kepribadian ISFP merupakan orang yang fleksibel dan mampu beradaptasi dalam situasi apapun. Hal ini termasuk pada perubahan-perubahan yang ada dalam hidup mereka.

Dengan demikian, seorang ISFP merupakan introvert yang memahami situasi berdasarkan realita yang ada (sensing), menarik kesimpulan dengan mempertimbangkan perasaan (feeling), dan merupakan pribadi yang fleksibel dan mampu beradaptasi terhadap perubahan (perceiving).

Karakteristik ISFP

Karakteristik ISFP
Karakteristik ISFP

Berikut beberapa karakteristik dari seseorang dengan kepribadian ISFP:

Menjadi diri sendiri

Seorang ISFP cenderung menjadi diri sendiri. Mereka suka intropeksi dan mengevaluasi diri sendiri. Hal ini menjadikan mereka menerima kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Tidak jarang mereka menemukan cara terbaik untuk memperlakukan dirinya.

Baca Artikel Kami Lainnya : MBTI : Mengenal Kepribadian ESFJ Serta Pekerjaan yang Cocok

Suka menyendiri

Sama dengan karakteristik introvert pada umumnya, seorang ISFP juga cenderung menyukai kesendirian. Mereka tidak memiliki masalah dalam bersosialisasi, hanya saja hal tersebut terkadang membuat dirinya lelah.

Perhatian

Seorang ISFP sangat memperhatikan perasaan orang lain. Mereka akan sebisa mungkin menjaga ucapannya agar tidak menyinggung orang. Walau terkesan cuek, namun mereka sebenarnya sangat perhatian terhadap orang-orang disekitarnya,

Tidak menyukai rencana

Seorang ISFP lebih senang menjalani sesuatu seiring dengan berjalannya waktu. Mereka tidak suka menyusun rencana. Hal tersebut terlalu kaku untuk mereka lakukan. Namun karena hal ini pula mereka menjadi mudah beradaptasi terhadap situasi apapun.

Menyukai fakta

Daripada terfokus terhadap teori dan hal-hal abstrak, seorang ISFP lebih menyukai fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Mereka akan mempelajari sesuatu berdasarkan apa yang mereka saksikan sendiri.

Berani dan spontan

Karena mereka tidak menyukai rencana, seorang ISFP harus siap dalam situasi apapun. Hal ini membuat mereka memiliki keberanian dalam menghadapi situasi. Selain itu, bertindak secara spontan merupakan keahlian yang mereka miliki.

Setelah membaca karakteristik dari kepribadian ISFP apakah kamu merasa menjadi bagian darinya? Tidak ada salahnya untuk memastikan dengan mengikuti Psikotes MBTI. Hal ini akan membantumu mengenal diri sendiri, dan menentukan jurusan kuliah, serta pekerjaan yang cocok untuk kamu kedepannya.

Kelebihan dan Kekurangan ISFP

Kelebihan dan Kekurangan ISFP
Kelebihan dan Kekurangan ISFP

Seorang ISFP memiliki kelebihan yang membuat mereka unik dan disukai oleh orang lain. Mereka merupakan pribadi yang menawan dan peka terhadap keadaan orang lain. Hal ini tidak jarang membuat mereka dipandang baik oleh teman-temannya. Selain itu, seorang ISFP juga memiliki imajinasi yang tinggi, penuh semangat, rasa penasaran yang tinggi, dan berjiwa artistik.

Namun, sama halnya dengan manusia pada umumnya, seorang ISFP juga memiliki kelemahan, yaitu mereka cenderung terlalu independen, sulit ditebak, mudah stress, terlalu kompetitif, dan memiliki harga diri yang cukup tinggi.

Pekerjaan yang Cocok Bagi ISFP

Pekerjaan yang Cocok Bagi ISFP
Pekerjaan yang Cocok Bagi ISFP

Karena kreatifitas yang mereka miliki, seorang ISFP sangat cocok bekerja di bidang seni. Selain itu, mereka merupakan pribadi yang fokus terhadap detail. Dengan demikian, seorang ISFP sangat cocok bekerja sebagai musisi, seniman, perawat, koki, psikolog, dokter, naturalis, dan ragam pekerjaan lainnya yang cocok dengan karakteristik dari kepribadian ISFP.

Baca Artikel Kami Lainnya : MBTI : Ini Dia Penjelasan Mengenai Kepribadian ESTJ Hingga Pekerjaan yang Cocok Untuk Mereka

Comment